WhatsApp (Unsplash/Dimitri Karastelev)

Asyik, WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Pilih Kualitas Pengiriman Media

05 July 2021   |   10:54 WIB
Image
Syaiful Millah Content Manager Assistant Hypeabis.id. Menulis isu seputar teknologi/digital.

WhatsApp merupakan salah satu layanan pesan teks paling populer dan banyak di gunakan saat ini. Berbagai kemampuan, mulai dari pengiriam teks, audio, hingga panggilan video bisa dilakukan.

Akan tetapi, mungkin ada satu hal yang juga dirasakan oleh banyak penggunanya kurang memuaskan. Hal itu adalah berbagi media baik foto maupun video di aplikasi perpesanan tersebut.

Pasalnya, aplikasi bakal mengkompresi media dengan tingkat yang cukup signifikan. Jadi kalaupun kalian mengambil gambar dengan kualitas tinggi, ketika dikirim melalui WhatsApp hasilnya keluar dengan kualitas yang jauh menurun.

Terkait dengan isu ini, tampkanya WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru. Laporan dari WABetaInfo menyatakan bahwa Facebook - perusahaan induk WhatsApp - sedang mengerjakan fitur terkait berbagi media di aplikasi perpesanannya.

Laporan itu menyatakan bahwa WA baru-baru ini mengirimkan pembaruan melalui program Google Play Beta dengan versi 2.21.14.6. Di versi tersebut, tim WABetaInfo menemukan fitur tersebut tengah digarap dan diuji.

Fitur ini bernama Video Upload Quality, yang seperti namanya memungkinkan pengguna untuk memilih di antara beberapa opsi kualitas saat mengirimkan video di dalam aplikasi WhatsApp.

Tim menemukan ada tiga opsi yang tersedia untuk dipilih yakni Auto, Best Quality, dan Data Saver. Meskipun ada tiga pilihan kualitas video, aplikasi akan menyarankan opsi Auto secara keseluruhan. Tapi, berikut ini penjelasan singkat tentang ketiganya :

- Auto (recommended) : WhatsApp akan secara otomatis mengompresi video tergantung pada algoritmanya

- Best Quality : WhatsApp akan mengirimkan video dengan kualitas terbaiknya

- Data Saver : WhatsApp akan lebih memfokuskan pada penyimpanan data ketimbang kualitas video

Perlu dicatat bahwa kotak dialog ini hanya akan muncul saat berbagi video di dalam platform. Masih belum ada informasi apakah opsi juga akan tersedia untuk media berupa gambar.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Cantiknya Mukena Moon Series, Memadukan Desain khas Indonesia dan Korea

BERIKUTNYA

Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Redakan Efek Samping Vaksin Covid-19!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: