Sony Xperia 5 V. (Sumber gambar: Sony)

Cek Spesifikasi dan Harga Sony Xperia 5 V, Flagship Anyar dengan Sensor Kamera Canggih

06 September 2023   |   19:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pabrikan ponsel berlomba-lomba menghadirkan flagship atau smartphone andalan dengan spesifikasi tertinggi. Terbaru, Sony meluncurkan Sony Xperia 5 V yang menawarkan spesifikasi yang lebih unggul dari pendahulunya termasuk sistem kamera yang lebih canggih dan chipset terbaru.

Memiliki dimensi 154x68x8,6 mm dengan berat 182 gram, Sony Xperia 5V hadir dengan tiga tipe warna yakni hitam, biru, dan platinum silver.  Jika dilihat sekilas, Sony Xperia 5V hadir dengan bentuk bodi yang panjang namun ramping. Tampilan perangkat ini terlihat simpel dan ringkas, meski sedikit lebih tebal dari flagship pendahulunya.

Baca juga: Spesifikasi & Harga Nubia Neo 5G, Ponsel Gaming Entry Level Terbaru dari ZTE

Dimensi layar ponsel pintar ini juga masih sama seperti generasi sebelumnya yang memiliki layar lebar dalam rasio 21:9, berukuran 6,1 inci dengan panel OLED. Resolusinya sendiri telah full HD+, dengan refresh rate maksimum 120Hz. Termasuk, sudah terlindung oleh Corning Gorilla Glass Victus 2, dan mendukung konten HDR.
 


Dalam hal performa, Sony Xperia 5 V menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 besutan Qualcomm yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Jika kapasitas tersebut masih dirasa kurang, pengguna juga masih bisa menambahkan kartu MicroSD dalam gawai tersebut.

Soal daya, Sony Xperia 5 V dibekali baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat. Pengisian daya diklaim dapat terisi 50 persen dalam waktu 30 menit menggunakan adaptor charger 30 watt.

Sementara sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 dan dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) XperiaUI versi terbaru. Jack audio 3,5 mm juga masih disediakan oleh Sony ketika ponsel pintar mid-range masa kini sudah mulai meniadakan opsi tersebut.

Adapun, fitur pendukung lain yang juga tersedia adalah jaringan konektivitas 5G, dual-SIM, e-SIM, Wi-Fi 6e, stereo speaker, dan pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya.
 


Salah satu perubahan paling mencolok dari Sony Xperia 5V dibandingkan flagship sebelumnya terletak pada konfigurasi kamera belakang. Sony telah menggantikan konfigurasi triple kamera dengan konfigurasi dual kamera, namun dengan sensor yang lebih canggih.

Ponsel pintar ini dilengkapi dengan kamera utama 52 megapiksel berukuran 1/1.35 inci, sama dengan yang ada pada Sony Xperia 1 V. Dengan sensor yang lebih besar ini, pengguna akan dapat mengambil foto dengan resolusi 12 megapiksel pada sudut 24 mm secara default.

Bahkan, saat menggunakan opsi zoom dua kali lebih besar atau efektif 48 mm, kualitas pengambilan cahayanya tetap superior dibandingkan dengan kamera telefoto pendahulunya.

Sementara kamera kedua Sony Xperia 5V adalah kamera ultrawide 12 megapiksel 1/2,5 inci dengan panjang fokus 16mm. Spesifikasi kamera ini masih sama ditemukan pada pendahulunya seperti  Xperia 1 V dan Xperia 5 IV yang diluncurkan pada tahun lalu. 

Kendati spesifikasinya sama Xperia 1 V dan Xperia 5 IV, kamera ultrawide tersebut sudah dilengkapi teknologi autofokus. Kedua kamera dibenamkan ke dalam modul berbentuk lonjong dan ditemani lampu kilat LED (LED flash). LED flash bisa dimanfaatkan untuk membantu pencahayaan di kondisi minim cahaya atau foto di malam hari. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 12 MP (sensor 1/2,9 inci).

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Redmi Pad SE di Indonesia

Sony Xperia 5 V telah dirilis di Jepang. Meski belum ada tanggal rilis resmi, ponsel pintar ini dijadwalkan meluncur di Indonesia pada September 2023. Untuk mendapatkan semua keunggulan yang ditawarkan, pengguna bisa membelinya seharga 999 Euro atau sekitar Rp16 jutaan. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cara Mengembalikan Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari Ala Spesialis Kulit

BERIKUTNYA

Lenovo Segera Luncurkan Legion Go, Konsol Gim Pesaing ROG Ally & Steam Deck

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: