Pembukaan sesi penjurian Lomba Foto 'Indonesia Menurut Loe', Kamis (25/8/2022). (Sumber gambar: Bisnis Indonesia)

Penjurian Lomba Foto 'Indonesia Menurut Loe' Resmi Dibuka Hari Ini

25 August 2022   |   11:51 WIB

Lomba Foto Indonesia Menurut Loe yang diadakan oleh Hypeabis.id, bagian dari Bisnis Indonesia Group, kini resmi memulai sesi penjurian pada Kamis (25/8/2022). Kompetisi yang berjalan sejak 21 Juli sampai 21 Agustus 2022 ini telah mengumpulkan 324 karya foto dari 184 pelajar dan mahasiwa seluruh Indonesia.

Tim juri lomba yang terlibat dalam penilaian ini akan memilih karya-karya terbaik yang sudah disubmisi oleh para peserta. Mereka adalah Yayus Yuswoprihanto sebagai Content Manager Foto Bisnis Indonesia; Mast Irham sebagai Chief Photographer Indonesia - European Pressphoto Agency (EPA), dan Abdullah Azzam sebagai Content Manager Assistant Foto Bisnis Indonesia.
 

JIBI/Bisnis/Abdurachman LOMBA FOTO INDONESIA MENURUT LOE  Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto (tengah), Direktur Pemasaran Hery Trianto (ketiga kanan), Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia  Rahayuningsih (kedua kanan), Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Fahmi Achmad (kedua kiri), Redaktur Pelaksana Diena Lestari (kiri),  Ketua Panitia Lomba Foto  Himawan L Nugraha (kanan), dan Juri Mast Irham melihat karya peserta lomba foto di Jakarta, Kamis (24/8). Ajang ini diharapkan dapat memberikan ruang kepada generasi milenial dan gen Z untuk mengekspresikan perspektif keindonesiaan dari kacamata generasi muda melalui lensa kamera.

JIBI/Bisnis/Abdurachman LOMBA FOTO INDONESIA MENURUT LOE Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto (tengah), Direktur Pemasaran Hery Trianto (ketiga kanan), Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Rahayuningsih (kedua kanan), Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Fahmi Achmad (kedua kiri), Redaktur Pelaksana Diena Lestari (kiri), Ketua Panitia Lomba Foto Himawan L Nugraha (kanan), dan Juri Mast Irham melihat karya peserta lomba foto di Jakarta, Kamis (24/8). Ajang ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi generasi milenial dan gen Z dalam mengekspresikan perspektif keindonesiaan melalui lensa kamera.


Lomba yang terbuka bagi Warga Negara Indonesia khususnya pelajar dan mahasiswa ini mengusung tema Indonesia Menurut Loe. Tema tersebut bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif keindahan Indonesia melalui foto dari berbagai di antaranya aspek budaya, gaya hidup, musik, street photography, pertunjukan, hingga kehidupan sehari-hari.

Dengan kompetisi ini, Genhype diharapkan bisa menangkap perspektif lain dari masyarakat kalangan Milenial dan Gen Z terhadap topik ke-Indonesia-an. Pelaksanaan lomba ini didukung oleh Adaro, Telkom Indonesia, XL Axiata, dan Jago, BNI, Bank Mandiri, Eiger Adventure.

Pada acara ini akan terpilih 18 pemenang yang akan berhak menerima hadiah. Adapun bagi para pemenang, mereka akan menerima hadiah sebesar Rp5 juta (pemenang pertama), Rp3 juta (pemenang kedua), Rp2 juta (pemenang ketiga), Rp750.000 (10 pemenang nominasi), dan Rp500.000 (lima pemenang dengan likes terbanyak).

 

Proses penjurian karya yang masuk.(Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Proses penjurian karya yang masuk.(Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)


Setelah melalui proses seleksi karya, akan ada tiga pemenang utama yang terdiri atas juara pertama, kedua, dan ketiga; 10 pemenang nominasi; dan lima pemenang kategori likes terbanyak. Pemenang ini akan dipilih dari beberapa kategori.

Dalam penjurian kali ini, Marst Irham menjelaskan bahwa ada beberapa aspek penilaian utama secara teknis dan cara bertutur atau bercerita. Bebrapa di antaranya adalah teknis fotografi, visual, komposisi, dan kesesuaian foto dengan tema.

"Cara bertutur dalam bagaimana menyampaikan sebuah foto juga dinilai dari sisi jurnalismenya," tambah Irham dalam pembukaan sesi penjurian.

Sampai batas pengiriman, ada lebih dari 320 foto yang dikirimkan oleh lebih dari 180 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa seluruh Indonesia yang telah lolos dalam tahapan administrasi. Tahapan pengumuman pemenang akan dipublikasi pada Selasa (30/8/2022).

Terus ikuti perkembangannya ya Genhype, semoga foto-foto kalian yang terpilih dalam lomba ini bisa jadi yang terbaik.



Editor: Roni Yunianto 
 

SEBELUMNYA

Jadi Duta Bilateral Indonesia–Korea, Dita Karang Bakal Nyanyikan Indonesia Raya di Negeri Ginseng

BERIKUTNYA

4 Keunikan Proses Syuting Miracle in Cell No.7, Remake Film Korea Selatan yang Wajib Ditonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: