Juri lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together sedang memilih para pemenang. (Sumber gambar : Rachman/JIBI/Bisnis/Hypeabis.id)

Penjurian Tuntas, Intip Bocoran Pemenang Lomba Foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together

07 September 2023   |   17:40 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penjurian Lomba Foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together akhirnya tuntas. Dewan juri sudah menentukan tiga karya terbaik dari 911 karya foto yang dikirimkan para peserta setelah melalui seleksi penilaian yang ketat. Adapun para pemenang akan diumumkan pada 11 September 2023.

Founder Kelas Garasi Dudi Sugandi mengatakan bahwa dari sejumlah foto yang dipilih masuk dalam tiga besar, mengandung unsur budaya yang kental. Kendati demikian, pemenangnya bukan hanya menonjolkan budaya Indonesia yang kaya, tetapi juga menampilkan sesuatu yang terkait dengan tema lomba. 

Adapun lomba foto yang diselenggarakan Hypeabis.id berkolaborasi dengan Bisnis Indonesia bertema HYPEXPLORE: Culture Brings People Together. Tema tersebut dipilih untuk memperlihatkan geliat industri kreatif yang mulai bangkit pascapandemi Covid-19 seperti di ajang besar di ranah seni budaya, dan olahraga yang mendapatkan perhatian generasi muda dalam karya fotografi. 

Selain itu, Hypeabis.id dan Bisnis Indonesia ingin meningkatkan kreativitas pegiat fotografi, memberikan wadah berekspresi pada media mainstream, sekaligus menumbuhkan bibit-bibit baru di dunia fotografi, khususnya untuk generasi Z dan milenial. 

“Dari tiga pememang, semuanya sama ada [unsur] Indonesia-nya. Tetapi pemenangnya sesuai dengan tema, mana yang kelihatan keterlibatan masyarakatnya,” ujar Dudi kepada Hypeabis.id, Kamis (7/9/2023). 

Dewan juri juga memperhatikan peristiwa yang ditangkap rana kamera para peserta secara seksama, yang turut mempertimbangkan ide, sudut pengambilan gambar, teknik, dan nilai estetika. 

“Selain unik, bagus, Indonesia banget, fotonya berbeda dari yang lainnya. Ini indahnya dapat, Indonesianya dapat. Kami menentukan pemenang, jadi harus lebih detail. Tidak hanya gambar saja, tetapi dari sisi peristiwa juga,” jelas Dudi.

Dia berharap untuk lomba berikutnya, para peserta bisa lebih bereksplorasi. Menurutnya, setiap momen kebudayaan bisa menjadi objek menarik untuk diabadikan. Dudi juga mengajak para pegiat fotografi lokal untuk lebih giat dalam mengabadikan momen atau peristiwa yang terjadi di daerahnya. 

“Yang bisa berpromosi bukan hanya fotografer profesional yang ambil event, tetapi juga fotografer lokal yang bisa membantu mempromosikan daerah masing-masing,” tuturnya. 

Baca juga: Babak Penyisihan Lomba Foto HYPEXPLORE Masuk 20 Besar, Juri Cari yang Segar

Lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together merupakan bagian dari event tahunan yang diselenggarakan Hypeabis.id dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-37 Bisnis Indonesia. Lomba ini terdiri atas sub-tema Culture Heritage, Urban Values, dan Sport, tahun ini, terkumpul 911 foto dari 209 peserta. 

Adapun pengiriman karya berlangsung mulai 3 Agustus hingga 3 September 2023, dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia dengan  total hadiahnya senilai Rp20 juta bagi pemenang lomba tersebut. 

Secara terperinci, juara pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta, juara kedua Rp3 juta, dan juara ketiga Rp2 juta. Selain itu, 10 foto yang terpilih masuk nominasi akan mendapatkan Rp750.000, sedangkan 5 foto yang mendapat like terbanyak di media sosial akan mendapatkan Rp500.000. 

Ketua Panitia HYPEXPLORE: Culture Brings People Together Suselo Jati menyatakan bahwa masih terbuka kesempatan bagi para peserta yang telah mengirimkan karya untuk memperebutkan hadiah 10 foto terpilih yang masuk nominasi. Dia menambahkan, peluang tersebut makin besar bila karya yang diunggah ke media sosial itu bisa mendapatkan jumlah like sebanyak-banyaknya. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Denny Wirawan Hadirkan Keindahan Kebaya Encim dan Batik Kudus dalam Koleksi Sandyakala Smara

BERIKUTNYA

Antusiasme Anak Muda Jadi Investor Berliterasi di Hypetalk Generasi Si Paling Investasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: