Ilustrasi pertandingan sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/ Vienna Reyes)

Jadwal dan Klasemen Terbaru Piala Asia 22 Januari 2024

22 January 2024   |   09:03 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Rangkaian matchday ketiga Piala Asia 2023 akan mulai berlangsung hari ini, Senin (22/1/2024). Pertandingan pekan ini akan menjadi laga terakhir fase grup sekaligus penentu nasib masing-masing tim di tiap grup untuk menjaga kans lolos ke babak 16 besar.

Hari ini, empat tim di Grup A akan terlebih dahulu menentukan nasib mereka di Piala Asia 2023. Di grup ini, persaingan terbilang masih ketat. Sebab, sejauh ini, hanya tuan rumah Qatar yang telah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya. 

Baca juga: Daftar Peringkat Tiga Terbaik Sementara Piala Asia 2023, Cek Ranking Indonesia

Qatar otomatis lolos ke babak 16 besar karena mengantongi dua kemenangan dari dua pertandingan. Tim tuan rumah berada di puncak klasemen dengan koleksi enam poin. Ini artinya, pertandingan terakhir mereka di Grup A sama sekali tak berpengaruh pada posisi klasemen saat ini.

Sementara itu, Lebanon, Tajikistan, dan China yang berada di grup tersebut masih saling sikut untuk menentukan posisi terbaiknya. China berada di posisi yang lebih baik dengan menempati urutan kedua. China mengoleksi dua poin dari dua pertandingan.

Adapun Tajikistan dan Lebanon saat ini masih berada di urutan ketiga dan keempat. Dua tim ini sama-sama baru mengoleksi satu poin dari dua pertandingan yang telah dilalui.

Namun, peta persaingan di grup ini masih sangat mungkin berubah. Sebab, jarak poin yang diraih tim urutan kedua hingga keempat tak jauh berbeda. Hal ini membuat  matchday ketiga akan jadi partai hidup mati bagi Lebanon, Tajikistan, dan China.

Timnas China yang saat ini berada di urutan kedua mendapat tantangan berat. Sebab, lawan terakhir mereka adalah Qatar, tim dengan materi mewah yang telah selalu meraih kemenangan di dua laga awal Piala Asia 2023.

Timnas China membutuhkan tiga poin agar bisa memastikan posisi runner up tetap aman. Jika China tak meraih poin penuh dengan Qatar, posisinya menjadi terancam. Terlebih, jika dipertandingan lain rivalnya meraih kemenangan. Negara ini bisa terdepak dari posisi runner up.

Di sisi lain, pada jam yang sama, Tajikistan juga akan bertandingan dengan Lebanon. Saat ini kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan. Jika salah satu tim ini meraih kemenangan, maka pemenangnya akan mendapatkan empat poin di akhir klasemen.

Raihan poin tersebut cukup untuk membuka kemungkinan besar mereka lolos ke babak 16 besar. Jika China mengalami kekalahan, pemenang antara Tajikistan vs Lebanon bisa naik ke peringkat kedua. Namun, ketika China ternyata menang melawan Qatar, raihan empat poin juga jadi modal yang baik untuk bersaing di peringkat ketiga terbaik.

Hal ini juga akan langsung mengubah peta tersaingan peringkat ketiga terbaik. Sejauh ini, peringkat ketiga terbaik juga masih berjalan sangat dinamis. Bahrain memimpin dengan raihan tiga poin, disusul Indonesia tiga poin, dan Oman, serta Suriah masing-masing satu poin. 


Baca juga: 6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

Sebagai informasi, untuk bisa lolos ke babak 16 besar, ada dua cara yang bisa dipakai oleh tim-tim yang berlaga di Piala Asia. Cara pertama adalah dengan menjadi juara dan runner up grup masing-masing. Cara kedua ialah dengan menjadi peringkat tiga terbaik. Namun, hanya empat tim yang duduk di peringkat tiga terbaik yang bisa lolos.


Jadwal Piala Asia 2023 - Senin, 22 Januari 2024

Tajikistan vs Lebanon - Pukul 22.00 WIB
Qatar vs China - Pukul 22.00 WIB


Peringkat Sementara Piala Asia 2023 Grup A

Qatar = 6 poin
China = 2 poin
Tajikistan = 1 poin
Lebanon = 1 poin


Klasemen Sementara Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023

Bahrain = 3 poin
Indonesia = 3 poin
Oman = 1 poin
Suriah = 1 poin
-batas lolos-
Tajikistan = 1 poin
Palestina = 1 poin 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Profil Omar Berrada, Petinggi Man City yang Kini Jadi CEO Manchester United

BERIKUTNYA

10 Film & Serial Tayang di Netflix Februari 2024, Ada Avatar The Last Airbender

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: