Penilaian lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together. (Sumber gambar : Rachman/JIBI/BIsnis/Hypeabis.id)

Babak Penyisihan Lomba Foto HYPEXPLORE Masuk 20 Besar, Juri Cari yang Segar

12 September 2023   |   10:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penjurian lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together yang digelar Hypeabis.id berkolaborasi bersama Bisnis Indonesia masuk babak penyisihan. Dari total 911 foto yang masuk ke meja juri, terpilih 20 foto yang dinilai layak dan menarik dari segi ide hingga pengambilan komposisi. 

Content Manager (CM) Foto Bisnis Indonesia Firman Wibowo, mengatakan pada tahun ini peserta dan jumlah foto yang dikirimkan meningkat. Jika pada tahun lalu terkumpul 320 foto dari 180 peserta, maka pada lomba kali ini terdapat 209 peserta dengan total 911 foto yang dikirimkan. Uniknya kali ini mayoritas peserta berasal dari generasi Milenial dan Z. 

Selain jumlah, karakteristik foto juga jauh lebih beragam. Biasanya ketika lomba mengambil tema budaya, foto yang dikirimkan tampak serupa.

“Beberapa kelihatan seragam tetapi ini sudah banyak ide baru yang bermunculan. Tetapi kita belum tahu apakah fotografernya masih kemarin atau banyak yang baru,” ujarnya kepada Hypeabis.id di sela-sela penjurian lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together di Wisma Bisnis Indonesia, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Tahap Penjurian Lomba Foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together Dimulai

Mengusung HYPEXPLORE: Culture Brings People Together, lomba foto ini merupakan event tahunan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-37 Bisnis Indonesia. Tema tesebut dipilih Hypeabis.id yang berkolaborasi dengan Bisnis Indonesia karena ingin meningkatkan kreativitas pegiat fotografi, memberikan wadah berekspresi di media mainstream, sekaligus menumbuhkan bibit baru di dunia fotografi, khususnya untuk generasi Z dan milenial. 

 

Penjurian Lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together. (Sumber gambar : Hypeabis.id/Rachman)

Penjurian Lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together. (Sumber gambar : Hypeabis.id/Rachman)


Firman menyebut dari sub-tema yaitu Culture Heritage, Urban Values, dan Sport, memang foto budaya yang mendominasi dan diandalkan peserta lomba. Hal ini karena peserta lebih mudah mendapatkan foto bagus. “Lebih sulit akses untuk umum memotret olahraga. Tidak heran fotonya lari ke budaya,” imbuhnya.
 

Cari yang Segar

Juri berupaya untuk mencari bibit baru di dunia fotografi. Baik Firman, Founder Kelas Garasi Dudi Sugandi, maupun Content Manager Asistant (CMA) Foto Bisnis Indonesia Abdullah Azzam, mereka ingin menemukan talenta yang lebih segar. “Yang dihindarkan pengulangan pemenang, jangan sampai sama lagi,” tegas Firman.

Juri, katanya, tidak ingin orang yang melihat jenuh dengan foto pemenang yang sama. Dari foto yang lolos administrasi dan masuk ke meja juri hingga hari ini, menurutnya, secara kualitas sudah layak untuk diadu. Juri tinggal menentukan foto terbaik, bukan hanya indah dari pengambilan gambar, namun juga ide, komposisi, teknik, hingga eksklusivitas yang ditampilkan. 

Sementara itu, Firman menyarankan untuk Genhype yang ingin ikut lomba foto dari Hypeabis.id berikutnya, sebaiknya mengikuti perkembangan pemenang dari tahun-tahun sebelumnya. “Cari sesuatu yang beda. Kita nggak akan mungkin memilih foto yang mengulang foto sebelumnya, kita cari yang baru,” tegasnya.

Dia menambahkan dengan lomba foto yang dibuat Hypeabis.id bersama Bisnis Indonesia ingin memacu semangat masyarakat terutama generasi Z dan Milenial untuk membuat karya foto yang bagus. Agenda rutin dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke-37 Bisnis Indonesia ini sangat ditunggu dan diikuti oleh pegiat fotografi, baik individu maupun komunitas.

Baca juga: Rekomendasi 8 Fotografer dengan Karya Unik yang Wajib Kalian Follow di Instagram

Adapun pengiriman karya berlangsung dari 3 Agustus - 3 September 2023, dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 11 September 2023.

Total hadiah senilai Rp20 juta akan didapat para pemenang lomba ini. Secara terperinci, juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta, juara 2 sebesar Rp3 juta, dan juara 3 sebesar Rp2 juta. Selain itu, 10 foto yang terpilih masuk nominasi akan mendapatkan Rp750.000, sementara 5 foto yang mendapat like terbanyak di media sosial mendapatkan Rp500.000. 
 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Diversifikasi Investasi Kunci Sukses Investor Pemula

BERIKUTNYA

Review Film Hacksaw Ridge, Kisah Perjuangan Tentara Medis yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: