pembukaan Perayaan Kawan Nusantara bertajuk

Tulola Hadirkan Ruang Seni dalam Perayaan Kawan Nusantara Bertajuk Angkasa dan Bumi

24 August 2023   |   19:06 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Brand perhiasan lokal Tulola Jewelry kembali menghadirkan perayaan Kawan Nusantara bertajuk Angkasa dan Bumi dengan menggandeng delapan brand produk UMKM Indonesia di Nusantara Ballroom, The Darmawangsa, Jakarta mulai tanggal 24 hingga 25 Agustus 2023.

Kedelapan brand yang dibawa tersebut juga memiliki spirit yang sama, yaitu mengangkat tema ke-Indonesiaan dan mampu membuat jembatan antara masa lalu dengan masa kini, terdiri dari industri lifestyle dengan kategori fashion, beauty, dan living.

Menariknya, dalam perayaan Kawan Nusantara yang memasuki kali ketiga ini, Tulola tidak hanya menampilkan berbagai karya produk tetapi juga menghadirkan ruang seni dengan menjalin kolaborasi dengan maestro Nyoman Nuarta, menampilkan salah satu mahakaryanya berupa instalasi patung bertajuk Dancing Queen II.

Seperti diketahui, Nyoman Nuarta merupakan seorang maestro seni patung Indonesia yang terpilih menjadi perancang desain Istana Presiden yang ada di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur. Beberapa maha karyanya yang fenomenal di antaranya patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Jimbaran, Bali dan Patung Jalasveva Jayamahe di Surabaya.

Selain itu Tulola juga menggandeng Rangga Djoned dan Sigit D. Pratama yang merespons kekaryaan dari Tulola dan merepresentasikannya ke dalam bentuk sebuah ruang instalasi sehingga para pengunjung bisa merasakan sensasi - sensasi dan pengalaman batin berinteraksi dengan ruang-ruang kreatif yang diciptakan.

Hasil karya tersebut kemudian dimaknai dengan pertunjukan seni sebagai pembukaan dengan pertunjukan yang dikoreografi oleh Josh Marcy, seorang seniman koreografer tari yang sering terlibat dalam project kolaborasi internasional.

Josh menciptakan sebuah performa bertajuk Ritus Semesta yang menampilkan gerak tari, musik, dan vokal sebagai peristiwa utuh dan meruang (imersif), serta interaktif, baik dengan instalasi ruang maupun dengan penonton yang hadir. Karya pertunjukan ini direspons oleh Dewi Gita, dan Jessica Yanuar.

Happy Salma, Founder sekaligus Creative Conceptor Tulola mengatakan, perayaan Kawan Nusantara ini diciptakan sebagai ruang eksplorasi untuk terus mempelajari apa yang telah diwariskan oleh leluhur.

“Kawan Nusantara tidak hanya perayaan penciptaan, tetapi juga perayaan kolaborasi. Setiap tahunnya, kami mewajibkan diri berkolaborasi dengan beberapa brand yang dikurasi bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Dewa Sri Luce Rusna sebagai Founder sekaligus Principal Designer dan Creative Director Tulola mengatakan tema Angkasa dan Bumi diangkat sebagai konsep dari dualitas yakni dua hal yang kontras tetapi saling berpaut.

Baca juga: Terinspirasi Pelukis Emiria Soenassa, Tulola Luncurkan Koleksi Artwear Anyar

“Hubungan antara dunia yang fisik [kenyataan] dengan energi [angan-angan, imajinasi, kreativitas] termanifestasikan menjadi keindahan. Kami ingin membawa Sahabat Tulola untuk menyelami perasaan-perasaan yang magis namun sekaligus membumi, lewat koleksi perhiasan terpilih Tulola dan instalasi yang dihadirkan selama acara,” jelasnya.
 

koleksi perhiasan Tulola (sumber gambar : Dewi Andriani)

koleksi perhiasan Tulola (sumber gambar : Dewi Andriani)


Pada momen ini, Tulola meluncurkan koleksi Artwear terkininya bertema Kawan Nusantara 2023, terdiri dari 17 items berupa anting, kalung dan gelang yang memadukan kepiawaian pekerjaan tangan dengan teknik seni perhiasan adiluhung Nusantara. Dalam koleksi ini menggunakan motif-motif yang diberi nama - Esa, Leluhur, Salam Nuswantara, Wijaya Kusuma, dan Serumpun.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Begini 5 Cara Antisipasi Kualitas Udara yang Kian Memburuk

BERIKUTNYA

Kenalan dengan 11 Karakter di Serial Gen V, Spin-off The Boys yang Tayang di Prime Video

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: