Ilustrasi aksesori emas imitasi (Sumber Foto: Freepik)

Cara Merawat Aksesori Emas Imitasi Biar Tetap bisa Tampil Mewah & Elegan

11 May 2023   |   10:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Perhiasan emas selalu menjadi tren fesyen yang tak lekang oleh waktu. Aksesori tersebut, walaupun hanya pelengkap tapi bisa memberi kesan mewah dan elegan bagi orang yang mengenakannya. Sayang lantaran harganya mahal, barang ini hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu saja.

Sebagai opsi penggantinya, perhiasan emas imitasi banyak diminati. Apalagi kalau rajin dirawat dan dibersihkan, emas imitasi pun bisa berkilau layaknya emas asli. Sayangnya, keringat, parfum, lotion, dan makeup dapat merusak dan mengurangi kilauan perhiasan tersebut. 

Membersihkan emas imitasi harus dilakukan secara rutin supaya warnanya tidak menghitam. Umumnya aksesori ini dapat dibersihkan dengan cara yang sama seperti perhiasan emas asli. Namun, dengan catatan tidak boleh direndam dalam air hangat. Berikut tips membersihkan perhiasan emas imitasi yang menghitam. 

Baca juga: Simak Cara Memilih Perhiasan Mutiara


1. Bersihkan Pakai Sabun

Kamu bisa membersihkan emas imitasi hanya pakai sabun. Pertama siapkan mangkuk kecil berisi air, hindari air panas atau hangat karena dapat melelehkan lem pada perhiasan.Biasanya lem digunakan untuk menyatukan bagian-bagian perhiasan imitasi.

Selanjutnya tambahkan beberapa tetes cairan pembersih seperti sabun mandi atau sabun cuci piring sampai tercampur rata. Rendam emas imitasi setidaknya selama 20 menit. Cairan pembersih akan bekerja memecah lemak dan kotoran pada permukaannya.

Apabila ada bagian yang sangat kotor, gosok dengan sikat berbulu lembut sampai ke sela-sela yang tersembunyi. Bersihkan perhiasan satu per satu supaya tidak saling menggores. Selanjutnya bilas dengan air biasa dan lap pakai kain katun lembut untuk mengeringkannya. Ingat, jangan gunakan tisu karena seratnya bisa menggores permukaan perhiasan.


2. Bersihkan Pakai Bahan Alami

Cara lain untuk membersihkan emas imitasi adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Misalnya seperti lemon, minyak zaitun, cuka putih, bahkan sampai saus tomat. Bersihkan perhiasan emas imitasi setidaknya sebulan sekali supaya tetap awet dan cantik berkilau.

Untuk membersihkan perhiasan pakai lemon, caranya peras lemon dan masukkan airnya ke dalam mangkuk. Celupkan sikat gigi ke dalam perasan air lemon lalu gosok permukaannya. Setelah bersih keringkan dengan lap mikrofiber.

Jika tidak ada lemon bisa memakai cuka putih, caranya tuang sedikit cuka putih ke dalam mangkuk kecil. Kemudian basahi sikat gigi menggunakan cuka putih dan gosok perhiasan sampai bersih.

Bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai pembersih adalah minyak zaitun, caranya teteskan minyak zaitun pada bola kapas. Kemudian gosok kapas pada perhiasan emas imitasi sampai permukaannya mengkilap dan bersih.

Selain itu, kamu juga bisa memakai kulit pisang, setelah makan pisang sisihkan kulitnya jangan dulu dibuang. Gosokkan kulit pisang pada permukaan perhiasan emas imitasi seperti cincin atau gelang. Setelahnya bisa dibersihkan lagi dengan lap mikrofiber yang lembut.

Cara terakhir bisa pakai saus tomat, pertama-tama lumuri perhiasan imitasi yang menghitam dengan saus tomat. Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air dan keringkan.  

Baca juga: Selain Tiffany & Co. dan Cartier, Ini Merek Perhiasan Termahal Di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Renegerasi Kelompok Teater di Indonesia Masih Berjalan Alot

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Game AAA untuk PC & Konsol, Elden Ring sampai Hogwarts Legacy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: