Oppenhiemer akan dirilis 23 Juli 2023. (Sumber gambar: Universal Pictures)

Film Oppenheimer Karya Christopher Nolan Rilis Teaser 1 Tahun Jelang Premiere

22 July 2022   |   16:23 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dijadwalkan untuk rilis tepat satu tahun dari sekarang, drama epik karya sutradara Christopher Nolan, Oppenheimer, telah memasuki masa post production. Film biopik tentang pencipta bom atom itu juga baru saja baru saja merilis poster pertamanya, setelah menungkapkan visual aktor Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer.

Kolaborasi Nolan dan Murphy turut dilengkapi dengan kehadiran aktor dan aktris Hollywod kenamaan lain seperti Robert Downey Jr., Matt Damon, Emily Blunt, Florence Pugh, Rami Malek, Benny Safdie, Josh Hartnett, Dane DeHaan, Jack Quaid, Matthew Modine, Alden Ehrenreich, David Krumholtz, Kenneth Branagh, Gary Oldman, Casey Affleck, dan Michael Angarano.

Selain itu, menyusul kolaborasinya dengan Jordan Peele, sinematografer Hoyte Van Hoytema kini kembali dengan Nolan memproduksi film format besar IMAX 65mm dan format 65mm.

Baca Juga: Siap-siap, One Piece Film: Red Bakal Tayang di Indonesia September 2022

Film Oppenheimer didasarkan dari buku Kai Bird dan Martin J. Sherwin berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer, yang mengeksplorasi perkembangan bom atom selama Perang Dunia II. 
 

"Epik itu mendorong penonton ke dalam paradoks yang mendebarkan dari pria misterius yang harus mengambil risiko menghancurkan dunia untuk menyelamatkannya," seperti dikutip dari ringkasan resmi tentang film ini. 

Trailer perdana Oppenheimer memulai debutnya secara eksklusif di bioskop. Teaser singkat dilampirkan pada pertunjukan film Nope, di mana kedua film tersebut merupakan produksi Universal Pictures. Pemutaran film Nope dimulai pada pukul 16:30 ET di New York City pada hari Kamis (21/7/2022).

Menurut Variety, Nolan melakukan rilis teatrikal serupa pada Agustus 2019 untuk teaser film Tenet, yang diputar pada penayangan perdana film Hobbs & Shaw. Adapun, teaser Tenet pertama tidak pernah dirilis secara online, sehingga tidak jelas apakah Universal akan memulai debut teaser Oppenheimer secara daring.

“Dunia sedang berubah, direformasi. Ini momenmu,” kata Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer, Katherine, di awal teaser. Fitur hitung mundur muncul di layar: "11 bulan, 24 hari, 15 jam, 29 menit." 

Nolan menyukai struktur jam yang berdetak, dan tampaknya dia kembali menggunakannya untuk menghitung mundur menuju hari "dunia berubah selamanya," seperti yang tertulis di tagline film di poster dan di teaser.

Dalam teaser ini, suara karakter Robert Downey Jr terdengar saat judulnya muncul di layar. Dia mengatakan, mengacu pada Oppenheimer sebagai "Pria yang menggerakkan bumi." Cuplikan api dan asap saling berkedip di antara bidikan hitam-putih Murphy sebagai Oppenheimer.
 

 

First look Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer. (Sumber gambar: Universal Pictures)

First look Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer. (Sumber gambar: Universal Pictures)

 

 

J. Robert Oppenheimer. (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Ed Westcott)

J. Robert Oppenheimer. (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Ed Westcott)

 

“[Saya bersiap dengan melakukan] banyak sekali membaca,” kata Murphy awal tahun ini. “Saya tertarik pada pria itu dan apa yang [menemukan bom atom] lakukan pada individu. Mekanismenya, itu tidak benar-benar untuk saya — saya tidak memiliki kemampuan intelektual untuk memahaminya, tetapi karakter yang kontradiktif ini sangat menarik," ujarnya seperti dikutip melalui Variety.

Di sisi lain, Oppenheimer menjadi film kolaborasi pertama antara Nolan dengan Universal Pictures setelah studio berhasil mengantongi hak cipta film dan perang negosiasi yang panjang.
 
Seperti yang kita tahu, kerja sama 19 tahun antara Nolan dan Warner Bros. berakhir dramatis setelah sang sutradara menyuarakan kekecewaannya terhadap studio yang merilis film-filmnya pada 2021 dengan metode hybrid, di mana film dirilis di bioskop pada hari yang sama dengan rilis untuk streaming di HBO Max selama 31 hari.

Nolan dikenal dengan karya sinematiknya dengan Warner Bros. sejak 2022 di mulai dari Insomnia (2002) serta sejumlah judul populer seperti trilogi The Dark Knight, Inception (2010), dan Interstellar (2014).

Film terakhirnya dengan Warner Bros., Tenet (2020) tidak memenuhi ekspektasi di box office, sebagian besar karena film tersebut dirilis pada masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan hampir seluruh bioskop di seluruh dunia berhenti beroperasi.

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Tips Kencan Pertama ala Drama & Reality Show Korea

BERIKUTNYA

5 Alasan Film Aksi The Gray Man Enggak Boleh Terlewat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: