Pertunjukan kolaborasi Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu Naif di Synchronize Fest 2023. (Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

5 Penampilan Spesial yang Jadi Penutup Apik Synchronize Fest 2023

04 September 2023   |   15:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bhinneka Tunggal Musik yang diusung sebagai tema benar-benar mewakili perhelatan Synchronize Fest 2023. Berbagai jenis genre musik yang dibawakan oleh sejumlah musisi lintas generasi menjadi suguhan yang epik bagi para pengunjung hajatan musik tahunan itu.

Selama tiga hari penyelenggaraannya, Synchronize Fest 2023 dipadati pengunjung dari berbagai daerah bahkan ada yang datang langsung dari negeri tetangga Malaysia. Tak hanya muda-mudi, sejumlah keluarga pun datang bersama anak-anak mereka untuk menikmati festival yang digelar pada 1-3 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran itu. 

Baca juga: Intip 5 Penampilan Berkesan di Synchronize Fest 2023 Hari Pertama

Tahun ini, sebanyak 169 musisi penampil sukses menggebrak 8 panggung yang nyaris selalu dipadati penonton yakni Dynamic, Panggung Getar, District, Lake, Forest, Gigs, XYZ, dan area Record Market (Kaleng Kerupuk). Tak hanya konser musik, sejumlah kegiatan lain juga ramai dikunjungi penonton seperti acara karaoke bersama, jumpa musisi idola, hingga pameran sejumlah produk dan merchandise lokal.

Pada gelaran hari ketiganya yang berlangsung pada Minggu (3/9/2023), Synchronize Fest 2023 menghadirkan sejumlah penampilan spesial yang menjadi pembeda dibandingkan pada perhelatan sebelumnya. Selain itu, ada juga musisi yang memberikan kejutan dengan berduet bersama musisi lain di atas panggung.

Pertunjukan mereka sekaligus menjadi penutup yang apik pada festival tahun ini. Berikut adalah 5 penampilan spesial yang menjadi highlight pada hari ketiga Synchronize Fest 2023. 
 

1. Noah & David Bayu

Noah menjadi salah satu penampil yang dinantikan pada hari ketiga Synchronize Fest 2023. Band yang digawangi Ariel, Lukman, dan David ini membawakan sejumlah lagu andalan mereka seperti "Aku Menunggumu", "Semua Tentang Kita", "Mungkin Nanti" dan "Untuk Selamanya".
 

=g

(Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

Saat membawakan lagu "Topeng" sebagai penutup, secara mengejutkan pentolan grup musik Naif, David Bayu, muncul di panggung yang membuat suasana menjadi heboh karena sorakan antusias dari penonton.

David Bayu membawakan lagu "Air dan Api" dari Naif yang kemudian dipadukan dengan lagu "Topeng" secara medley bersama Ariel. Duet keduanya pun menyuguhkan penutupan apik dari pertunjukan yang berlangsung selama hampir satu jam itu. 
 

2. Rizky Febian Duet bareng Sule

Synchronize Fest 2023 menjadi momen pertama bagi Rizky Febian untuk manggung di festival tersebut. Meski menjadi penampilan perdana, Rizky Febian langsung memberikan kejutan kepada penonton karena berduet dengan Sule yang tak lain merupakan ayahnya. 
 

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

(Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

Penampilannya dibuka dengan beberapa single hit seperti "Cukup Tau" dan "Luka". Lalu, tiba-tiba Sule muncul dari sisi kanan panggung dan mereka pun memainkan alat musik gendang secara bersamaan. Untuk pertama kalinya, Rizky Febian menunjukkan kemampuannya bermain gendang di atas panggung festival musik. Setelahnya, mereka berduet membawakan lagu "Susis" dan "Kesempurnaan Cinta". 
 

3. Bimbo X Yanti Bersaudara

Bimbo menjadi musisi paling senior dalam jajaran line-up Synchronize Fest 2023. Meski dikenal sebagai grup musik religi, sejatinya Bimbo telah mengeksplorasi sejumlah aliran musik sepanjang karier mereka mulai dari folk, pop, disko, latin, dangdut, bahkan pop Sunda.
 

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

(Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

Di atas panggung Synchronize Fest 2023, Bimbo berkolaborasi dengan grup vokal yang sama-sama berasal dari Kota Kembang yakni Yanti Bersaudara. Nama mereka belakangan kembali mencuri perhatian setelah lagu-lagunya dirilis kembali dalam bentuk piringan hitam melalui label rekaman asal Jakarta, Lamunai Records. 

Baik Sam, Acil, Jaka, Iin Parlina, Yani Hardjakusumah maupun Tina Hardjakusumah masih tampil kompak dan prima di usia senjanya. Musik folk dan pop Sunda yang mereka bawakan menghibur ratusan penonton Synchronize Fest 2023 di panggung District. Lagu-lagu seperti "Relax", "Badminton", sampai "Ada Anak Bertanya pada Bapaknya" memutar memori masa-masa kejayaan Bimbo dan Yanti Bersaudara beberapa dekade silam. 
 

4. Pertunjukan Wayang Rock Matajiwa X Matajiwo

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

(Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

Matajiwa, band yang digawangi oleh Anda Perdana dan Reza Achman, serta seniman Sudjiwo Tedjo dengan moniker Matajiwo membius penonton Synchronize Fest 2023 dengan menampilkan pertunjukan wayang yang dikawinkan dengan musik bergenre folk-rock tradisional. Pertunjukan yang berlangsung selama satu jam itu mengusung lakon Karno Tanding. Matajiwa melatari lakon tersebut dengan repertoar mereka salah satunya adalah Semesta. 
 

5. Pertunjukan kolaborasi Mesin Waktu 2.0

Pertunjukan kolaborasi yang diberi tajuk Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu Naif menjadi penutup yang indah sekaligus mengharukan di Synchronize Fest 2023. Sejumlah musisi kenamaan Tanah Air seperti Bilal Indrajaya, Chroma Strings, Endah N Rhesa, GAC, The Adams dan Kunto Aji membawakan lagu-lagu populer Naif.

Penampilan dibuka dengan The Adams yang menyanyikan lagu "Jikalau" versi akapela serta "Air dan Api" yang berkolaborasi dengan Priscilla Jamail. Pertunjukan berlanjut dengan grup instrumental Sentimental Moods yang mengemas lagu-lagu Naif dalam bentuk medley, dan menjadi pengiring bagi penyanyi Nessia Ardi dari Nona Ria menyanyikan "Posesif".
 

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

(Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

Para penonton pun larut dan bernyanyi bersama sepanjang pertunjukan berlangsung. Semua fasih mendendangkan lagu-lagu Naif yang begitu populer. Sisitipsi tampil selanjutnya membawakan lagu "Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia yang Ada di Seluruh Dunia", diteruskan dengan lagu "Televisi" berkolaborasi dengan trio GAC.

Penyanyi Bilal Indrajaya menjadi penampil selanjutnya yang membawakan lagu "Benci Untuk Mencinta" dengan iringan instrumen dari Chroma String Ensemble. Berlanjut dengan duo pasangan Endah N’ Rhesa menyanyikan "Piknik 72" lalu Perunggu dengan lagu "Kuda Besi", dan Kunto Aji dengan "Dimana Aku Disini".

Pertunjukan ini berupaya untuk mengembalikan spirit album kompilasi Mesin Waktu: Teman-teman Menyanyikan lagu NAIF yang dirilis 16 tahun silam oleh label Aksara Records. Sesuai dengan judulnya, album tersebut memuat karya NAIF yang digubah ulang oleh nama-nama seperti White Shoes & The Couple Company, The Brandals, Goodnight Electric, Cherry Bombshell, The Monophones, The Adams, hingga Sore.

Baca juga: 7 Konser & Festival Musik yang Digelar September 2023, Ada Pestapora hingga NIKI World Tour

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tengok Suasana Asri Hutan Kota GBK, Lokasi Jamuan Makan Malam KTT ke-43 Asean

BERIKUTNYA

Sal Priadi dan Joko Pinurbo Persembahkan Rasa yang Paling Serius di Konser Literasi 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: