WhatsApp (dok. Unsplash/Dima Solomin)

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Jajak Pendapat

07 March 2022   |   18:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak dipakai oleh masyarakat. Perusahaan juga terus melakukan pengembangan dan menghadirkan inovasi untuk makin memperkaya utilitas dan menarik minat pengguna. 

Salah satu yang terbaru adalah fitur jajak pendapat atau polling. Dilansir dari WABetaInfo, Senin (7/3/2022) layanan di bawah naungan Meta itu diketahui tengah mengembangkan fitur di mana para penggunanya dapat membuat polling pada obrolan grup. 

Fitur jajak pendapat itu terlihat dalam pengembangan pada versi beta terbaru aplikasi untuk sistem operasi iOS dari Apple. Disebutkan bahwa lantaran masih dalam tahapan awal, fitur masuk belum bisa digunakan tapi telah terlihat. 
 

(dok. WABetaInfo)

(dok. WABetaInfo)


Menurut laporan tersebut, setelah memilih untuk menambahkan jajak pendapat baru pada grup, WhatsApp akan meminta penggunanya untuk memasukkan pertanyaan yang akan dimintai pendapatnya kepada seluruh anggota. 

Mengingat fitur ini masih sangat awal, masih belum diketahui apakan nantinya aplikasi akan meminta pengguna untuk menambahkan opsi selanjutnya, apakah admin grup akan dapat mengedit opsi itu, dan apakah polling itu akan bisa diberikan batasan waktu. 

Menariknya, sama seperti pesan, lampiran, dan panggilan yang dilakukan di aplikasi, WABetaInfo menyebut bahwa fitur jajak pendapat yang tengah dikerjakan itu juga dilindungi menggunakan sistem end-to-end encryption. Ini berarti, hanya peserta grup yang dapat melihat polling dan hasilnya. 

Perlu dicatat sekali lagi bahwa fitur ini masih dalam tahapan yang sangat awal, belum ada informasi mengenai peluncuran versi penuhnya. Akan tetapi, kendati pertama kali ditemukan di iOS, seperti sebelumnya fitur-fitur baru aplikasi umumnya bakal hadir juga di platform Android dan situs web. 

Fitur jajak pendapat juga bukan hal yang baru dalam dunia aplikasi pesan instan. Fitur serupa telah terlebih dahulu dimiliki oleh Facebook Messenger dan Telegram, yang memungkinkan penggunanya di dalam grup membuat polling tertentu. 

Fitur ini memang cukup diminati dan digunakan oleh banyak pengguna untuk membantu mereka menentukan tanggapan mayoritas dari sebuah pertanyaan. Pasalnya grup memiliki batasan anggota yang beragam sehingga jajak pendapat yang lebih simpel akan sangat membantu. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

7 Buku Inspiratif untuk Momen Hari Perempuan Internasional

BERIKUTNYA

Membaca sebagai Cara Bertahan di Tengah Segala Ketidakpastian Hidup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: