Ilustrasi (Sumber gambar: Freepik)

Trailer Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso Dirilis, Dokumenter Kasus Kopi Sianida yang Penuh Misteri

31 August 2023   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sempat menjadi perbincangan publik di media sosial, Netflix akhirnya merilis trailer film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. Film ini dibuat berdasarkan kasus pembunuhan Wayan Wirna Salihin oleh sahabatnya, Jessica Kumala Wongso dengan kopi bersianida yang sempat menggemparkan Indonesia beberapa tahun silam.

Diproduksi bersama Beach House Pictures, salah satu rumah produksi independen terbesar di Asia, film ini menyoroti salah satu kasus hukum yang paling menarik perhatian di Indonesia, yaitu pembunuhan Mirna Salihin oleh Jessica Wongso yang merupakan temannya dan kini menjalani hukuman penjara.

Baca juga: 4 Serial Asia yang Tayang September 2023 di Netflix, Ada 6ixtynin9 hingga A Time Called You

Rangkaian persidangan kasus ini menjadi yang pertama disiarkan secara langsung di berbagai stasiun televisi Indonesia serta diliput secara intens oleh media massa nasional dan internasional.

Pembuat film dari Beach House Pictures berhasil mendapatkan akses untuk mewawancarai langsung Jessica, warga Australia yang vonis hukumannya didukung oleh bukti dari pihak kepolisian Indonesia. 

Namun, kasus pembunuhan tersebut dinilai masih menyimpan misteri sampai saat ini. "Apakah pembunuh sebenarnya telah tertangkap atau pengaruh media sosial telah mengirim seseorang yang tak bersalah ke penjara?" tulis Netflix yang menjadi pengantar kisah dari dokumenter tersebut.
 

Cuplikan film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso. (Sumber gambar: Netflix)

Trailer yang dirilis Netflix dibuka dengan potongan foto kenangan kedekatan antara Jessica dan Mirna. Klip berdurasi 1 menit 29 detik itu juga menampilkan cuplikan video-video persidangan Jessica yang dituduh melakukan kejahatan pembunuhan dengan meracuni Mirna menggunakan kopi bersianida.

Dalam dokumenter ini, dihadirkan sejumlah pihak yang terlibat dalam kasus fenomenal tersebut dalam format wawancara eksklusif. Mulai dari pihak keluarga Mirna sebagai korban, pengamat hukum, jurnalis, hingga pihak pengacara Jessica sebagai terdakwa.

Kehadiran sejumlah narasumber tersebut memberikan perspektif dan sudut pandang yang berbeda dalam memandang kasus kopi sianida yang menjerat Jessica.

Pihak keluarga Mirna yakin seratus persen bahwa Jessica memang bersalah dan pantas mendapatkan hukuman berat. Di sisi lain, perwakilan jurnalis yang mendalami kasus ini menilai bahwa terdapat banyak sisi dan rumor yang berada dalam pusaran kasus Jessica. Ada rumor bahwa Jessica dan Mirna terlibat cinta segitiga dengan suami Mirna, termasuk anggapan ada keterlibatan mafia.
 

Sorotan publik terhadap kasus kopi sianida ini juga dinilai oleh pengamat hukum sebanding dengan fenomena kasus pembunuhan O.J. Simpson di Amerika pada 1995 silam. O.J. Simpson adalah kasus pembunuhan yang melibatkan aktor sekaligus mantan pemain sepak bola Amerika, O. J. Simpson.

Dia diadili karena didakwa membunuh mantan istrinya, Nicole Brown Simpson dan Ronald Goldman, kekasih Nicole, pada 1994. Kasus pidana ini mendapat sorotan luas dari media massa dan publik Amerika Serikat karena O.J. Simpson adalah mantan bintang sepak bola Amerika berkulit hitam. Setelah melalui pengadilan berkepanjangan, Simpson dinyatakan tak bersalah dan dibebaskan pada 3 Oktober 1995.

Namun, di sisi lain, pihak pengacara Jessica Wongso menganggap bahwa kliennya tersebut tidak bersalah dengan sejumlah upaya menghadirkan bukti di meja hijau. Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso ini akan mencoba memberikan ragam perspektif sekaligus mengajak penonton menelusuri kasus kopi sianida yang penuh misteri.

Adapun, film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso dijadwalkan tayang pada 28 September 2023 di Netflix.

Baca juga: Film Dokumenter IU Concert: The Golden Hour Bakal Tayang 28 & 30 September 2023, Cek Informasi Tiketnya


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Spoiler Alert Episode 1 One Piece Live Action, Era Baru Bajak Laut Dimulai

BERIKUTNYA

Tip Padu Padan Scarft Ala Ivan Gunawan Agar Penampilan Lebih Stylish

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: