Ilustrasi jus sayur & buah (Sumber: Freepik)

3 Kombinasi Jus Sayur & Buah, Segar & Kaya akan Manfaat

04 September 2023   |   15:53 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Banyak cara untuk memenuhi kebutuhan serat pada tubuh setiap harinya. Selain dengan mengonsumsi langsung buah-buahan atau mengolah sayuran menjadi ragam masakan, mengolah buah dan sayur menjadi jus dapat menjadi alternatif yang mudah serta nikmat. 

Tidak hanya buah, sayuran juga merupakan sumber vitamin dan mineral dengan segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi olahan sayur dalam bentuk aneka masakan, seperti sayur sop atau tumisan, memang lumrah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat. 

Baca juga :  Resep Fruit Cake Klasik khas Inggris Isi Manisan Buah dan Kacang

Akan tetapi, apabila pengolahannya tidak hati-hati, sayuran sangat berpotensi untuk kehilangan beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya akibat proses masak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar dengan seminim mungkin tahap pengolahan.

Sayuran mentah yang tidak diolah mungkin kurang bisa dinikmati sebagian orang. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan mengolah sayuran menjadi jus dan mengombinasikannya dengan buah-buahan. Dengan begitu, sayuran akan lebih mudah dikonsumsi karena rasa manis alami dari buah, sebab sangat dianjurkan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya pada jus. Kandungan nutrisi pada buah dan sayur pun akan tetap terjaga. 

Menemukan kombinasi buah dan sayur yang enak mungkin sedikit membingungkan. Sebetulnya, sayuran hampir dapat dikombinasikan dengan semua jenis buah. Untuk mempermudah, berikut ini kombinasi buah dan sayur yang cocok untuk dijus bersamaan,

1. Wortel dan Apel

Apel terkenal sebagai buah yang dapat mencegah inflamasi dan menjaga kesehatan jantung. Selain kaya akan vitamin, apel juga mengandung berbagai mineral, seperti kalsium, magnesium, dan lainnya.
 
Sementara itu, sudah jadi rahasia umum bahwa wortel kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga organ penglihatan dan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dan kalium pada wortel pun berdampak baik dalam menjaga kesehatan jantung. Konsumsi wortel secara rutin juga dapat membantu melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi. 

Apel pada jus ini juga dapat memberikan rasa manis dan segar alami untuk mengimbangi rasa wortel mentah.

2. Bayam dan Nanas

Bayam mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium, zat besi, dan sebagainya. Kandungan ini merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. 

Selain itu, melansir dari Kementerian Kesehatan, bayam memiliki kadar nitrat yang tinggi, sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Zat besi di dalamnya juga dapat membantu mencegah anemia.

Sementara itu, buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kombinasi nanas pada jus ini juga akan membantu mengurangi rasa langu atau pahit sayuran.

3. Tomat dan Wortel

Tomat terkenal sebagai buah dengan kandungan air yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsi jus tomat dapat memberi ekstra hidrasi bagi tubuh yang kekurangan cairan.

Melansir dari Kementerian Kesehatan, kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah tomat dalam mencegah terbentuknya radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Kandungan vitamin C ini juga bermanfaat dalam membentuk kolagen tubuh, sehingga mengonsumsi tomat secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit. 

Kombinasi tomat dengan wortel yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan nutrisi lainnya dapat memberikan berbagai manfaat baik pada tubuh.

Baca juga:  Aman Dikonsumsi, Cek 10 Makanan Kaya Serat untuk Mencegah Kadar Gula Darah Naik

Editor : Puput Ady SUkarno

SEBELUMNYA

Minimnya Ahli & Jaminan Kesehatan Jadi Batu Sandungan Kematian Akibat Aritmia

BERIKUTNYA

5 Fakta Unik Roronoa Zoro, Pendekar Pedang Berambut Hijau di One Piece

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: