Ilustrasi anak membaca buku (Sumber gambar: Freepik)

6 Tema Buku Seru Sekaligus Edukatif yang Cocok Dibaca Anak-anak

29 August 2023   |   15:26 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mengenalkan budaya membaca buku bisa dilakukan orang tua kepada anak sedini mungkin. Sebab, membaca buku bagi anak punya banyak manfaat. Mulai dari membantu meningkatkan ide, kreativitas, imajinasi, dan daya ingat serta kinerja otak si kecil.

Psikolog keluarga dan anak Astrid Wen mengatakan bahwa mengenalkan buku sejak anak akan membuat mereka lebih familiar dengan dunia membaca. Anak juga menjadi terbiasa berinisatif untuk mencari pengetahuan yang sedang jadi rasa penasarannya melalui membaca.

Baca juga: Anak-anak Lebih Disarankan Membaca Buku Fisik Dibanding E-Book, Begini Alasannya

Budaya membaca juga meningkatkan keinginan untuk belajar. Kalau anak menyenangi kegiatan membaca, mereka kemungkinan besar akan menyukai kegiatan belajar.

Oleh karena itu, sangat penting mengenalkan bacaan sejak dini ke keseharian anak-anak. mengenalkan budaya membaca bisa dimulai dari menciptakan suasana yang menyenangkan dalam dunia literasi.

“Kita bisa menggunakan buku dengan visual yang menarik dan bukunya sesuai tahapan anak. Jika anak tertarik dengan gambar atau foto tertentu, orang tua bisa menceritakan isi gambar tersebut dengan cara yang menyenangkan,” kata Astrid kepada Hypeabis.id.

 

Ilustrasi pop up book. (Sumber foto: Pexels/Lina Kivaka)

Ilustrasi pop up book. (Sumber foto: Pexels/Lina Kivaka)

Selain itu, orang tua juga bisa memfamiliarkan dunia literasi dengan mengajak anak ke toko buku. Bukan hanya menyuruh, Astrid menyebut orang tua juga mesti memperlihatkan bahwa dirinya juga suka membaca buku, misalnya dengan membaca buku di hadapan si anak.

Orang tua juga bisa memperkenalkan dunia yang akrab dengan bacaan, misalnya dengan menyediakan kertas untuk mencorat-coret atau menggambar. Sebab, disadari atau tidak, dunia literasi ini juga menyangkut dengan ekspresi diri.

Namun, salah satu hal yang penting dan tak boleh dilewat ialah setiap bacaan anak juga harus disesuaikan dengan umur si kecil. Bagi anak-anak, ada beberapa tema buku yang biasanya akan menarik bagi mereka. Berikut adalah tema buku yang mendidik dan seru rekomendasi dari psikolog anak Astrid Wen.


1. Tema Keseharian

Tema keseharian kehidupan adalah salah satu yang cocok dibaca oleh anak-anak. Buku dengan tema seperti ini biasanya akan menceritakan tentang cara seorang anak atau tokoh di dalam cerita dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Terkadang, ada bumbu konflik yang dihadapi si tokoh. Dengan membaca tema seperti ini, anak akan bisa belajar tentang cara bersosialisasi dan menangani masalah di kesehariannya. Terlebih, beberapa buku seperti ini juga mengemasnya dengan cara yang asyik, misalnya dalam bentuk dongeng atau fantasi.


2. Tema Budaya

Buku-buku bertema budaya juga umumnya disukai oleh anak-anak. Sebab, budaya di setiap daerah memiliki ragam keunikan yang berbeda-beda. Hal ini akan memancing anak untuk belajar banyak kebudayaan di daerah-daerah lain.

Selain jadi bacaan yang seru, tentu tema ini akan memperkaya pengetahuan si anak. Usahakan memilih buku yang memiliki banyak foto atau gambar agar imajinasi anak terhadap budaya makin terbentuk


3. Tema Keyakinan

Mengenalkan keyakinan atau agama tidak hanya dilakukan melalui ceramah. Untuk usia anak-anak, pengenalan melalui buku juga jadi salah satu opsi yang menarik. Anak-anak akan belajar banyak nilai-nilai agama yang baik untuk diterapkan di kehidupannya.

Sebab, buku agama biasanya akan mengajak anak menyelami berbagai kejadian di dalam kitabnya. Selain itu, anak juga bisa belajar tata cara ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
 

Ilustrasi membaca buku dengan anak. (Sumber foto: Pexels/Kindel Media)

Ilustrasi membaca buku dengan anak. (Sumber foto: Pexels/Kindel Media)


4. Tema Pengetahuan

Di dunia anak-anak, segala sesuatu yang baru akan selalu menarik baginya. Tugas orang tua ialah memastikan sesuatu yang baru itu dipelajari sesuai usianya. Oleh karena itu, orang tua bisa mengarahkan bacaan anak ke tema pengetahuan.

Buku tentang pengetahuan ini bisa bermacam-macam. Mulai dari buku sains, terbentuknya bumi, hingga dinosaurus biasanya akan disukai anak. Terlebih, jika buku itu juga menawarkan presentasi yang menarik seperti dengan konsep pop up.


5. Tema Alam

Tema alam juga bisa jadi bacaan yang cocok untuk anak-anak. Mereka umumnya akan tertarik mempelajari berbagai informasi menarik soal alam semesta dan planet. Selain itu, tema-tema serupa, seperti tanaman dan binatang juga akan tampak menarik di mata anak. Dengan membaca tema seperti ini, anak bukan hanya belajar, tetapi juga diharapkan tumbuh kesadaran untuk makin mencintai alam.


6. Tema Hobi

Selain mengenalkan anak dengan bacaan baru, orang tua juga perlu menggali kesukaan anaknya. Cobalah untuk berdiskusi dengan anak soal hal apa yang ingin diketahuinya. Misalnya, hal yang sedang menjadi hobinya saat ini.

Jika dia sedang menyenangi olahraga, orang tua bisa merekomendasikan buku-buku tema tersebut. Membaca buku dengan tema yang sedang ia senangi tentu akan jadi aktivitas menyenangkan baginya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek 5 Pameran Seni Rupa September 2023, Ada Ruth Marbun & Iwan Suastika

BERIKUTNYA

Kurang dari 2 Bulan, Gim Lokal Paw Rumble Berhasil Tembus 1 Juta Unduhan Secara Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: