Whatsapp menjadi salah satu aplikasi pesan yang banyak digunakan orang (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Cottonbro Studio)

Sering Lupa Daftar Barang Belanjaan? Manfaatkan Fitur Whatsapp Ini Saja

30 August 2023   |   08:27 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tidak banyak yang tahu, aplikasi percakapan Whatsapp memiliki fitur pengingat daftar kegiatan bernama Message Yourself. Fitur ini bekerja untuk mengirim pesan kepada nomor sendiri yang ada di aplikasi. Keberadaan fitur ini dapat digunakan sebagai alat pemberitahuan kegiatan yang hendak dilakukan agar tidak lupa.

Bagaimana pun, lupa adalah sesuatu yang menyebalkan karena dapat membuat kegiatan, jadwal, dan sebagainya dapat berantakan. Tidak sedikit orang yang membawa buku catatan ke mana-mana untuk melihat daftar banyak hal, seperti jadwal, daftar kegiatan, atau barang belanjaan yang ingin dibeli.

Baca juga: Saingan Zoom Meeting, Begini Cara Menggunakan Fitur Screen Sharing di WhatsApp

Dalam gawai pintar, aplikasi catatan atau note juga tersedia untuk membuat catatan banyak hal. Selain aplikasi itu, ada cara lain yang dapat dilakukan agar tidak lupa dengan to do list harian.

Namun WhatsApp menawarkan cara berbeda lewat fitur Message Yourself tersebut..Fitur mengirimkan pesan kepada nomor sendiri ini sebenarnys dirilis pada akhir 2022 silam, tetapi belum banyak yang mengetahui fitur tersebut.

Fitur ini memungkinkan Genhype melakukan banyak hal, seperti menjadi pengingat kegiatan yang akan dilakukan, catatan-catatan penting yang tidak boleh dilewatkan, dan sebagainya.

Dikutip dari laman faq.whatsapp.com, pesan untuk diri sendiri terenkripsi secara end-to-end. “Anda dapat mengirim pesan kepada diri sendiri untuk melacak catatan dan pesan,” demikian tertulis.

Perusahaan menuliskan bahwa pesan untuk diri sendiri berfungsi dan terlihat seperti chat biasa. Namun, Genhype tidak bisa melakukan panggilan audio, panggilan video, membisukan notifikasi, memblokir atau melaporkan diri sendiri, atau melihat informasi terakhir dilihat dan online.

Untuk mengirimkan pesan kepada diri sendiri, langkah pertama yang harus dilakukan oleh genhype adalah menyimpan nomor sendiri. Setelah itu, pilih chat baru atau lambang pesan dan ketuk perbarui saat hendak memilih kontak agar nomor yang baru disimpan dapat muncul.

Ketika nomor sendiri muncul, maka ketuk dan mulai mengirim pesan yang hendak dikirimkan seperti jadwal, kegiatan, atau daftar barang-barang yang hendak dibawa.

Selain mengirimkan pesan, fitur ini juga memungkinkan Genhype untuk meneruskan pesan yang dikirim oleh orang lain untuk diri sendiri. Tujuannya, agar pesan tersebut tidak lupa atau dilewatkan lantaran aktivitas yang begitu padat.

Untuk meneruskan pesan, langkah pertama adalah membuka chat berisi pesan yang hendak diteruskan keada diri sendiri. Kemudian, tekan lama pesan tersebut dan ketul tanda panah ke kanan atau tanda teruskan pesan.

Setelah itu, cara nama atau nomor telepon anda sendiri. Saat sudah ketemu, ketuk nama atau nomro telepon tersebut. Lalu, pilih tanda panah untuk mengirimkannya.

Baca juga: Cek Update Dua Fitur Baru WhatsApp Buat Proteksi Privasi Pengguna

Untuk diketahui, Whatsapp adalah salah satu aplikasi berbagi pesan yang banyak digunakan oleh orang di dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi berlambang gagang telepon dalam bubble percakapan itu sudah diunduh oleh miliaran pengguna di dunia.

Dalam data Google Play hari ini, aplikasi yang memiliki rating 3+ itu tercatat telah diunduh oleh 5 miliar kaki di dunia pada saat artikel ini ditulis.

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Cek Cara Lolos dari Tilang Uji Emisi Sepeda Motor yang Berlaku 1 September 2023

BERIKUTNYA

Koleksi Alexander McQueen Fall 2023 oleh Sarah Burton Terinspirasi dari Bunga Anggrek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: