The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli (Sumber gambar: Himawan L Nugraha/Hypeabis.id)

TRUST Tularkan Semangat Orkestra Anak Muda Lewat Alunan Soundtrack Ghibli

09 September 2023   |   22:46 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Lebih dari 1.000 kursi merah di teater Ciputra Artpreneur penuh oleh barisan pemuda pecinta Studio Ghibli. Mereka tampak antusias menantikan soundtrack Studio Ghibli yang dibawakan dengan cara berbeda dalam balutan musik orkestra.

Para penonton ini berbondong-bondong memadati deretan kursi teater untuk menyaksikan keindahan alunan musik ala orkestra yang dibawakan oleh TRUST Orchestra. Setiap tahunnya, TRUST Orchestra memanjakan penyuka musik orkestra lewat aransemen musik soundtrack film-film populer dalam program The Legends.

Tahun ini menjadi tahun ke-8 penyelenggaraan The Legends setelah 1 dekade TRUST Orchestra lahir. The Legends 8 membawa simfoni merdu dan menyentuh dari Studio Ghibli dengan tajuk The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli.

Baca juga :  Line Up Konser Jejak Candra Darusman 13 Oktober 2023, Ardhito Pramono sampai Yura Yunita

Sesuai tajuknya, konser ini merupakan pertunjukan ulang dari agenda yang sudah pernah mereka gelar pada Mei 2023 lalu. Karena menerima banyak permintaan, TRUST Orchestra kembali menggelar pertunjukan ulang The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli pada 9-10 September 2023.
 

The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli (Sumber gambar: Himawan L Nugraha/Hypeabis.id)

The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli (Sumber gambar: Himawan L Nugraha/Hypeabis.id)


Di hadapan ribuan pasang mata, Direktur Musik dan Konduktor TRUST Orchestra Nathania Karina bersama pemusik lainnya menyambut penonton dengan kostum menggemaskan ala karaker-karakter dari film Studio Ghibli. Mereka duduk melingkar, bersiap dengan alat musik yang dipegang masing-masing untuk menampilkan alunan nada indah.

Terdapat total 12 lagu dari film-film Studio Ghibli yang digubah oleh Nathania. Lagu-lagu populer seperti Princess Monokeke, The Girl Who Fell From the Sky, hingga lagu bertema hutan indah dalam The Path of The Wind tak luput dari daftar gubahan lagu yang dibawa Nathania bersama TRUST Orchestra.

Harmonisasi paduan bermacam alat musik ini juga dilengkapi dengan keindahan suara dari deretan pemusik seperti Marini Nainggolan, Hanifa Shabrina, dan NatashaWidjaja. Ada hal unik yang membedakan konser The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli kali ini.

TRUST Orchestra membawa talenta terbaik para penyanyi solo yang sempat mereka temui dari ajang #TrustMencari. Eledest Nabila, penyanyi asal Lampung membawakan keindahan lagu favorit di Studo Ghibli bertajuk Promise of The World. Kemudian penyanyi asal Malang, Raissa Equita membawakan lagu Itsumo Nande Demo dengan melodi yang mengalun indah.

Salah satu sambutan meriah hadir saat lagu berjudul One Summer’s Day dimulai. Lagu kaya harmonisasi lainnya sepeti Merry Go Round of Life juga sukses membuat penonton berdecak kagum.
 

The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli (Sumber gambar: Himawan L Nugraha/Hypeabis.id)

The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli (Sumber gambar: Himawan L Nugraha/Hypeabis.id)


Seperti biasanya, TRUST Orchestra selalu meramaikan agendanya dengan membuat kompetisi Best Costume atau kostum terbaik sesuai tema yang dibawakan. Sekitar 23 orang yang menggunakan kostum ala Studio Ghibli pun maju dengan percaya diri menunjukkan kostum terbaiknya, mulai dari karakter Sophie, Porco Rosso, Princess Mononoke, hingga No Face.

Setelah acara kostum terbaik, momen keindahan musik berlanjut. Sebuah lagu yang mengambarkan semangat TRUST Orchestra bertajuk Resprise Return dimainkan menjelang 3 lagu terakhir. Lagu ini disebut sebagai penggambaran semangat mereka untuk dapat meninggalkan legasi dan menjadi bagian dari sejarah.

Menuju 2 lagu terakhir, TRUST Orchestra memainkan lagu Ponyo on the Cliff by the Sea dan Tonari no Totoro bersama para pebalet cilik dari Menari Ballet Academy dan On Point Ballet serta paduan suara cilik yakni TRUST Chorus.

Melalui konser kali ini, Nathania mengaku masih ingin membawa pesan yang sama yaitu memperkenalkan musik orkestra yang masih dianggap niche. “Mungkin di sini banyak yang baru pertama kali nonton orkestra. Aku harap kalian suka dan pesan kami bisa sampai dalam menggaungkan bahwa musik orkestra ini untuk semua kalangan,” kata Nathania.  

Baca juga:  Prediksi Setlist Konser BOL4 di Balai Sarbini Jakarta, Ada Galaxy hingga Stars Over Me

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Mengenal Cara Pemadaman Kebakaran Teknik Water Boombing, Berapa Sih Biayanya?

BERIKUTNYA

41 Anak Lisle Music & Art Tampilkan Keberaniannya dalam 2nd Annual Music Concert

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: