Desmonda Cathabel. (Sumber foto: Instagram/desmondacc)

Desmonda Cathabel, Aktor Teater Indonesia yang Terpilih Perankan Putri Jasmine di Musikal Aladdin

06 September 2023   |   09:36 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Prestasi luar biasa generasi muda Indonesia akan membuat teater internasional di Inggris bergemuruh. Desmonda Cathabel, aktor musikal berbakat Indonesia yang berhasil menyelesaikan pendidikan di Royal Academy of Music (RAM) di London, telah dipilih untuk memerankan peran Putri Jasmine dalam pertunjukan drama musikal Aladdin.

Kabar tentang peran itu disampaikkannya melalui akun media sosial Twitter. Dia mengungkapkan akan menjadi Putri Jasmine dalam pertunjukan yang akan diadakan di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya.

Baca juga: Tampil di Teater Musikal Internasional, Dira Sugandi Terlibat dalam Pertunjukan The Jungle Book di Belgia

Peran sebagai seorang Putri Jasmine yang diperoleh oleh Desmonda itu menambah daftar deretan prestasi yang diraih dalam industri seni peran di luar negeri. Sebelumnya, dia juga pernah berperan dalam drama musikal seperti Miss Saigon dan From Here to Eternity.

Dirangkum dari berbagai sumber, jejak perjalanan karier Desmonda dalam dunia seni pertunjukan saat kecil tidak ada sama sekali di dunia nyata. Kondisi ini dapat terjadi lantaran wanita yang kerap disapa Monda itu memang baru menekuninya saat duduk di bangku kuliah.

Belajar ilmu komunikasi di salah satu universitas negeri di Jakarta, dia bergabung dalam komunitas-komunitas pencinta seni pertunjukan. Pada 2014, wanita kelahiran Desember 1995 itu bersama dengan teman-teman mendirikan komunitas sendiri.
 

Komunitas itu bernama Jakarta Performing Arts. Di tempat ini, para anggota di dalamnya kerap bejalar banyak hal tentang seni teater. Tidak hanya itu, mereka – termasuk Monda di dalamnya – juga kerap menyelenggarakan pertunjukan amatir.

Singkat cerita, pada 2019, wanita yang memiliki kecintaan terhadap seni pertunjukan sejak SMA itu mendapatkan peluang dalam sebuah audisi yang diadakan oleh salah satu pihak di dalam negeri untuk pergi ke New York, Amerika Serikat, terkait dengan dunia teater.

Monda berhasil melalui audisi, sehingga menjadi salah satu dari 13 orang yang pergi ke Negeri Paman Sam untuk menjalani pelatihan. Kesempatan emas itu tidak disia-siakan olehnya untuk belajar banyak hal tentang teater.

Ilmu yang didapat dari Amerika Serikat dan selama proses audisi kian memantapkan tekadnya untuk berkarier di industri ini. Bagai sebuah takdir, pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuka jalan lain untuknya meniti prestasi dalam seni pertunjukan teater dunia.

Pandemi yang membuat segala sesuatnya dilaksanakan secara daring membuat audisi untuk menempuh pendidikan di Royal Academy of Music (RAM), London juga dilakukan melalui jejaring internet.

Dengan begitu, maka dia tidak perlu pergi jauh-jauh ke negeri orang, mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, serta menghadapi kondisi lainnya untuk mengikuti audisi. Setelah itu, dia berhasil lolos dan menjalani pendidikan di RAM.

Monda lulus dari RAM pada 2022. Pada tahun yang sama, dia juga berhasil memenangkan kompetisi Stephen Soundheim Society Student Performer of the Year pada 2022.

Sejumlah pertunjukan teater telah dilakoninya, seperti Miss Saigon, From Here to Eternity, dan sebagainya. Pada Juni tahun ini, Monda menjadi guest performers dalam ajang Stephen Soundheim Society Student Performer of the Year 2023.

Monda akan tampil sebagai pemeran utama dalam teater musikal Aladdin di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, pada Oktober 2023. Dalam penampilannya nanti, dia akan beradu peran dengan Gavin Adams yang memerankan karakter Aladdin – yang juga lulusan Royal Academy of Music.

Selain itu, dia juga akan berakting bersama dengan Yeukayi Ushe, Adam Strong, Jo Servi, Angelo Paragoso, Nay-nay, Adam Taylor, dan Nelson Bettencourt.

Penampilan Monda sebagai Putri Jasmine dalam pertunjukan teater Aladdin untuk sementara hanya di Edinburgh, lantaran casting untuk peran ini akan diumumkan lebih lanjut untuk tempat-tempat pertunjukan lainnya.

Pertunjukan teater musikal Aladdin di Edinburgh adalah pembuka rangkaian tur Inggris dan Irlandia yang akan diadakan di beberapa tempat, seperti Cardiff, Plymouth, Sunderland, Milton Keynes, dan sebagainya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Simak Daftar Pemeran di Film The Nun 2, Kisah Teror Valak yang Belum Berakhir

BERIKUTNYA

4 Fakta Film Horor The Nun 2, dari Sinopsis hingga Prediksi jadi Film Terlaris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: