Salah satu adegan dalam film Oppenheimer (Sumber gambar: Universal Pictures)

Oppenheimer Sukses Jadi Film Sejarah Perang Dunia II Terlaris Sepanjang Masa

14 August 2023   |   18:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film biografi tentang bapak bom atom, yakni Oppenheimer terus mencatatkan prestasi apiknya. Setelah berhasil tembus dalam deretan film paling laris dalam Box Office 2023, karya sinema arahan sutradara Christopher Nolan itu menjadi film Perang Dunia II terlaris sepanjang sejarah.

Data Box Office Mojo menunjukkan bahwa Oppenheimer pada saat ini diperkirakan memiliki penghasilan kotor sebesar US$649,03 juta di seluruh dunia. Kinerja ini membuatnya menduduki peringkat enam besar mengalahkan Mission : Impossible – Dead Reckonging Part One, The Little Mermaid, dan Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Baca juga: Rekomendasi Film tentang Bom Hiroshima & Nagasaki, Cocok Ditonton Setelah Oppenheimer

Di pasar domestik Amerika, film dengan bintang utama Cillian Murphy itu juga berada di peringkat kedua dengan penghasilan terbanyak setelah Barbie. Pada 11 – 13 Agustus, Oppenheimer mampu mencatatkan perkiraan pendapatan kotor sebesar US$18,8 juta.

Dikutip dari ScreenRant, pendapatan yang diraih oleh Oppenheimer menjadikannya sebagai film tentang Perang Dunia II dengan penghasilan kotor tertinggi sepanjang masa.

Oppenheimer bahkan disebut mengalahkan film Nolan bergenre sejarah Perang Dunia II lainnya, Dunkirk (2017), yang tercatat meraih US$527,02 juta dari seluruh dunia selama penayangannya. Karya ini bercerita tentang tentara sekutu yang berasal dari Belgia, Inggris, dan Prancis yang terkepung oleh tentara Jerman dalam Perang Dunia II.
 

Proses syuting Oppenheimer. (Sumber foto: Universal Pictures)

Proses syuting Oppenheimer. (Sumber foto: Universal Pictures)

Selain itu, Oppenheimer juga tercatat mengungguli pendapatan film berjudul Saving Private Ryan karya Sutradara Steven Spielberg. Film yang rilis pada 1998 itu berhasil meraih pendapatan kotor sebesar US$482,35 juta.

Saving Private Ryan bercerita tentang perintah untuk menyelamatkan prajurit bernama Ryan lantaran seluruh saudara laki-laki Ryan telah terbunuh dalam peperangan. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Tom Sizemore, Edward Burns, Barry Pepper, dan Matt Damon.

Sementara itu, dirangkum dari berbagai sumber, Oppenheimer juga tercatat mengalahkan film tentang Perang Dunia II lainnya seperti Hacksaw Ridge (2016), Schindler’s List (1993), dan Inglourious Basterds (2019).

Schindler’s List bercerita tentang tentara Jerman bernama Schindler yang berusaha menyelamatkan orang-orang Yahudi dari penganiayaan yang dilakukan oleh Nazi selama pendudukan di Polandia pada Perang Dunia II. Film yang diangkat dari kisah nyata dan disutradarai Steven Spielberg tersebut berhasil meraih US$322,16 juta dari seluruh dunia.

Sementara itu, Inglourious Basterds (2009) merupakan film lainnya yang juga menjadi paling laris tentang Perang Dunia II dengan perkiraan pendapatan kotor sebesar US$321,46 juta.

Film ini bercerita tentang rencana pembunuhan para pemimpin Nazi oleh sekelompok tentara Yahudi di Prancis. Pada saat itu, Nazi berhasil menduduki Prancis selama Perang Dunia II. Selain tentara Yahudi, pemilik sebuah teater di negara itu juga memiliki rencana yang sama lantaran dengan dengan tentara Nazi.

Film Hacksaw Ridge yang rilis pada 2016 menjadi film lainnya yang juga digemari oleh para pencinta film tentang Perang Dunia II. Karya ini tercatat berhasil meraih US$180,56 juta di seluruh dunia.

Karya ini bercerita tenang petugas medis Angkatan Darat Amerika pada Perang Dunia II bernama Desmond T. Doss yang menolak membunuh orang dalam pertempuran Okinawa.

Sang petugas medis menjadi orang pertama dalam sejarah Amerika yang memperoleh penghargaan Medal of Honor tanpa melesatkan peluru yang ada di dalam senjatanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Kue Lamington Khas Australia, Bolu Lembut Berlapis Cokelat dan Kelapa Parut

BERIKUTNYA

Menelisik Corak Garis & Alam Pikir Pelukis Sudarso

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: