Ilustrasi musisi sedang berlatih sebelum pentas di konser musik The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Antusiasme Tinggi, Konser The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli Kembali Digelar TRUST Orchestra

08 September 2023   |   21:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Antusiasme masyarakat terhadap konser musik orkestra sepertinya kian meningkat seiring pandemi. Hal itu pun terbukti dari kesuksesan penjualan tiket dan pertunjukan Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) yang dihelat pada Mei 2023.

Imbas tingginya minat dari publik, TRUST Orchestra pun kembali menggelar konser musik tersebut pada 9-10 September 2023. Berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta, mereka bakal kembali menyuguhkan gubahan Symphonic Tales from Ghibli.

Music Director dan Conductor TRUST, Nathania Karina mengatakan, minat publik terhadap orkestra memang sangat tinggi. Oleh karena itu untuk memberi ruang apresiasi pada publik pihaknya kembali menyelenggarakan konser tersebut.

Baca juga: Decak Kagum dalam Simfoni di The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli & DreamWorks

"Setelah tiga show konser pada Mei, kali ini kami buka empat show yang ternyata tiketnya habis dalam hitungan jam. Bagi kami ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi yang tinggi dari masyarakat," katanya pada Hypeabis.id saat temu media, Jumat (8/9/23).

Nathania mengaku, timnya kembali berlatih keras untuk kembali menyambut antusias peminat orkestra. TRUST juga sengaja mencari tren musik terkini yang dibawakan ulang dalam tajuk orkestra termasuk mengkolaborasikan berbagai genre musik yang sedang diminati masyarakat.

Langkah tersebut dilakukan untuk menjaring masyarakat umum yang belum familiar dengan musik orkestra. Sebab orkestra menurutnya merupakan jenis musik dengan niche market, oleh karena itu dengan menyisipkan genre seperti jazz hingga pop diharap dapat membuatnya dikenal luas publik.
 
 


Adapun, tema Ghibli dipilih sebagai bentuk persembahkan baru bagi Indonesia. Menurutnya masyarakat di Tanah Air jarang untuk bisa mendapat kesempatan yang sama dalam mendengar orkestra Ghibli dibanding negara-negara tetangga seperti Singapura atau tempat yang lain.

Tak hanya itu, Nathania ingin mengubah persepsi publik mengenai orkestra klasik Eropa yang sering dipandang kuno dan hanya diperuntukkan untuk kalangan sosial tertentu saja. Lewat konser ini, dia sengaja meninggalkan legasi kepada generasi muda untuk menjadikan orkestra sebagai alternatif hiburan yang terkesan inklusif.

Selain mengulang kembali orkestra Ghibli, tahun ini pihaknya juga mempersiapkan dua konser spesial yakni The Legends 9 - Adventures from Disney-Pixar pada 4-5 November 2023. "Ketika orkestra dibawakan dengan tepat dan pola unik tentunya akan memberikan impresi yang berbeda serta dapat menjadi hiburan bagi masyarakat saat akhir pekan," imbuhnya.

Sementara itu, Yonathan Nugroho, CEO Trinity Optima Production mengatakan, TRUST memang hadir dengan simfoni paduan jazz, pop, rock, hingga EDM. keunikan inilah menurutnya yang membuat grup orkestra asal Jakarta itu makin digemari khalayak.

Sebagai label rekaman yang mendukung inovasi para musisi, pihaknya pun terus berusaha mendorong para talenta-talenta muda dalam mengembangkan bakat mereka. Selain itu lewat konser tersebut juga diharap dapat membuat orkestra semakin dikenal masyarakat Indonesia.

"Kami ingin terus mendamping TRUST dalam membangun talenta yang berkarakter, serta membuka kesempatan bagi para generasi muda lewat berbagai bidang seni yang mereka minati, terutama musik," katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Game Stray Segera Diadaptasi Menjadi Film, Nick Bruno Ditunjuk Sebagai Sutradara

BERIKUTNYA

Koper Canggih Merek Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: