Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh 11 orang dalam satu tim (Sumber gambar: pexels/ pixabay)

Intip Yuk Dua Profil Calon Ketua Umum PSSI Ini

16 January 2023   |   11:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Persepakbolaan nasional diramaikan oleh bursa calon Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), menyusul bakal berakhirnya masa jabatan pengurus periode 2019-2023 pada Februari tahun ini. Dua nama figur mengemuka dalam proses pendaftaran calon Ketua PSSI tersebut, Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti. 

Sebagai informasi, Mochamad Iriawan yang menjabat ketua umum PSSI pada 2019 – 2023, dalam laman PSSI, memutuskan untuk tidak maju lagi sebagai calon ketua umum dalam Kongres Luar biasa (KLB) nanti. “Insya Allah, KLB akan menghasilkan pemimpin baru pada Februari nanti,’’ katanya.

Baca juga: Ini Alasan Gareth Bale Pensiun Sebagai Pesepak Bola Profesional di Usia 33 Tahun

Dia menambahkan akan mengakhiri masa bakti sebagai ketua umum ketika jabatannya berakhir. Meskipun begitu, dia akan tetap bekerja dan mengawal proses KLB agar dapat terlaksana dengan aman, nyaman, dan lancar bagi para pemilih.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini meminta organisasi dan para pemilih untuk menjaga agar kondisi tetap kondusif dalam satu bulan ke depan menjelang kongres.

Terkait dengan calon ketua umum baru PSSI, dilansir dari Bisnis.com, Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti adalah dua orang yang akan mencalonkan diri sebagai ketua umum organisasi tertinggi sepak bola Indonesia periode 2023 – 2027.

Dirangkum oleh Hypeabis.id, berikut profil kedua calon ketua umum PSSI tersebut:


Erick Thohir

Nama Erick Thohir mungkin sudah tidak asing lagi bagi publik di dalam negeri mengingat saat ini pria kelahiran Jakarta pada 1970 silam adalah seorang menteri dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo. Erick, begitu kerap disapa, menjabat sebagai menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sebelum menjadi menteri, Erick juga dikenal oleh banyak orang sebagai seorang pengusaha. Bahkan, namanya lebih dahulu diketahui oleh masyarakat di Indonesia sebelum menjadi pembantu presiden Joko Widodo dalam menjalani roda pemerintahan.

Nama Erick pernah menjadi perbincangan masyarakat saat memiliki klub tenar asal Seri A Italia, yakni Football Club Internazionale Milano atau yang juga dikenal oleh banyak orang di dalam negeri bernama klub Inter Milan.

Saat itu, dia menjadi presiden Inter Milan dengan memiliki saham sebesar 70 persen. Tiga tahun berselang atau pada 2016, dia melepaskan kepemilikannya sebesar 39 persen ke Suning Group, dan kembali melepaskan sisanya ke Lion Rock pada 2019.

Inter Milan bukan satu-satunya tim sepak bola yang pernah dimiliki oleh Erick. Dia juga tercatat pernah menjadi bagian dari pemilik DC United yang berada di Major League Soccer (MLS), Amerika Serikat; Oxford United; dan Persis Solo.


La Nyalla Mattalitti

La Nyalla Mattalitti adalah calon lain dalam bursa perebutan kursi nomor satu di PSSI untuk periode 2023 – 2027. Pria yang lahir di Jakarta pada 1959 silam bukan nama baru dalam industri sepak bola di dalam negeri.

La Nyalla yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) masa jabatan 2019 – 2024 itu pernah menjabat sebagai ketua umum PSSI pada periode 2015 – 2016. Sebelum menjabat sebagai ketua umum, dia mendapatkan amanah sebagai wakil ketua umum PSSI dari 2013 sampai 2015. 

Tidak hanya itu, dia juga pernah mendapatkan kepercayaan sebagai ketua Badan Tim Nasional Sepak bola di PSSI. Selain olahraga sepak bola, dia juga menjadi bagian dalam olahraga Muay Thai. Pada tahun lalu, dia terpilih menjadi Ketua Umum PB Muay Thai Indonesia untuk periode 2022 - 2026.

Baca juga: 8 Cedera yang Kerap Dialami Pemain Sepak Bola

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

3 Resep Olahan Edamame yang Sehat & Lezat

BERIKUTNYA

ECHO Esports Juara M4 World Championship, Sapu Bersih Blacklist International

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: