Aplikasi pesan instan WhatsApp (Unsplash/Christian Wiediger)

Fitur Last Seen WhatsApp Bakal Bisa Disembunyikan dari Pengguna Tertentu

07 September 2021   |   12:48 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sejak awal perilisannya, aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki satu fitur yang membedakannya dengan platform lain, yakni fitur yang dikenal dengan last seen. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui kapan pengguna lain melihat atau mengakses aplikasi tersebut.

Selanjutnya, WhatsApp juga memperbarui atau meningkatkan fungsi fitur ini yang memungkinkan pengguna memilih opsi terkait fitur last seen. Opsi tersebut mengatur siapa saja yang bisa melihat waktu terakhir mereka pada aplikasi.

Pilihannya termasuk 'Semua Orang', 'Kontak Saya', dan 'Tidak Ada'. Akan tetapi, laporan terbaru dari WABetaInfo, dikutip Selasa (7/9) menyebut bahwa WhatsApp tengah mengerjakan pembaruan fitur yang akan memunculkan opsi lain.

Opsi tersebut adalah 'Kontak saya kecuali...' Seperti namanya, opsi anyar tersebut bakal memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan notifikasi waktu last seen terhadap orang-orang tertentu yang dimasukkan ke dalam daftar.

Perlu dicatat bahwa ketika pengguna menonaktifkan fitur last seen untuk orang/pengguna tertentu, mereka juga tidak akan dapat melihat kontak orang-orang yang masuk dalam daftar tersebut. Sama seperti memilih opsi last seen 'Tidak Ada'.

Laporan WABetaInfo itu juga mengklaim bahwa fitur tersebut saat ini sedang dikembangkan untuk pengguna iOS, tetapi hampir dapat dipastikan bakal diluncurkan juga ke pengguna sistem operasi Android. Kendati demikian, tidak ada kabar lebih lanjut terkait waktu peluncurannya.

Selain fitur tersebut, awal bulan ini, WhatsApp juga mengumumkan bahwa mereka bakal memungkinkan pemindahan riwayat pesan WhatsApp pengguna lintas platform, dari iOS ke Android. Ini akan dimulai dengan perangkat Samsung yang menjalankan Android 10.

Perusahaan menyebut bahwa migrasi akan terjadi tanpa proses pengiriman pesan ke WhatsApp sehingga keamanannya bisa dijamin. Adapun, data yang dapat dimigrasikan lintas sistem operasi termasuk pesan suara, foto, dan video.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Hati-hati Bertransaksi, Trojan Mobile Banking di Asia Tenggara Meningkat

BERIKUTNYA

Mengenal Penyebab Varises & Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: