Synchronize Fest (Sumber gambar: Synchronize Fest Official Instagram)

Synchronize Fest 2023 Bakal Makin Seru dengan Tema dan Lineup Baru

11 January 2023   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Animo masyarakat Indonesia terhadap gelaran festival dan konser musik saat ini boleh dibilang sangat besar seiring dengan meredanya pandemi. Tak ayal, setiap gelaran festival dan konser musik dari berbagai skala nyaris selalu dipadati pengunjung, sekaligus menjadi obat kangen setelah masa pembatasan kegiatan sosial dicabut.

Tren positif ini pun diprediksi akan terus berlanjut pada 2023, bahkan digadang-gadang akan lebih semarak. Hal itu tampak dari besarnya antusiasme masyarakat dalam membeli tiket konser baik dalam skala lokal maupun internasional saat ini, meski gelarannya masuk terbilang lama.

Salah satunya adalah Synchronize Fest. Festival musik tahunan itu akan kembali dihelat pada 1-3 September 2023. Meski perhelatan Synchronize Fest baru akan digelar kurang lebih 8 bulan mendatang, pihak penyelenggara telah menjual tiket dari sekarang.

Tiket yang dijual pada 30 Desember 2022 lalu itupun dilaporkan telah habis. Adapun tiket dibanderol dengan harga Rp400.000 untuk 3 hari festival.

Director of Communications Synchronize Fest, Aldila Karina, mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan persiapan untuk gelaran Synchronize Fest 2023. "Bahkan 30 hari setelah Synchronize Fest tahun 2022, persiapan untuk tahun ini sudah berjalan," ucapnya saat dihubungi Hypeabis.id.

Kendati belum ada informasi lebih detail terkait pelaksanaan Synchronize Fest tahun depan, Aldila mengatakan setiap gelarannya, festival musik tersebut akan terus menyajikan sesuatu yang baru baik dari segi tema, identitas visual, hingga deretan lineup atau pengisi acara.
 

Target Penonton Lebih Tinggi
Sebagai informasi, tahun lalu, Synchronize Fest dihelat selama tiga hari berturut-turut dan berhasil mendatangkan sebanyak 75.000 penonton. Untuk tahun ini, Aldila mengatakan pihaknya menargetkan jumlah penonton yang lebih besar daripada angka tersebut.

Sebab, paparnya, secara statistik, jumlah penonton Synchronize Fest selalu mengalami peningkatan sebesar 10%-25% setiap gelarannya. Bahkan, pada tahun 2016 menuju 2017, peningkatan jumlah penonton festival musik tersebut mencapai 120%.

Kondisi ini membuat akan adanya penyesuaian venue dalam penyelenggaraan Synchronize Fest tahun depan, sehingga mampu menampung seluruh audiens. "Synchronize tampaknya sudah memiliki pasarnya sendiri. [Festival] ini ibaratnya lebaran musik masyarakat Indonesia," imbuhnya

Menurut Aldila, ancaman risiko resesi global pada tahun ini bisa saja mempengaruhi minat masyarakat dalam membeli tiket konser. Terlebih, banyaknya konser yang dihelat tahun ini akan menciptakan kemungkinan perasaan jenuh pada masyarakat untuk kembali menonton konser pada tahun depan.

Akan tetapi, dia menegaskan sebagai festival musik, misi Synchronize Fest bukan semata mengejar jumlah tiket yang terjual, tetapi turut mendorong kemajuan industri musik lokal itu sendiri. Oleh karena itu, di tengah kondisi apapun, dia memastikan Synchronize Fest akan tetap berjalan. "Rasa pesimis tapi diimbangi dengan rasa optimis itu penting juga," terangnya.

Aldila pun menjelaskan perizinan penyelenggaraan konser Synchronize Fest tahun ini berjalan dengan baik lantaran pihaknya dapat memastikan proses koordinasi yang kooperatif dengan pihak berwenang. Dia pun berharap proses perizinan penyelenggaraan konser tahun depan akan berjalan sebagaimana mestinya, meski masih berada di masa pandemi.

"Selama kooperatif dan melaporkan data-data secara faktual, sebenarnya pihak terkait pun sangat terbuka untuk kemungkinan perizinan dan memberikan surat rekomendasi untuk acara," jelasnya.

Kendati demikian, untuk memastikan acara tetap berjalan dengan baik, dia mengatakan pihaknya selalu menyiapkan antisipasi di tengah kondisi dan aturan terkait keramaian dalam acara-acara publik yang melibatkan banyak audiens yang cenderung dinamis.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Muncul Sekali Seumur Hidup, Yuk Berburu Komet Langka yang Bakal Melintas di Langit Indonesia

BERIKUTNYA

Lebih Seru dan Menantang, Game Free Fire Hadirkan Patch Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: