Ilustrasi Covid-19 (dok. Freepik)

Kenali 4 Gejala Baru Covid-19 Varian Delta

19 June 2021   |   15:25 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Guys, virus corona varian Delta asal India lagi mewabah dan telah masuk ke Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya angka positif Covid-19 di beberapa daerah seperti Kudus, Bangkalan, bahkan DKI Jakarta. Varian yang juga disebut B.1.617.2 ini 60 persen lebih mudah menular.

So, apabila terinfeksi varian yang lebih cepat mewabah dari strain dominan sebelumnya atau varian Kent ini akan mengalami gejala mirip pilek dengan sakit kepala. 

Orang yang terpapar juga akan merasakan sakit tenggorokan. Namun demikian, para ahli sudah memperingatkan adanya empat gejala baru.

Dr Abdul Ghafur, seorang dokter penyakit menular di India mengatakan kepada Bloomberg bahwa dia melihat lebih banyak pasien Covid-19 mengalami diare. Angka diare ini katanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan gelombang awal pandemi.
“Kami membutuhkan lebih banyak penelitian ilmiah untuk menganalisis apakah presentasi klinis yang lebih baru ini terkait dengan B.1.617 atau tidak,” kata Ghafur.

Gejala lain yang dilaporkan termasuk gangguan pendengaran, gangguan lambung yang parah, dan pembekuan darah yang mengarah ke gangren atau matinya jaringan tubuh akibat tidak mendapat pasokan darah yang cukup.

Enam dokter terkemuka yang merawat pasien Covid-19 di seluruh India juga telah mengidentifikasi gejala yang lebih umum seperti sakit perut, mual, muntah, kehilangan selera makan, gangguan pendengaran, dan nyeri sendi

Profesor Tim Spector menambahkan orang yang lebih muda cenderung mengalami gejala yang lebih ringan seperti pilek atau perasaan tidak enak badan. Oleh karena itu, apabila mengalami gejala ini sebaiknya melakukan tes Covid-19.

Jangan lupa juga untuk tetap patuh protokol kesehatan ya Genhype agar kita tidak mudah terinfeksi Covid-19 varian Delta. Mencegah selalu lebih baik bukan?

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

5 Tanda Hubungan Akan Karam

BERIKUTNYA

Simak 4 Tips untuk Jalankan Pola Makan Vegetarian bagi Pemula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: