Kapal Going Merry One Piece (Sumber gambar: twitter/onepiecenetflix)

7 Fakta Menarik Kapal Going Merry di One Piece, Ternyata Ada di Dunia Nyata

06 September 2023   |   13:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bagi pencinta manga One Piece, kapal Going Merry tentu bukan nama yang asing lagi. Going Merry adalah kapal yang membawa Monkey D. Luffy dan kru Topi Jerami-nya berpetualang menyusuri lautan demi menemukan harta karun bernama One Piece.

Meski desain Going Merry terlihat jadul dan kurang kekinian, kapal tersebut tetap punya arti penting bagi kru Topi Jerami. Luffy dan teman-temannya bahkan sangat menyukai kapal tersebut. Terlebih, ini jadi kendaraan layak pertama bagi kelompok bajak laut itu. 

Baca juga: Serial One Piece Live Action Raih Rating Memuaskan, Bakal Lanjut ke Season 2?

Kapal Going Merry pun jadi saksi perjuangan Luffy dan kawan-kawannya mencapai impiannya masing-masing. Walaupun di tengah jalan perannya kemudian digantikan karena suatu hal, Going Merry akan tetap jadi kapal yang spesial di setiap benak Nakama.

Hypeabis.id telah merangkum beberapa fakta menarik dan bagaimana pentingnya kapal ini bagi perjuangan Luffy. Ada banyak momen dan cerita yang sudah terjadi di atas kapal ini. Berikut adalah fakta-fakta menariknya.


1. Hadiah Pemberian

Going Merry adalah kapal yang unik. Kapal ikonik ini seperti sudah ditakdirkan diciptakan untuk menemani perjalanan Luffy menjadi raja bajak laut. Sebab, proses pertemuan Luffy dan Going Merry pun tak biasa.

Umumnya, kapal akan dibeli oleh bajak laut sebelum mereka bisa memilikinya. Terkadang, bajak laut juga akan merampas demi memiliki kapal. Namun, Luffy tidak demikian. Going Merry adalah kapal yang diberikan secara cuma-cuma dari Kaya, salah satu pemilik kapal kepada kelompok Topi Jerami awal.


2. Kapal Tangguh 

Going Merry bolehlah menjadi kapal pemberian. Akan tetapi, kekuatannya tak bisa diremehkan. Kapal ini berhasil menemani perjalanan Luffy mengarungi lautan ganas yang tak mudah. Ada banyak rintangan yang telah terlewati hingga Luffy dan kru bisa terus berpindah dari satu pulau ke pulau lain, termasuk berhasil mencapai Grand Line. 

Going Merry juga jadi kapal yang cukup bisa diandalkan untuk bermanuver saat ada kendala. Sebagai kapal bajak laut, Going Merry juga telah dibekali meriam tembak. Namun, meriam ini tidak sering digunakan karena kru Topi Jerami biasanya menghindari pertempuran.


3. Mirip Kapal Portugis 

Di dalam cerita, diketahui bahwa Going Merry dirancang oleh seorang ahli kapal bernama Merry. Dia adalah salah satu kepala kapal andalan Kaya. Hal inilah yang juga membuat Luffy memberikan nama Going Merry pada kendaraan laut tersebut.

Dari jenisnya, Going Merry tampak mirip dengan kapal yang sering dikembangkan Portugis pada abad ke-15. Ya, desain yang diusung memang mirip dengan kapal jenis karavel. Beberapa ornamennya juga dibuat cukup identik.


4. Kepala Kapal jadi Tempat Favorit Luffy

Sebagai seorang kapten, Luffy tentu punya kebebasan untuk memilih di mana lokasi favoritnya di kapal ini. Namun, alih-alih membuat ruangan pribadinya sendiri, Luffy lebih senang berada di kepala kapal Going Merry yang terlihat mirip domba tersebut.

Dalam beberapa episode, sang kapten terlihat begitu senang ketika duduk di sana. Dia tampak menikmati indahnya pemandangan lautan sembari memandangi kondisi sekitar. Kebiasaan Luffy ini juga rupanya berlanjut ketika berada di atas kepala kapal Sunny.


5. Tak Selamanya Menemani Kru Topi Jerami

Going Merry mengalami berbagai kerusakan selama perjalanannya. Beberapa kali, Usopp, salah satu kru Luffy pun memperbaikinya. Namun, pada akhirnya kapal tua itu tak terselamatkan lagi.

Going Merry mengalami kerusakan hebat ketika memasuki Grand Line. Perjalanannya ke Enies Lobby jadi yang terakhir kalinya. Saat itu, kru Topi Jerami benar-benar dilanda kesedihan. Ini adalah salah satu momen perpisahan yang dramatis di serial One Piece.


6. Kapal Going Merry Ada di Dunia Nyata 

Siapa bilang Going Merry hanya ada di anime? Kapal ikonik ini juga ada sungguhan di dunia nyata. Replika Going Merry ada di Jepang. Replika ini awalnya dibangun pada 2003 dan telah jadi tempat untuk beberapa pameran. 

Saat One Piece Live Action muncul, replika kapal juga kembali dibuat dan dipamerkan di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Kapal itu menyinggahi banyak negara dalam rangka promosi serial Netflix tersebut.


7. Perjuangan Going Merry Dilanjutkan Thousand Sunny

Setelah kapal Going Merry mengalami kerusakan berat dan tak bisa digunakan lagi, Luffy memilih Thousand Sunny sebagai suksesornya. Semangat Going Merry kini telah diteruskan oleh Thousand Sunny. 

Thousand Sunny adalah kapal yang didesain oleh Franky. Kapal ini mampu memuat banyak penumpang sekaligus, lebih besar dan lebih kuat. Dengan kapal anyar ini, kru Topi Jerami pun siap untuk melanjutkan mengarungi banyak lautan demi mencari tanah bernama One Piece. 

Baca juga: Melihat Telepon One Piece Den Den Mushi Versi Nyata, Eiichiro Oda Sempat Kirim Pesan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek 5 Lokasi & Cara Daftar Uji Emisi Kendaraan Gratis di Jakarta, Bogor, dan Tangerang

BERIKUTNYA

5 Deretan Anime Populer yang Diadaptasi Jadi Live Action, Salah Satunya One Piece

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: