Ilustrasi kencan introvert. (Sumber gambar : Lifestylememory / Freepik)

Begini 5 Tip Kencan Online Untuk Introvert

22 June 2023   |   22:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Berkencan atau menjalin hubungan percintaan tampaknya tantangan yang cukup berat bagi seorang introvert. Pasalnya, pemilik kepribadian tertutup ini cenderung sulit untuk akrab dengan orang lain karena tidak begitu suka memberikan banyak informasi pribadi tentang dirinya, terutama kepada orang baru. 

Menurut psikolog Viviane Hahne, para introvert biasanya butuh waktu yang lebih lama untuk terbuka dan percaya terhadap orang baru di hidup mereka. Untuk mengatasi persoalan hubungan lebih intim ini, menurutnya dating app atau aplikasi kencan bisa menjadi solusi. 

Dia berpendapat menghabiskan waktu yang lebih panjang untuk mengenal seseorang dari dating app bukanlah waktu yang terbuang sia-sia. Kegiatan ini justru menjadi kesempatan yang baik bagi kaum introvert untuk menilai kecocokan dengan match mereka secara aman, sebelum bertemu langsung. 

Mengenal seseorang memang jadi lebih mudah melalui aplikasi. Kamu bisa menyusun kalimat yang ingin disampaikan secara tenang, tanpa perlu duduk berhadapan langsung dengan teman kencan. Biografi yang berisikan fakta menarik tentang diri kamu, juga bisa menjadi bahan obrolan menarik untuk menghindari obrolan ringan yang canggung. 

Selain itu, Viviane mengatakan, kencan online bisa jadi kesempatan mengenal satu sama lain lebih santai. Interaksi ini bisa menjadi dasar untuk hubungan yang lebih mendalam, tidak sekedar di permukaan saja. Dia menyebut mengenal seseorang secara online dengan pelan-pelan sebetulnya lebih menyehatkan.

Para introvert ini tidak terlalu terpengaruh oleh hormon mereka dan lebih realistis, tidak hanya melihat dari sisi baiknya saja. Hal ini tentunya juga dapat membantu mereka untuk mengenali red flags secara lebih baik.

Baca juga: Pahami 5 Makna Bahasa Tubuh Pasanganmu saat Kencan Pertama

Ketika memilh untuk saling tertarik dalam dating app, ini bisa menjadi permulaan untuk mengatasi rintangan berkencan yang kerap introvert alami dan menjadikannya sebagai rutinitas. Meskipun belum menemukan match yang cocok, selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari pertemuan tersebut dan diaplikasikan pada match selanjutnya. Apabila cocok dan menemukan pasangan di dating app, para introvert bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Sementara itu, Viviane membagikan 5 tips untuk menghadapi rintangan saat kencan online. Berikut di antaranya. 

1. Stop Pura-pura

Jadilah dirimu sendiri dan temukan seseorang yang menyukai diri kamu apa adanya. Media sosial memang memberikan kesan bahwa kamu harus selalu aktif, dengan hidup yang Instagrammable setiap saat. Namun sejatinya, dengan menjadi diri sendiri, kamu akan menemukan pasangan yang bisa menerima kamu apa adanya. 

2. Ungkap Hal yang Disukai dan Tidak Disukai

Tentukan dengan jelas apa yang kamu suka dan tidak suka. Sebagai contoh, ketika match kamu mengajak kamu pergi ke acara besar untuk kencan pertama, tetapi kamu tidak nyaman untuk nge-date ke tempat santai, maka komunikasikan hal tersebut dengan jelas dari awal dan pertahankan keinginanmu. Jangan memaksakan dan mengikuti arus yang nantinya merugikan kamu secara emosional.

3. Tanyakan Saja

Apabila khawatir kehabisan topik ketika mengobrol, banyak pertanyaan yang bisa kamu ajukan ke teman kencan online kamu. Misalnya, apa yang ingin kamu ketahui dari mereka, atau apa yang membuat mereka tertarik dengan diri kamu sejauh ini. Hal ini akan membuat obrolan kalian menarik, karena biasanya setiap orang akan suka membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan diri mereka.

4. Jangan Batalkan Kencan Tiba-tiba

Dalam psikologi, hal ini disebut dengan perilaku menghindar, yang memperkuat sisi insecurity kamu. Meskipun membutuhkan usaha dan harus meninggalkan zona nyaman, ada baiknya menghadapi rasa takut kamu. 

Kata kuncinya menurut Viviane adalah berlatih, berlatih dan berlatih! Ingat, saat di dunia nyata dan online, keselamatan kamu tetap nomor satu.

5. Ritual Sebelum Kencan

Untuk ke depannya, pikirkan satu ritual atau kebiasaan yang selalu kamu lakukan sebelum berkencan. Ritual ini akan berdampak positif terhadap mental dan meningkatkan rasa aman kamu. 

Viviane menyampaikan ritual bisa dalam bentuk kegiatan yang paling sederhana, seperti mandi untuk relaksasi atau menata rambut.  Mendengarkan lagu atau menelpon teman juga dapat memberikan efek yang menyenangkan, dan membantu kamu. Tidak ada batasan terhadap yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kamu, cari segala aktivitas yang dapat membuat kamu merasa nyaman dan menghilangkan kegugupan sebelum berkencan. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Brand Elektronik Lokal Kian Diminati, Ini Kelebihannya

BERIKUTNYA

Cerita Film Horor Mantra Surugana Terinspirasi dari Budaya Sunda Kuno

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: