Erick Thohir memakai baju tokoh Boedi Oetomo. (Sumber gambar : Instagram/Erick Thohir)

Intip Makna Baju Erick Thohir yang Bikin Penasaran Menteri Basuki

17 August 2023   |   19:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali jadi sorotan. Kali ini, tingkah jenakanya terekam kamera saat upacara pengibaran bendera HUT RI ke-78 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). 
 
Ketika semua orang fokus mendengar lantunan lagu Andika Bhayangkari pasca Bendera Merah Putih dikibarkan, Basuki terlihat sibuk mengoreksi pakaian yang dikenakannya. 

Setelah mengecek bajunya, dia tampak menengok busana yang dipakai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang berada tepat di sebelahnya. Basuki lantas menyingkap bagian bawah jas krem yang dipakai Erick dan memperlihatkan sabuk yang dikenakannya. Sontak saja aksi tersebut membuat Erick terkejut dan dia tertawa kecil melihat tingkah iseng Basuki. 

Baca juga Cantiknya Iriana Jokowi Memakai Baju Adat Tari Legong Bali, Intip Filosofi & Sejarahnya

Tingkah Basuki ini ternyata diperhatikan istrinya, Kartika Nurani. Dia terlihat menegur dengan menyenggol tangan suaminya itu. Sementara wajah Basuki tampak polos seperti tidak terjadi apa-apa. 

Rekaman aksi lucu Basuki ini langsung diposting ulang Erick dalam laman Instagramnya. Dia menuliskan ‘Hidup sedang capek-capeknya.. Eh, upacara sebelahan sama Pak Bas”. 

“Kalo Pak Bas diem anteng berarti ada yang salah,” tulisnya yang langsung mengundang belasan ribu komentar warganet. 

Kepada awak media, Basuki mengaku penasaran dengan baju yang dikenakan Erick. Dia menyebut Erick sempat menyampaikan pada upacara pengibaran bendera tadi tengah memakai baju Budi Utomo. 

Basuki emakin penasaran, lantaran baju yang dikenakan Erick hanya menggunakan satu peniti. Dia juga ingin memastikan bahwa baju yang dikenakan Erick benar baju model Budi Utomo bukan baju adat Jawa. 
 

Baju Boedi Oetomo Erick Thohir


Dalam laman Instagramnya, Erick menyampaian bahwa baju yang dipakai untuk upacara bendera di Istana Merdeka hari ini terinspirasi dari organisasi pergerakan pertama Boedi Oetomo. Organisasi yang didirikan para pemuda terpelajar Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputera atau dikenal dengan STOVIA.

Pada bagian atas, Erick mengenakan jas berwarna krem muda dengan kemeja putih dan dasi putih di bagian dalam. Sementara itu, dia menggunakan kain batik motif parang sebagai bawahan. Tampilannya dilengkapi blangkon sebagai penutup kepala.

Erick menyebut Boedi Oetomo menjadi awal era nasionalisme Indonesia yang kelahirannya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. “Sebagai seorang Boedi Oetomo, saya ingin Indonesia tak hanya dewasa dalam usia, juga bangkit bersama rakyatnya,” tuturnya. 

Usia ke-78 menurut Erick menjadi momentum penting bangsa Indonesia dalam menyambut lonjakan demografi anak muda. Putra-putri pergerakan di era modern yang diharapkan mewariskan semangat juang Boedi Oetomo. 

“Kita semua yang peduli pada nasib bangsa ini, kita semua yang ingin menentukan nasib bangsa sendiri, kita semua yang bekerja keras demi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan,” tuturnya.

Baca jugaMenang Kostum Terbaik, Filosofi Baju Ksatria Minahasa yang Dipakai Kaesang Bikin Merinding

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Berikut Sejumlah Tantangan yang Dihadapi Bisnis Peternakan Sapi & Kerbau

BERIKUTNYA

Ini Filosofi Busana Pria Khas Jawa Yang Dikenakan Nicholas Saputra pada HUT RI ke-78

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: