Aksi panggung band The Changcuters di Synchronize Fest 2023. (Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

Intip 5 Penampilan Berkesan di Synchronize Fest 2023 Hari Pertama

02 September 2023   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Synchronize Fest 2023 hari kedua siap digelar hari ini, Sabtu (2/9/2023), di Gambir Expo Kemayoran Jakarta. Pada hari kedua penyelenggaraannya ini, Synchronize Fest siap diramaikan dengan sederet musisi lokal lintas genre dan generasi seperti Yura Yunita, The Sigit, D'Masiv, BCL, dan Opick.

Sama seperti perhelatannya pada hari pertama kemarin, Synchronize Fest hari kedua juga akan menampilkan sejumlah kolaborasi musisi seru dan penampilan spesial yang sayang untuk dilewatkan, seperti Godbless 50 Tahun, Konser Petualangan Sherina, Selangkah ke Seberang: Dekade Fariz RM '79='99, dan Melly Goeslaw: Songbook feat. Anda Perdana, BBB, Eric Erlangga.

Baca juga: Daftar Line Up & Rundown Synchronize Fest 2023 Hari Kedua

Synchronize Fest 2023 hari pertama yang digelar kemarin berlangsung meriah di Gambir Expo Kemayoran. Ada delapan panggung yang nyaris selalu dipadati penonton yakni Dynamic, Panggung Getar, District, Lake, Forest, Gigs, XYZ, dan area Record Market (Kaleng Kerupuk).

Pada hari pertama penyelenggaraan, Project Pop menjadi pembuka Synchronize Fest 2023. Tika Panggabean cs berjalan beriringan dengan sebuah gerobak dorong bertuliskan Synchronize Fest menuntun para pengunjung dari area 
Record Market menuju Dynamic Stage.

Grup vokal yang terkenal humoris ini lantas membawakan lagu dari mulai Tu Wa Ga Pat, Bukan Superstar, hingga Ingatlah Hari Ini sebagai penutup yang  berkolaborasi dengan Feel Koplo.

Menjadi salah satu festival musik tahunan di Indonesia, Synchronize Fest tahun ini memasuki penyelenggaraanya yang ke-8 tahun. Selain mengandalkan penampil, tata cahaya, dan visual, Synchronize tahun ini juga mengedepankan tata suara yang lebih powerful.

"Untuk tata suara, kami pakai L-Acoustics di panggung Dynamic dan District. Kita tahu secara brand mereka mempunyai worldwide standard. Ya, mudah-mudahan kami bisa go internasional melalui Bhinneka Tunggal Musik,” kata David Karto selaku Director of Synchronize Festival.

Pada hari pertama Synchronize Fest 2023, hadir sejumlah kolaborasi musisi yang menjadi kejutan dan pengalaman yang berbeda tersendiri bagi penonton. Berikut adalah sejumlah penampilan kolaborasi musisi yang berkesan di Synchronize Fest 2023 hari pertama.


1. Parade Hujan X Saykoji

 

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Parade Hujan adalah grup band kolaborasi antara Mohammad Istiqamah Djamad atau yang lebih dikenal moniker Pusakata dengan Payung Teduh yang beranggotakan Comi (bass), Cito (drum), dan Ivan (guitalele/terompet). Pada Synchronize Fest 2023, mereka sukses menghibur ribuan penonton yang memadati Dynamic Stage.

Mereka membawakan lagu-lagu hit seperti Menuju Senja, Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan, dan Angin Pujaan Hujan. Menariknya, menjelang lagu terakhir, Parade Hujan menghadirkan rapper Saykoji yang memberikan unsur rap pada lagu Cerita Tentang Gunung dan Laut. Musik folk yang lekat dengan Parade Hujan pun berpadu dengan musik hip hop yang identik dengan Saykoji.


2. Krisdayanti & Erwin Gutawa

 

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

Hampir memasuki usia kepala lima, penyanyi Krisdayanti tetap tampil energik di panggung Synchronize Fest 2023. Diiring dengan band orkestra komposer kondang Erwin Gutawa, sang diva membawakan sejumlah tembang hit miliknya seperti Pilihlah Aku, Mencintaimu, dan Cobalah Untuk Setia. Sebagai penutup, sang diva memberikan kejutan penonton dengan membawakan lagu dangdut Penasaran ciptaan Rhoma Irama. Penonton pun larut dan ikut bergoyang bersama sang diva.


3. Iwan Fals X Sawung Jabo

 

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

Dua musisi sekaligus seniman legendaris Indonesia, Iwan Fals dan Sawung Jabo, juga menjadi salah satu kolaborasi yang dinantikan penggemar musik di Synchronize Fest 2023. Kiprah bermusik keduanya begitu besar saat bersama-sama memperkuat grup superior SWAMI dan Kantata Takwa. 

Di panggung Synchronize Fest 2023, keduanya membawakan sejumlah lagu hit seperti Bunga Trotoar, Bongkar, dan Bento yang merupakan lagu saat keduanya masih di grup band yang sama, yaitu SWAMI. Lama tak manggung bersama, keduanya tetap kritis terkait isu-isu politik hingga peperangan yang mereka sampaikan di atas panggung.


4. Reuni JKT 48 dengan Member Gen 1

 

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram

JKT 48 menjadi salah satu penampil yang ditunggu-tunggu di Synchronize Fest 2023. Pasalnya, penampilan mereka terbilang spesial lantaran berkolaborasi dengan sejumlah member Gen 1 yang memang memiliki basis penggemar yang besar sampai saat ini. Awalnya JKT48 membawakan lagu mereka seperti Everyday, Kachuusa, Jurus Rahasia Teleport, Eureka Milik Kita, dan Rapsodi. Penonton tampak dibuat larut dalam lagu itu.

Riuh penonton bergemuruh kala beberapa member dari Gen 1 naik ke atas panggung yakni Melody, Beby, Nabilah, Veranda, Shania dan Kinal. Mereka tetap terlihat keren dengan penampilan mereka yang berhijab. Penonton pun bersorak bahagia kala mereka tampil kembali di atas panggung dengan membawakan sejumlah hit seperti Everyday, Kachuusa, Jurus Rahasia Teleport, Eureka Milik Kita, dan Rapsodi.


5. Soneta X Dipha Barus

 

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Raja Dangdut Rhoma Irama memberi kejutan dengan melantunkan lagu Butter milik BTS di panggung Synchronize Fest 2023. Lalu, penampilannya yang diiringi oleh Soneta Group berlanjut dengan membawakan sederet tembang hit seperti Gala-Gala, Keramat, dan Kata Pujangga. Di tengah penampilannya, muncul sosok komposer Dipha Barus. Mereka pun berkolaborasi dengan membawakan beberapa lagu seperti Darah Muda, Mirasantika, dan Azza yang memadukan musik dangdut dengan musik elektronik. Penampilan mereka pun membuat ribuan penonton di Dynamic Stage riuh dan bergoyang.

Baca juga: Kegiatan Seru di Synchronize Fest 2023, Layanan Busway Gratis hingga Jumpa Musisi Idola

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Cek Rundown Lengkap Soundrenaline 2023, LAUV hingga Kodaline Siap Beraksi

BERIKUTNYA

Daftar Line Up & Rundown Synchronize Fest 2023 Hari Kedua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: