Acara konferensi pers Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (13/1/2023). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eseubio C)

Musikal Ken Dedes Siap Digelar, Suguhkan Pementasan yang Kekinian

13 January 2023   |   17:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

EKI Dance Company berkolaborasi dengan Ciputra Artpreneur akan menggelar pertunjukan Musikal Ken Dedes pada 18-19 Maret 2023 di Ciputra Artrpeneur, Jakarta. Meski berakar dari kisah sejarah Nusantara, pertunjukan musikal ini akan dikemas secara kekinian agar tetap bisa relevan dengan penonton saat ini.

Nama Ken Dedes sendiri tentu tidak asing dalam narasi sejarah kebudayaan Indonesia. Dikenal sebagai permaisuri dari Ken Arok, Ken Dedes dianggap sebagai leluhur raja-raja yang berkuasa di Jawa, nenek moyang wangsa Rajasa, trah yang berkuasa di Singasari dan Majapahit.

Beberapa catatan menyebutkan bahwa Ken Dedes dikisahkan sebagai perempua yang maharupa, perwujudan kecantikan yang sempurna. Meski demikian, pertunjukan musikal ini akan menampilkan kisah yang relatif jarang ditampilkan oleh berbagai versi Ken Dedes yang pernah ada.

Baca juga: Siap-Siap, EKI Dance Company akan Gelar Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur

"Dijamin seru. Ada perebutan kekuasaan, pembunuhan dan tentu misteri. Tapi juga ada komedinya," ujar Titien Wattimena selaku penulis skenario, dalam acara konferensi pers di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (13/1/2023).
 


Musikal Ken Dedes sendiri akan menjadi pementasan penuh perdana yang dibawakan oleh EKI Dance Company, setelah sukses menggelar gala pertunjukan tersebut dalam versi pendek di Festival Musikal Indonesia pada Agustus 2022 lalu.

Pertunjukan ini akan dipentaskan oleh sederet pemain musikal muda berbakat seperti diantaranya Ara Ajisiwi (Ken Dedes), Taufan Purbo (Ken Arok), Nala Amrytha (Ken Umang), Uli Herdi (Tunggul Ametung), Fatih Unru (Anusapati), Geraldo Tanor (Tohjaya) dan Nino Prabowo (Kebo Ijo).



Sajian yang Segar

Rusdy Rukmarata selaku Direktur Artistik EKI Dance Company mengatakan selama ini narasi sejarah tentang Ken Dedes tersaji dalam beberapa versi, sehingga tidak ada kisah yang ajeg. Oleh karena itu, dalam pertunjukan ini, dia mengangkat kisah Ken Dedes dengan interpretasi yang lebih segar tanpa mengubah akar ceritanya.

"Salah satu keistimewaan cerita dari pertunjukan ini adalah dibangun dengan sangat detail, jadi dia mengungkap kisah-kisah yang selama ini umum diketahui publik. Ini akan menegangkan untuk penonton," ucapnya.

Untuk menghadirkan pertunjukan musikal yang kekinian, dia pun mengatakan Musikal Ken Dedes akan disajikan dengan sejumlah efek-efek spesial seperti salah satunya permainan lighting atau tata cahaya. "Mungkin di antara musikal-musikal lan, ini yang akan paling banyak efeknya," imbuhnya.
 

Acara konferensi pers Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (13/1/2023). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eseubio C)

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra Sastrawinata, di acara konferensi pers Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (13/1/2023). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eseubio C)


Aiko Senosoenoto selaku Pendiri dan Direktur Utama EKI Dance Company memastikan bahwa Musikal Ken Dedes dapat menjadi sebuah tontonan yang sangat menarik dan berbeda bagi penggemar musikal. Dia pun mengamini bahwa belakangan ini animo masyarakat terhadap musikal cukup besar.

"Saya sendiri sangat gembira melihat perkembangan ini dan semakin bersemangat dalam menggarap Musikal Ken Dedes," kata perempuan yang juga menjabat sebagai anggota Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta itu. 

Namun, Aiko juga menjelaskan bukan sekadar meramaikan minat masyarakat yang besar akan pertunjukan musikal, Ken Dedes hadir untuk memberikan warna tersendiri bagi dunia hiburan Indonesia.

"Karena yang kami mau bukan bawa broadway ke Indonesia, tapi harus bikin broadway sendiri. Jadi harus membuat pertunjukan musikal yang bernuansa Indonesia dan mungkin nanti pementasan ini bisa dibawa ke broadway," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra Sastrawinata menuturkan Musikal Ken Dedes merupakan satu pertunjukan yang penting untuk ditonton publik lantaran bisa menjadi pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan sejarah Nusantara.

"Sudah menjadi visi misi kami untuk menggelar pertunjukan yang sejalan dengan nilai budaya Indonesia, dan Ken Dedes sangat mampu untuk itu. Terlebih lagi, karena EKI Dance Company ini levelnya sudah internasional," paparnya.

Adapun, tiket pertunjukan Ken Dedes sudah mulai dapat dibeli melalui situs Loket.com mulai hari ini, Jumat (13/1/2023) pukul 18.00 WIB dengan harga mulai dari Rp450.000. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Picu Keracunan, Kasus Jajanan Ciki Ngebul Sudah Layak Dianggap KLB?

BERIKUTNYA

Ini Alasan Film Gita Cinta Dari SMA Diproduksi Kembali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: