Poster film Barbie dan Oppenheimer (Sumber: themoviedb.org)

Mengenal Istilah Barbenheimer yang Viral, Ketika Film Barbie & Oppenheimer Rilis Berbarengan

17 July 2023   |   10:36 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Like
Pada 21 Juli 2023, Warner Brothers dan Universal Studios akan merilis film yang dinanti-nantikan oleh penggemarnya pada hari yang bersamaan, tidak lain adalah Barbie dan Oppenheimer. Keduanya punya genre yang saling bersebrangan, tapi kedua fan menyambutnya dengan positif dan menggaungkan istilah Barbenheimer. 

Kini, istilah Barbenheimer telah menyebar di internet melalui meme hingga artwork yang dibuat oleh para penggemar. Barbenheimer menggambarkan bagaimana kedua film yang kontras garapan sutradara terkenal Greta Gerwig dan Christopher Nolan itu bisa dinikmati dalam satu hari pada akhir pekan nanti.

Baca juga: Teaser Terbaru Barbie Tampilkan Margot Robbie dan Ryan Gosling Siap Masuki Dunia Nyata
 

Poster "Barbenheimer" karya warganet dengan akun Twitter @ThatTallGinger

Poster "Barbenheimer" karya warganet dengan akun Twitter @ThatTallGinger


Reaksi Para Aktor dan Aktris

Konsep Barbenheimer tampaknya disambut baik dan disukai oleh para aktor dari kedua film. Dalam wawancara dengan IGN, aktor Cillian Murphy yang bermain di film Oppenheimer mengatakan bahwa dia tidak akan melewatkan film adaptasi dari waralaba mainan populer tersebut.  “Aku akan menonton Barbie. Aku tak sabar untuk menontonnya!" katanya. 

Dia pun menganggap bahwa kehadiran dua film yang paling dinantikan pada hari yang sama adalah hal yang baik untuk industri perfilman maupun penonton.
 
Di sisi lain, aktris Margot Robbie yang memerankan Barbie dan Greta Gerwig sang sutradara pun menunjukkan dukungan mereka terhadap film Oppenheimer. Dalam suatu postingan aku twitter @barbiethemovie, tampak keduanya berfoto sembari menunjukkan tiket film Oppenheimer.
 

Margot Robbie dan Greta Gerwig menonton film "Oppenheimer" (Sumber: Twitter/@barbiethemovie)

Margot Robbie dan Greta Gerwig menonton film "Oppenheimer" (Sumber: Twitter/@barbiethemovie)


Membangkitkan Kembali Daya Tarik Bioskop

Sejak pandemi, kegiatan menikmati film kian bergeser ke platform video streaming. Christopher Nolan, sutradara dari film Oppenheimer, menganggap tanggal rilis film Barbie dengan film garapannya yang jatuh di hari bersamaan sebagai hal yang positif. 

Dilansir dari IGN, Nolan mengatakan, “Menurutku, untuk mereka yang peduli pada film, kita telah menunggu-nunggu agar pasar ramai lagi, dan akhirnya kita melihat keseruan ini lagi, sangat menarik.” 


Galau Menentukan Urutan Menonton? Pertimbangkan Ini!

Fenomena Barbenheimer ini juga menimbulkan kebingungan penonton untuk menentukan film mana yang sebaiknya disaksikan terlebih dahulu. Bagaimanapun, keputusan itu akan bergantung pada mood seperti apa yang ingin kamu miliki begitu keluar dari bioskop. 

Kepada Wired, Nolan mengungkapkan bahwa Oppenheimer telah membuat para penonton merasa hancur dan tak bisa berkata-kata. Berdasarkan pertimbangan itu, menonton Barbie setelahnya menjadi keputusan yang tepat jika kamu ingin mengubah perasaan yang ditimbulkan setelah menonton film garapannya tersebut. 

Baca juga: Digarap Tanpa CGI, Cek 5 Fun Fact Film Oppenheimer Karya Christopher Nolan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Wirausahawan Pemula Memulai Bisnis Waralaba Bermodal Kurang Dari Rp10 juta

BERIKUTNYA

Dokter Terdiagnosis Vitiligo Pasca Konsumsi Suplemen MLM, Cek Gejala & Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: