Cuplikan film Before, Now & Then (Nana)-Sumber gambar: Fourcolours Films

Film Before, Now & Then (Nana) Tayang di Prime Video Mulai Hari Ini

01 August 2022   |   15:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah melanglang buana ke berbagai negara, film Before, Now & Then (Nana) akhirnya bisa bertemu dengan penonton di Tanah Air. Film yang dibintangi oleh Happy Salma dan Laura Basuki itu telah tayang di platform streaming Amazon Prime Video mulai hari ini, Senin (1/8/2022). Hal itu diumumkan oleh Fourcolours Films melalui akun Instagram resminya.

"Akhirnya yang dinantikan datang juga! Senang sekali untuk menyampaikan, bahwa mulai hari ini film Before, Now & Then sudah tayang di Prime Video. Nikmat rasa di hati, akhirnya pertemuan Nana dengan kalian bisa terjadi. Sudah saatnya kalian menjadi saksi perjalanan Nana menemukan makna kebebasannya sendiri. Semoga kisah Nana bisa menjadi refleksi kehidupan kalian," tulis Fourcolours Films dikutip Hypeabis.id.

Diadaptasi dari kisah hidup Raden Nana Sunani dalam penggalan novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran, film Before, Now & Then (Nana) berkisah tentang Nana yang tidak bisa lepas dari masa lalunya. Berlatar tahun 1960-an, Nana hidup miskin dan kehilangan keluarganya akibat perang di Jawa Barat. Nana pun menikah lagi dan memulai hidup baru.

Baca juga: Resmi Rilis di Indonesia, Amazon Prime Video Buka Rincian Konten Perdana

Suami barunya yang begitu kaya membuat Nana sering dipandang rendah oleh kerabat suaminya. Nana menderita dalam diam hingga dia bertemu dengan salah satu perempuan simpanan suaminya, Ino.

Hidup Nana pun berubah. Ino adalah seseorang yang bisa dia percaya, seseorang yang menawarkan kenyamanannya dan tempat dia menceritakan rahasia, masa lalu, dan masa sekarang. Bersama-sama, kedua wanita itu menemukan harapan akan kebebasan baru.
 

Before, Now & Then (Nana) adalah kisah seorang wanita yang menjadi korban era, perang, politik, pemberontakan dan kehidupan sosial patriarki yang ingin menemukan makna kebebasannya sendiri sebagai seorang wanita,” kata sutradara Kamila Andini dikutip dari Screen Daily.

Diproduseri Ifa Isfansyah dari Fourcolours Films dan Gita Fara, film ini merupakan kolaborasi dengan Titimangsa Foundation yang memenangkan dukungan Dana Pasca Produksi Purin Pictures dan Penghargaan CJ & ENM di Asian Project Market yang diselenggarakan oleh Busan International Film Festival 2021.

Adapun, selain Happy Salma dan Laura Basuki, film ini juga dibintangi oleh sederet aktor kenamaan Tanah Air seperti Arswendy Bening Swara, Ibnu Jamil, Rieke Diah Pitaloka, Arawinda Kirana, Chempa Puteri, dan Risma Nilawati.


Diputar di Berbagai Festival Internasional

Sebelum resmi ditayangkan, film Before, Now & Then (Nana) telah tayang secara perdana di program kompetisi utama 72nd Berlin International Film Festival (Berlinale) 2022 pada 12-20 Februari 2022. Film itu pun mendapatkan sambutan hangat di Berlinale, dimana sekitar 600 tiket habis terjual dalam penayangan perdananya.

Selain tayang secara world premiere, film Before, Now & Then (Nana) juga turut bersaing dengan 17 film lainnya untuk mendapatkan Golden dan Silver Bears di Berlinale. 

Dalam kompetisi film bergengsi itu, aktris Laura Basuki yang berperan sebagai Ino, pun berhasil menyabet penghargaan Silver Bear, salah satu penghargaan tertinggi festival Berlinale, untuk kategori Pemeran Pendukung Terbaik.

Selain tayang di festival Berlinale, Before, Now & Then (Nana) juga ditayangkan di beberapa festival film internasional lainnya seperti Sydney Film Festival dan Taipei Film Festival pada Juni 2022.

Baru-baru ini, film solo keempat besutan Kamila Andini itu juga berhasil meraih Jury Prize International Competition dari Brussels International Film Festival 2022. International Competition adalah program utama dalam festival ini yang memutarkan film-film box office masa depan yang datang, melalui festival penjuru dunia seperti Cannes, Venice, dan Berlin, serta diputar untuk pertama kalinya di Belgia.
 


Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Komunitas Salihara Berseni Kembali lewat Musim Seni Salihara 2022

BERIKUTNYA

Wajib Tahu, Ini 5 Aplikasi untuk Membuat Katalog Produk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: