Ilustrasi celana jeans di butik. (Sumber foto: Unsplash/Waldemar)

4 Cara Memilih Celana Jeans Tanpa Harus Dicoba

01 September 2023   |   17:05 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Celana jeans merupakan pakaian yang tak pernah ketinggalan jaman. Jeans dibuat dari kain denim, yakni kain kokoh berbahan katun maupun campuran serat katun. Denim berasal dari kota Nimes, Prancis. Awalnya bahan ini disebut Serge de Nimes, lalu disingkat menjadi de nime dan disebut denim supaya lebih mudah

Apakah kamu sering membeli jeans di mal atau pusat perbelanjaan lainnya? Terkadang kita merasa tak perlu mencobanya karena malas atau diburu waktu. Selain itu terkadang ada juga toko yang tidak menyediakan kamar pas untuk mencobanya.

Baca juga: Jadi Celana Sejuta Umat, Ini 5 Fakta Menarik Jeans yang Perlu Kalian Ketahui

Biasanya setiap orang punya ukuran tertentu yang dijadikan acuan saat memilih jeans. Misalnya ukuran berdasarkan abjad seperti L, X, XL, XXL, atau penomoran seperti 28-35 yang sudah disesuaikan dengan lingkar pinggang dan panjang kaki setiap orang. 

Namun, terkadang ukuran tersebut tidak tepat. Akhirnya celana yang dibeli tidak pas. Saat dicoba ukurannya kesempitan atau kebesaran. Nah, kini ada cara untuk memilih jeans tanpa harus mencobanya telebih dahulu. Genhype, yuk simak tipnya!
 

1. Lingkarkan pinggang jeans di leher

Mengutip Bright side, untuk memilih ukuran jeans yang tepat coba pegang kedua ujung bagian pinggangnya dari depan lalu lingkarkan ke belakang leher. Kalau kedua ujung pinggang bisa saling menyentuh, maka ukuran jeans tersebut pas dengan ukuran pinggangmu.


2. Ukur lebar pinggang dengan panjang lengan

Kamu bisa mengukur pinggang jeans menggunakan lengan. Caranya tekuk lengan lalu kepalkan tangan dan masukkan ke bagian pinggang celana jeans. Kalau ukuran pinggang celana jeans pas dengan panjang siku sampai kepalan tangan, maka ukurannya pas dengan pinggangmu.

Cara ini digunakan untuk memilih jeans standar, bukan jeans high waist. Umumnya jeans tersebut memiliki tinggi yang sampai menutupi pusar. Sehingga ukurannya mengacu pada lingkar perut bukan pinggang.  
 

3. Rentangkan celana di dada 

Kalau kamu ingin tahu apakah jeans pas dengan panjang kakimu coba rentangkan celana tersebut di depan dada. Apabila bagian tengah jeans pas berada di bawah dagu dan ujung kedua celananya pas dijangkau dengan kedua tanganmu, maka otomatis ukurannya pas dengan panjang kakimu.
 

4. Ukur kelonggaran celana dengan lengan

Biasanya kita sering terkecoh saat memilih skinny jeans atau celana pensil yang ketat. Bisa jadi ukuran pinggangnya pas tapi bagian bawahnya terlalu sempit sehingga kaki tidak bisa masuk. Biar bagaimanapun juga skinny jeans tetap harus sedikit longgar pada bagian kakinya supaya kulit bisa bernapas dengan baik.

Nah, untuk mengukurnya adalah coba masukkan kepalan tanganmu di lubang celana jeans. Kalau kepalan tanganmu bisa  masuk dengan mudah, maka kakimu juga bisa masuk dengan lancar dan pas. Sehingga skinny jeans tidak kesempitan di bagian bawah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Annyeonghaseyo, Ada 7 Galeri asal Korea Selatan yang Bakal Hadir di Art Jakarta 2023

BERIKUTNYA

Mamamoo+ Umumkan Jadwal Tur Konser Two Rabbit Code 18 September di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: