Vancouver, Kanada, salah satu kota terbersih di dunia (Sumber foto: unsplash/mike-benna)

10 Kota dengan Udara Terbersih di Dunia, Langitnya Enggak Berpolusi

15 August 2023   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta kini disorot karena kualitas udaranya yang terus memburuk. Di belahan dunia lain, ada sejumlah kota yang dilirik lantaran kualitas udara mereka dianggap paling bersih. Tak perlu pakai masker dan enggak usah khawatir dengan sakit pernapasan. 

Berdasarkan laman Iqair.com, kota denga indek kualitas udara dikatakan bagus jika memiliki nilai dari 0 sampai 50. Kemudian, sebuah kota di sebuah negara dinyatakan memiliki udara yang sedang saat memiliki nilai 51 – 100.

Baca juga: Capai Nilai 174, Kualitas Udara DKI Jakarta Hari Ini Masuk Kategori Tidak Sehat

Saat ini, terdapat kota-kota di dunia yang memiliki kualitas udara dengan nilai bagus. Angka indeks yang dimiliki kota itu tersebut bahkan tidak mencapai puluhan. Kondisi udara yang bagus tersebut membuat penduduknya memiliki potensi rendah menderita penyakit yang diakibatkan oleh polusi udara seperti infeksi saluran pernapasan atas.

Berikut daftar dengan indeks kualitas udara bagus atau paling bersih yang dilihat pada pukul 11.54  dari laman Iqair dan sumber lainnya.


1.Kyoto, Jepang

Kyoto adalah kota dengna udara paling bersih di dunia dalam daftar Iqair. Kota ini tercatat memiliki indeks kualitas udara dengan nilai 4. Kota tersebut tercatat memiliki sejumlah tingkatan yang harus dilakukan oleh setiap elemen guna memiliki udara dan lingkungan yang baik untuk masyarakat, bisnis, dan turis.

Di tingkat masyarakat, mereka meningkatkan minat dan memperdalam pemahaman tentang isu-isu pemanasan global. Pada saat yang sama, mempraktikkan kegiatan hemat sumber daya dan energi, memanfaatkan energi terbarukan, dan menggunakan produk dan layanan hemat sumber daya dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
 

2. Oslo, Norwegia

Ibu Kota Norwegia ini menjadi kota dengan peringkat kedua terbersih di dunia dalam data Iqair. Kota ini memiliki nilai indeks kualitas udara 8. Kendaraan tanpa emisi disebut memainkan peran penting dalam strategi kota untuk mengurangi setara CO2 sebesar 95 persen pada 2030 dan pejabat kota mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. 

Negara memberikan sejumlah manfaat bagi pengemudi kendaran listrik seperti pengurangan pajak, akses ke jalur bus dan taksi, perjalanan gratis di jalan tol dan feri umum, dan parkir kota gratis. Lebih dari 1.000 stasiun pengisian telah ditambahkan dalam beberapa tahun terakhir. .
 

3. Osaka, Jepang

Di posisi tiga kota dengan tingkat udara paling bersih adalah Osaka di Jepang. Kota ini berhasil memiliki indeks kualitas udara bersih dengan nilai 9. Pemerintah Kota Osaka memiliki visi menjadikannya sebagai kota berwawasan lingkungan yang berkontribusi pada pencapaian SDGs, dengan berupaya mewujudkan masyarakat terdekarbonisasi, membentuk masyarakat berbasis daur ulang, mengamankan lingkungan perkotaan yang nyaman, dan berkontribusi pada global melalui pendekatan yang mengandalkan keterlibatan dan kolaborasi semua pemangku kepentingan.
 

4. Birmingham, Inggris

Birmingham menjadi kota yang juga memiliki kualitas udara paling bersih. Kota di Inggris ini memiliki indeks kualitas udara dengan nilai 10. Kota ini memiliki sejumlah strategi untuk membuat udara menjadi bersih. Salah satu di antaranya adalah kebijakan yang mengatur usia maksimum kendaraan. Langkah ini untuk menerapkan zona udara bersih. Selain itu, mereka juga telah mengurangi emisi taksi hitam dengan memasang mesin berbahan balar gas cair.
 

5. San Francisco, AS

Di posisi lima ada kota San Francisco yang berhasil memiliki indeks kualitas udara senilai 12. Dengan indeks tersebut, maka salah satu kota di Amerika Serikat ini menjadi salah satu kota dengan udara paling bersih. Salah satu cara kota ini memiliki udara yang bersih adalah dengan mengatur transportasi, seperti mengutamakan angkutan umum, mendorong masyarakat untuk berjalan kaki, bersepeda, dan sebagainya. Selain itu, mereka juga berusaha mengurangi kemacetan yang terjadi di jalan raya sebagai salah satu cara membuat kondisi udara membaik.


6. Kobe, Jepang

Di posisi enam ada Kota Kobe dari Jepang yang menjadi salah satu kota paling bersih di duna. Kota ini berhasil meraih indeks kualitas udara sebesar 12. Kobe adalah ibu kota Prefektur Hyogo. Terjepit di antara pegunungan Rokko di utara dan Laut Pedalaman Seto di Selatan, kota ini diberkahi dengan iklim sejuk secara keseluruhan dengan rata-rata 17,0C (62,6F) dengan empat perubahan musim.


7. Vancouver BC, Kanada

Vancouver BC di Kanada menjadi kota lainnnya yang masuk dalam daftar kota dengan udara paling bersih. Kota ini memiliki indeks kualitas udara senilai 14. Berbagai strategi dijalankan oleh kota ini guna memiliki udara yang bersih. Salah satunya memastikan warga Kanada menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi dengan menerapkan aturan seperti bahan bakar bersih yang membatasi komponen penyebab timbal.


8. Canberra, Australia

Kota di Australia ini juga menjadi salah satu kota dengan udara paling bersih di dunia dalam daftar Iqair. kota ini memiliki nilai indeks kualitas udara sebesar 14. Salah satu cara kota ini untuk mengurangi polusi udara adalah dengan mendorong warga mengurangi penggunaan pemanas dengan membakar kayu yang merupakan penyumbang polusi udara terbesar. Kemudian, pemerintah juga memberikan insentif bagi warga yang mengganti pemanasnya ke pemanas listrik.

Baca juga: Polusi Udara Bisa Mengancam Kesehatan Pencernaan, Kok Bisa?
1
2


SEBELUMNYA

Pentingnya Relaksasi untuk Kesehatan Fisik, Mental, dan Emosional

BERIKUTNYA

Rilis 25 Agustus, Cek Bocoran Spesifikasi MatePad 11.5 yang Diklaim Murah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: