Gim Arcade-Casual Paw Rumble (Sumber gambar: Nuon Games)

Kurang dari 2 Bulan, Gim Lokal Paw Rumble Berhasil Tembus 1 Juta Unduhan Secara Global

29 August 2023   |   19:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Terhitung kurang dari dua bulan sejak pertama kali dirilis, Gim lokal Paw Rumble telah berhasil menebus 1 juta unduhan secara global. Gim yang membawa genre arkade kasual yang diterbitkan Nuon Games itu rupanya cukup menarik perhatian banyak gamers.

Industri gim di Indonesia belakangan ini memang terus berkembang pesat. Ada banyak judul gim karya anak bangsa yang kemudian mencuri perhatian dunia. Padahal, umur gim ini terbilang belum terlalu lama.

Baca juga: Tren Esports 2023: Kompetisi Makin Digemari & Gim Lokal Unjuk Gigi 

Aris Sudewo, selaku Chief Executive Officer Nuon mengatakan bahwa pencapaian satu juta unduhan dalam waktu relatif singkat merupakan apresiasi yang luar biasa baginya. Menurutnya, ini adalah buah nyata dari kreativitas, kerja keras, dan fokus pada kualitas para pengembang gim lokal.

“Paw Rumble membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi pengembangkan industri gim yang luar biasa besar,” jelasnya saat dikonfirmasi Hypeabis.id, Selasa (29/8/2023).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Paw Rumble (@pawrumble)


Di sisi lain, ada banyak aspek lain yang ikut membuat gim ini kini cukup populer. Dukungan dari user, komunitas, dan influencer juga menjadi kunci penting raihan satu juta unduhan dalam waktu yang relatif singkat ini.

Menurutnya, Nuon Games memang selama ini aktif berinteraksi dengan pemain melalui media sosial dan berbagai forum. Beberapa masukan dan hal lainnya direspons dengan baik.

Di samping itu, aksi promosi dengan menggandeng influencer, baik lokal maupun internasional, juga turut membantu memperkenalkan gim ini kepada audiens yang lebih luas. Pada akhirnya, pertumbuhan unduhan bisa berjalan lebih cepat.

Namun, pencapaian ini masih baru awal. Pihaknya masih terus akan mengembangkan gim berjenis Arcade-Casual tersebut. Untuk mempertahankan minat pemain, Nuon Games dan Grinsmile akan menghadirkan tambahan level baru agar gamers lebih tertantang.

Kemudian, akan ada karakter baru dan mode permainan anyar yang bakal diperkenalkan secara berkala. Harapannya, pemain bisa tetap tertarik dengan perjalanan gim ini.

Paw Rumble adalah gim bikinan developer lokal asal Surabaya, Grinsmile. Gim ini pernah mengikuti Indigo Game StartUp Incubation. Setelah dirilis secara resmi, Paw Rumble mendapat sambutan yang hangat dari gamers yang ada di India, Pakistan, Indonesia, dan banyak negara lain.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Paw Rumble (@pawrumble)


Secara konsep, Paw Rumble memang menawarkan pola permainan yang menarik. Ini adalah gim dengan tipe party game yang biasanya akan dimainkan hingga empat orang. Namun, Paw Rumble juga memiliki gameplay unik lain.

Paw Rumble menawarkan tiga game mode yang berbeda, dari Overgreed, Bomb, dan Letter. Melalui game mode tersebut, gamer akan merasakan pengalaman bermain yang belum pernah ada sebelumnya.

Pemain akan selalu merasa tertantang dan terhibur oleh tata cara permainan yang berbeda dibanding gim sejenis lain. Selain itu, Paw Rumble juga termasuk gim yang cukup mementingkan aspek visual.

Visual gim ini terbilang cukup memukau, apalagi ada enam karakter maskot yang menggemaskan. Beberapa karakter utama yang biasa dimainkan adalah Chipper, Beruskhya, Nekomon, Ducko, Carpy, dan Poggu. Desain karakter tersebut punya detail yang unik.

Baca juga: Review Game Lokal Rendezvous, Cerita di Neo Surabaya Bergaya Cyberpunk 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

6 Tema Buku Seru Sekaligus Edukatif yang Cocok Dibaca Anak-anak

BERIKUTNYA

Aneka Resep Es Kopyor, Minuman Segar Cocok untuk Cuaca Panas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: