Pemanfaatan ChatGPT dalam pekerjaan (Sumber foto: Unsplash/Emiliano Vittoriosi)

7 Tip Memanfaatkan ChatGPT untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

04 September 2023   |   16:08 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Kecanggihan dan kepopuleran artificial intelligence (AI) yang kian meningkat telah memunculkan ancaman terkait potensinya untuk menggantikan pekerjaan manusia. Namun, pemanfaatan AI nyatanya juga mampu membantu para pekerja dari berbagai industri untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan lebih efisien. 

Salah satu produk AI yang paling populer saat ini adalah ChatGPT. Sejak pertama kali diluncurkan pada November 2022, ChatGPT telah menjadi ruang bagi jutaan penggunanya untuk membantu mencari pekerjaan, membuat kerangka tulisan, hingga membantu dalam proses coding.

Selain itu, berikut adalah beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan ChatGPT dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja, melansir Insider

Baca juga: Penggunaan ChatGPT Kian Masif Mulai dari Copywriting hingga Coding


1. Alternatif Google untuk Riset

Perusahaan Google bahkan telah melihat ChatGPT sebagai suatu peringatan karena dianggap berpotensi mengancam bisnis mesin pencariannya. Meskipun ChatGPT tidak selalu memberikan jawaban yang akurat, tetapi mesin tersebut bisa menganalisis data dari jutaan website untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengunjungi banyak website satu per satu dengan jawaban cepat yang diberikan oleh ChatGPT. 

Selain itu, jika kalian mendapatkan pertanyaan yang terlalu rumit atau susah dimengerti, ChatGPT bisa menjelaskannya dalam kalimat-kalimat yang lebih simpel. Dengan menggunakan ChatGPT sebagai alternatif dari Google, Genhype bisa mendapatkan akses informasi dengan lebih cepat, sehingga kalian bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk membentuk suatu ide.


2. Membantu Proses Menulis

ChatGPT adalah alat bantu menulis yang bisa diandalkan, terutama jika kalian bisa membuat prompt atau deskripsi yang akurat tentang hasil yang diinginkan. Kalian pun bisa menggunakan ChatGPT untuk menghasilkan berbagai jenis tulisan, mulai dari esai, pidato, cover letter, lagu, dan sebagainya. 
 

3. Menganalisis Data yang Jumlahnya Banyak

Jika pekerjaan Genhype banyak berkaitan dengan proses menganalisis data, maka kalian dapat menggunakan bantuan dari ChatGPT. Saat ini, pengguna layanan ChatGPT Plus bahkan dapat mengidentifikasi tren tertentu dengan memberikan data set dan prompt yang jelas ke dalam mesin berbasis kecerdasan buatan tersebut. 


4. Membuat Jadwal, Perencanaan & Manajemen Waktu 

Merapikan jadwal pekerjaan yang banyak mungkin akan menghabiskan cukup banyak waktu. Di sini, mesin AI seperti ChatGPT dapat membantumu untuk mempermudah prosesnya. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa AI adalah mesin yang sempurna digunakan untuk menyelesaikan masalah terkait membuat jadwal pekerjaan dan berbagai aktivitas. 


5. Membuat Pertimbangan Bisnis 

Bantuan lainnya yang bisa diberikan oleh ChatGPT adalah kemampuannya untuk memberikan arahan menyeluruh tentang proses merintis suatu bisnis. Jika diberikan prompt yang detail dan jelas tentang bisnis yang ingin kalian rintis, ChatGPT mampu memberikan berbagai ide, membuat perkiraan jumlah biaya, dan membuat outline rencana bisnis.


6. Asisten Coding

Pengguna ChatGPT Plus dapat menggunakan Code Interpreter plug-in, sehingga chatbot itu dapat membantu dalam mengidentifikasi kesalahan-kesalahan coding dan memperbaikinya. Namun, coder perlu untuk tetap memperhatikan dengan teliti ketika ChatGPT memberikan bantuan karena mesin AI tersebut tidak selalu memberikan jawaban yang tepat.


7. Mendaftar Pekerjaan Baru atau Bernegosiasi tentang Gaji

ChatGPT juga dapat memberikan dukungan dalam pekerjaan, jika kalian tidak nyaman dengan posisi yang sedang dijalai saat ini. Pasalnya, banyak orang memanfaatkan ChatGPT dalam membuat resume dan cover letter saat sedang mencari pekerjaan lainnya.

Genhype bahkan bisa meminta ChatGPT untuk membantumu dalam menyiapkan negosiasi terkait gaji dari pekerjaan. Mesin berbasis kecerdasan artifisial tersebut bakal memberikan beberapa saran yang mungkin bisa kalian ikuti.

Baca juga: Rentan Disalahgunakan, Bos ChatGPT Sam Altman Sebut Teknologi AI Perlu Diawasi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Menimbang Gaya Hidup Alternatif Bagi Kaum Urban

BERIKUTNYA

Minimnya Ahli & Jaminan Kesehatan Jadi Batu Sandungan Kematian Akibat Aritmia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: