Influencer dan fashion enthusiast Tantri Namirah. (Sumber foto: Instagram/tantrinamirah)

Inspirasi Gaya Layering Sesuai Gaya dan Fungsi

28 August 2023   |   18:44 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Gaya berpakaian dengan teknik layering menjadi salah satu konsep padu-padan yang banyak dipilih untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi, model berbusana satu ini bisa memberikan tampilan yang stylish bagi penggunanya, baik untuk gaya formal maupun kasual.

Lisqia Lalantika, Marketing Manager Uniqlo Indonesia menjelaskan, layering merupakan konsep berpakaian dengan mengenakan beberapa lapis baju mulai dari inner, mid-layer, hingga outer yang dikombinasikan dengan konsep minimalis.

Baca juga: 7 Tips Pilih Pakaian yang Cocok Saat Cuaca Panas

Para penggunanya bebas bereksplorasi dengan warna dan desain sehingga menampilkan gaya yang sesuai karakter dan mood penggunanya, baik untuk inspirasi gaya sehari-hari, berlibur, maupun untuk tampilan yang lebih formal.

Menurutnya, ada beberapa inspirasi gaya yang bisa dikenakan untuk model fesyen modern layering. Pertama yakni modern layering of style mewakili tampilan yang fresh dengan menggabungkan gaya yang berbeda menjadi satu tampilan pakaian. Konsep ini menciptakan gaya santai yang nyaman, tapi tetap stylish dengan perpaduan berbagai item esensial.

Kedua, modern layering of color and texture untuk menampilkan gaya yang sederhana tetapi elegan, memadukan berbagai koleksi dengan warna dan tekstur yang berbeda seperti pada koleksi rajut, flanel, wool hingga corduroy yang hangat dan dipadukan dengan warna gradasi tone-on-tone yang dirancang dengan apik.

Ketiga, modern layering of function yang mengedepankan aspek fungsionalitas sehingga nyaman untuk digunakan di setiap cuaca dan kondisi.
 

“Namun, untuk tampil dengan model layering ini, gunakan busana dengan bahan-bahan yang ringan sehingga lebih nyaman dikenakan seperti bahan katun atau rayon. Sebagai inner, bisa menggunakan t-shirt yang tipis tapi hangat,” tuturnya.

Adapun untuk padu padannya bagi pria bisa menggunakan kemeja dan celana work utility cargo yang dipadukan dengan jaket parka dan sweater.

Sementara itu, bagi wanita bisa mencoba padu padan gaun fleece rajut lengan panjang dengan berbagai outer seperti cardigan polo lengan panjang, atau rompi panjang dan sweater  lengan panjang. Selain itu, kombinasi blazer dengan rok panjang, blouse dan inner nuansa earth tone yang memberi kesan lebih casual.

Model layering tidak hanya nyaman digunakan dalam kegiatan santai tapi juga saat kalian ingin tampil lebih ekstra, seperti pasangan selebritas Haykal Kamil dan Tantri Namirah. Keduanya sepakat bila fesyen atau mode menjadi salah satu cara dalam mengekspresikan diri karena itulah dalam memilih pakaian, baik Haykal maupun Namirah benar-benar memperhatikan desain pakaian yang mereka kenakan.

Adapun untuk gaya berpakaian layering, maka hal pertama yang harus diperhatikan menurut Tantri adalah pemilihan bahan yang nyaman, terutama untuk inner. “Jakarta saat ini lagi panas-panasnya, maka cari yang dalamannya nyaman dengan bahan yang tipis dan mudah menyerap keringat,” tuturnya.
 

Kemudian untuk bagian luarnya bisa delayering dengan vest kemudian ditumpuk dengan blazer berukuran oversize. Kemudian untuk bagian bawahnya, Namirah tidak akan mengenakan rok karena akan memberikan siluet A-line tetapi dia akan memadupadankan dengan celana berukuran lebih slim sehingga terlihat lebih structure.

Senada disampaikan oleh Haykal yang menyarankan untuk memilih inner yang nyaman dan menyerap keringat dengan warna yang lebih terang dibandingkan dengan bagian luarnya. “Hindari penggunaan warna gelap karena tidak fresh di wajah, pakailah warna-warna cerah di bagian dalam termasuk warna putih agar tidak tenggelam,” tuturnya.

Adapun untuk outer seperti jaket atau blazer bisa memilih yang 1 ukuran lebih besar dari ukuran yang biasa digunakan. Misalnya jika sehari-hari ukuran baju M maka bisa memilih ukuran L sehingga dapat menutupi lekuk tubuh dan membuat lebih nyaman, terutama untuk pria yang perutnya lebih berisi.

Untuk bagian bawah, Haykal cenderung memilih untuk menggunakan celana chinos yang memberikan kesan semi formal. Sebab, sebagai seseorang yang sering tampil di depan layar maupun sebagai seorang pebisnis, Haykal merasa lebih pantas menggunakan gaya berpakaian semi formal sehingga cocok dipakai untuk berbagai suasana.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menelisik Perilaku Kaum Urban dalam Pameran Perangai Karya Perupa Ruth Marbun

BERIKUTNYA

Menang PMSL SEA Fall 2023, Alter Ego Ares Dapat Tiket ke PMGC 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: