Wordpad dihapus (Sumber Foto: Freepik)

Microsoft Akan Hapus WordPad dari Windows Setelah 28 Tahun

04 September 2023   |   22:28 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

WordPad, aplikasi pengolah kata yang telah hadir sejak 1995 akan segera dihapus oleh Microsoft saat peluncuran Windows versi terbaru. Sebagai salah satu aplikasi bawaan Windows, WordPad terpasang secara otomatis mulai dari Windows 95 sampai berbagai versi Windows yang hadir hingga saat ini.

Bagi pengguna yang belum menginstal Microsoft Word, Wordpad bisa jadi alternatif sendiri untuk membuka dokumen tertentu yang memiliki layout seperti heading, bold, dan lain-lain. Apabila dibuka dengan Wordpad layout tersebut akan terbaca dengan mudah. 

Baca juga:  Steam Bakal Hentikan Dukungan untuk Pengguna Windows 7 & 8 Tahun Depan

Untuk membuka Wordpad, kamu bisa mengklik kolom pencarian Windows di Taskbar, kemudian silakan ketik Wordpad di sana, tunggu beberapa saat sampai aplikasi Wordpad di PC terbuka.

Mengutip dari The Verge, WordPad sendiri pertama kali muncul pada 28 tahun lalu di Windows 95. Umumnya aplikasi ini digunakan untuk mengedit dokumen teks dengan format dasar. Sebagai alternatif WordPad, Microsoft merekomendasikan Microsoft Word yang menawarkan lebih banyak fitur untuk mengolah dokumen teks seperti doc dan .rtf dan Windows NotePad untuk mengolah dokumen teks biasa seperti .txt.

Sudah lama sekali sejak perusahaan perangkat lunak tersebut tidak melakukan pembaruan pada WordPad. Aplikasi pengolah kata ini diperbarui dengan antarmuka Ribbon UI di Windows 7 pada 2007. Pembaruan ini menampilkan tujuh tab baru meliputi Home, Insert, Page Layout References, Mailing, Review dan View. Tetapi setelah dirilisnya Windows 8, tidak ada pembaruan lagi terhadal aplikasi ini.

Berita tentang penghapusan WordPad sendiri muncul satu hari setelah Microsoft mengungkapkan bahwa mereka sedang melakukan pembaruan pada aplikasi Windows NotePad. Fitur baru NotePad di antaranya adalah penyimpanan otomatis dan pemulihan tab secara otomatis. WordPad dan NotePad memang sama-sama aplikasi pengolah kata yang digunakan banyak orang, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Mengutip dari Technopedia, WordPad memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan NotePad dan Microsoft Word. Kelebihan dari WordPad dari NotePad dalah kemampuannya dalam menangani grafik dan file berukuran besar. Sementara kelebihannya dari Microsoft Word adalah fitur-fiturnya yang sederhana.

WordPad memiliki title bar, menu bar, toolbar, status bar, format bar, penggaris dokumen, dan selection bar. Fitur-fiturnya antara lain mengubah font, pembuatan dan modifikasi margin, memasukkan file suara, bagan, grafik ke dalam dokumen, menambahkan tautan hypertext, dan fitur untuk zoom in dan zoom out.

Meski begitu, WordPad juga memiliki kekurangan dari aplikasi pengolah kata lainnya. Di antaranya yakni WordPad tidak memiliki fitur pemeriksa ejaan atau analisis tata bahasa dan proses loading-nya pun cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan NotePad.

Kini Microsoft memutuskan untuk menghapus WordPad sepenuhnya dalam versi Windows terbarunya, Windows 12 yang akan rilis pada 2024. Diprediksi dalam versi tersebut akan menyertakan banyak fitur yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intellegence). 

Baca juga:  Begini Cara Mengatasi Wi-Fi yang Tidak Terdeteksi di Laptop Windows & Mac

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Lagu Lantas Karya Juicy Luicy Tembus 200 Juta Stream di Spotify

BERIKUTNYA

Melihat Perjalanan Karier Kim Bum, Pentolan K-Drama hingga Jajal Dunia Tarik Suara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: