Ilustrasi orang menggunakan masker di luar ruangan (Sumber foto: Unsplash/Max Bender)

6 Cara Mengurangi Dampak Negatif Polusi Udara, Salah Satunya Balik Pakai Masker

15 August 2023   |   16:20 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

4. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur juga dapat menjadi cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat dan mengurangi dampak polusi udara. Olahraga yang dilakukan sebaiknya di dalam ruangan jika daerah yang ditinggali memiliki indeks kualitas yang buruk. 

Dengan berolahraga, maka kinerja jantung dan paru-paru akan lebih keras guna menyalurkan oksigen tambahan yang dibutuhkan. Kondisi ini dapat membuat fungsi organ tersebut meningkat dan bekerja lebih efisien dalam memasukkan oksigen dan membuang karbondioksida. 
 

5. Menghindari Kebiasaan Merokok 

Kalian juga bisa meminimalisir dampak buruk polusi dengan menghindari kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok. Saat kondisi udara sedang baik, merokok dapat membuat paru-paru menjadi tidak baik.

Dengan kondisi udara yang tidak sehat, merokok berpotensi memperparah kondisi paru-paru. Merokok merupakan kegiatan yang berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain dalam waktu singkat atau panjang. Di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh 
 

6. Menggunakan Masker

Cara lainnya untuk mengurangi dampak polusi udara bagi kesehatan adalah dengan menggunakan masker. Genhype perlu memakainya ketika berjalan kaki, berkendara dengan menggunakan roda dua, atau kendaraan yang tidak dilengkapi sistem pengatur suhu ruangan.

Tidak hanya itu, masker juga diperlukan ketika berada di area dengan banyak cerobong asap dari aktivitas industri. Masker yang dapat digunakan adalah yang memiliki kemampuan menyaring partikel polutan dengan baik.

Baca juga: 10 Kota dengan Udara Terbersih di Dunia, Langitnya Enggak Berpolusi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Membaca Denyut Seni Rupa Indonesia di Balik Pameran Piknik 70-an di Galeri Nasional

BERIKUTNYA

ARCH:ID 2024 Siap Digelar Tahun Depan, Arsitektur Inklusif jadi Tajuk Utama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: