Netflix (Sumber Foto: Unsplash)

Netflix Rilis Aplikasi Gaming Controller di App Store, Sekarang Bisa Main Game di TV

11 August 2023   |   17:28 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Netflix baru saja meluncurkan Netflix Game Controller di App Store. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bermain game Netflix yang dikontrol lewat smartphone atau tablet di layar kaca televisi. Sampai saat ini, perangkat lunak itu hanya tersedia untuk produk iOS dan iPadOS. 

Pengguna dapat memanfaatkan smartphone atau tablet mereka sebagai controller, sementara gim akan dimainkan di TV melalui aplikasi Netflix. Software Gaming Controller tersebut memiliki layout berupa stick navigasi di sisi kiri dan tombol A-B-X-Y di kanan, lalu ada tombol Netflix dan menu di bagian tengah. 

Baca juga: Selain Armored Core VI, Ini 4 Game Rilis Agustus 2023 yang Paling Ditunggu

Mengutip Gizmochina, 2 tahun belakangan ini Netflix aktif menyasar pasar gaming dengan menghadirkan sejumlah judul permainan yang tersedia untuk pelanggan premium mereka. Awalnya koleksi gim Netflix masih sedikit, tapi seiring waktu kian bertambah sampai saat ini hampir 50 lebih.

Salah satu gim populer di Netflix adalah Oxenfree II: Lost Signals buatan developer Night School Studio. Ada juga Asphalt Xtreme, Desta: The Memories Within, Dust & Neon, Into The Breach, Into The Dead 2: Unleashed, Lucky Luna, Mighty Quest Rogue Palace, Moonlighter, dan lainnya.

Nantinya ada juga sejumlah gim yang akan ditambahkan seperti Storytellers, Paper Trail, seri Monument Valley, bahkan gim dari seri Assassin's Creed dan LEGO yang dipastikan segera hadir. 

Dilansir dari Techcrunch, Mike Verdu selaku Wakil Presiden Pengembangan Game Netflix memaparkan bahwa saat ini perusahaannya memang sedang menjajaki penawaran cloud gaming. Dia juga menyatakan bahwa perusahaan akan membuka studio gim baru di California Selatan yang dipimpin oleh Chacko Sonny, mantan produser eksekutif Overwatch di Blizzard Entertainment.

Dia juga meyakinkan bahwa langkah Netflix menjajaki pasar gaming bukan sebagai pesaing di kelas yang sama dengan PlayStation atau Xbox. Menurutnya, kehadiran gim di sebuah aplikasi platform streaming film merupakan nilai tambah.

"Kami tidak akan meminta orang untuk berlangganan Netflix sebagai pengganti gim konsol,” kata Verdu.

Sejauh ini memang gim yang dihadirkan di Netflix tergolong ringan dan kasual, tapi tentu akan butuh teve, prosesor, dan RAM yang memadai supaya dapat memainkannya dengan lancar. Kemungkinan Netflix juga akan menghadirkan spesifikasi minimum untuk TV yang dapat memainkan gim di platform mereka.

Namun, lain halnya apabila Netflix menggunakan sistem berbasis cloud untuk mengakses gimnya di perangkat televisi. Dengan begitu, beban kerja yang harus ditanggung oleh TV tersebut hanya sebatas untuk streaming saja. 

Meski begitu sampai saat ini belum diketahui kapan gim untuk TV tersebut akan dirilis. Namun, dipastikan waktunya tidak lama lagi. Selain itu, masih belum diketahui apakah Gaming Controller dari Netflix tersebut akan hadir juga di perangkat Android atau tidak. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Tayangan Netflix Agustus 2023, Jangan Lewatkan One Piece!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Stephen Howard, Legenda NBA dari Masa Michael Jordan yang Sambangi Jakarta

BERIKUTNYA

Resep Croissant yang Empuk & Renyah, Cocok Disantap dengan Kopi atau Susu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: