Ilustrasi bermain gim. (Sumber gambar: Freepik)

7 Gim Lokal yang Mencuri Perhatian Gamers Global

30 August 2023   |   13:32 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tidak hanya menjadi pasar yang manis bagi industri gim, Indonesia juga mampu mencetak sejumlah gim keren dan disukai gamers global. Beberapa gim buatan anak bangsa ini mampu mendunia dan bersaing dengan gim-gim asing yang telah terlebih dahulu populer.

Memang belum terlalu banyak gim asal Indonesia yang mendunia. Namun, setidaknya beberapa gim di bawah ini sudah mampu membuktikan bahwa kualitas gim lokal sebenarnya tak kalah saing. Gim-gim ini juga bisa menjadi gerbang pembuka agar para publisher lain melirik Indonesia.

Baca juga: Wajib Coba, Ini 5 Permainan Video Game Lokal yang Mendunia

Hypeabis.id telah merangkum beberapa judul gim lokal Indonesia yang mencuri perhatian banyak gamers global. Gim-gim lokal ini tidak hanya seru dimainkan, tetapi juga memiliki banyak instrumen penting lain yang membuat tingkat keasyikan gim ini bertambah.

Bagi yang penasaran, yuk langsung aja simak ulasan mengenai gim lokal yang mendunia. Jangan lupa, cobain juga ya sensasi bermain gim-gim lokal keren ini.


1. DeadOut 2

 

DeadOut 2 merupakan gim horor asal Indonesia yang dirilis oleh Digital Happiness. Gim sekuel yang dirilis pada 2018 ini merupakan kelanjutan dari versi pertamanya berjudul DreadOut. Tak jauh berbeda, versi pertamanya ini juga mendapat sambutan yang baik kala itu.

Berbeda dari versi pertama, gim sekual kedua ini menampilkan visual yang lebih baik karena sudah menggunakan Unreal Engine. Gameplay yang dihadirkan juga lebih terbuka dan menarik.

Dreadout 2 mengambil cerita setelah kejadian pada seri pertamanya, di mana Linda bakal menghadapi sebuah ancaman baru yang datang dari sesosok wanita bergaun hitam. Ia akan memberikan teror kepada Linda lewat kejadian-kejadian aneh yang membuatnya harus kembali berurusan dengan hal-hal supranatural.


2. Ghost Parade

 

Gim besutan Lentera Nusantara, Ghos Parade ini memang menarik. Gim ini bisa dimainkan di beberapa platform sekaligus, seperti PC, Nintendo, hingga PS. Gim ini mengisahkan tokoh Suri yang harus menjelajah ke dalam hutan.

Di dalam perjalanannya tersebut, Suri akan mendapatkan berbagai tantangan. Kombinasi unsur misterius ditambah elemen Nusantara, seperti lagu, karakter, hingga makhluk mitologi juga membuat gim ini makin seru untuk dimainkan.


3. Just Deserts

 

Just Deserts adalah gim visual novel yang memiliki cabang cerita di dalamnya. Hal ini kemudian jadi salah satu hal menarik yang membuat gamers tidak bosan untuk terus memainkannya. Gamers akan menemukan elemen fantasi dan militer yang seru.

Just Deserts akan bercerita tentang seorang pemuda yang tergabung ke dalam pasukan anti alien di kota Quentine. Dia akan menjadi tentara. Untuk membantu tugasnya, dia akan ditemani oleh lima orang gadis cantik. Gamers pun bebas memilih partner yang akan membantunya tersebut.


4. Troublemaker

 

Troublemaker merupakan gim besutan Gamecom Team yang dirilis pada 31 Maret 2023. Gim ini pada kala itu termasuk salah satu yang ditunggu. Sebab, versi demonya banyak mendapatkan ulasan positif.

Baca juga: Simak Komentar Reviewer tentang Game Troublemaker yang Lagi Hype

Gim yang pada awalnya bernama Parakacuk ini menawarkan genre action-adventure dengan unsur beat’em up. Mengambil setting anak sekolahan, Troublemaker sekilas akan mengingatkan para gamer dengan gim Bully milik Rockstar meski kemudian gim ini punya tipe yang berbeda dengan itu.

Plot cerita di gim Troublemaker sebenarnya cukup sederhana. Gamer akan memainkan peran seorang anak sekolah bernama Budi. Dia sering terlibat perkelahian dan akan bertarung di turnamen tahunan sekolah bernama Raise Your Gang.


5. A Space for the Unbound

 

Gim A Space for the Unbound bercerita tentang petualangan seru Atma dan Raya. Dua anak sekolah SMA ini akan menghadapi akhir dari dunia. Gamers akan menjelajahi era 90-an dari Indonesia yang seru.

Mereka kemudian akan mencoba memecahkan misteri dengan kekuatan supranatural. Gim besutan Mojiken Studio dan Toge Production ini menampilkan kompleksitan kehidupan yang gelap, tetapi malah menjadi daya tarik yang berbeda yang akan dirasakan oleh para gamers.


6. Motte Island

 

Motte Island akan menawarkan gim bertema petualangan horor yang menegangkan. Gamers akan berperan sebagai pembunuh roh jahat yang menghantui adik perempuannya.

Selayaknya gim horor lain, Motte Island akan menghadirkan berbagai scene jumpscare yang akan menciptakan ketegangan tersendiri. Sensasi tersebut membuat suasana bermain menjadi lebih real dan asyik.


7. Cursed Mansion

 
Cursed Mansion merupakan gim horor klasik dengan desain visual pixel art 2D. Gim ini digarap pengembang asal Bandung, Dragon Emperor, dan kemudian dirilis oleh Nuon Games sebagai publisher.

Mengusung plot permainan yang dilengkapi dengan puzzle dan alur cerita bercabang di dalamnya, gamer akan berperan sebagai Rose selaku tokoh utama yang sedang terjebak di dalam sebuah mansion penuh misteri dan teka-teki.

Dengan multiple choice yang dapat dipilih, gim ini akan mengajak para pemainnya untuk memecahkan misteri dan mengungkap fakta yang terjadi di dalam tempat tersebut.

Baca juga: Industri Game Lokal Makin Maju, Begini Proses Mengembangkan Permainan yang Menarik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sejarah Singkat Hari Hiu Paus Internasional, Raksasa Laut yang Lembut

BERIKUTNYA

Trailer The Killer Hadirkan Profesionalitas Pembunuh Bayaran Ala David Fincher

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: