Kamera analog dan ponsel Android (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Yuk Coba Jepret Foto Ala Kamera Lawas Lewat Ponsel Pintar

28 July 2021   |   18:30 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id




Lagi-lagi, sama seperti 1998 Cam – Vintage Camera dan KODA, VSCO hanya memberikan filter dan fitur terbatas bagi penggunanya yang belum menebus versi berbayar dengan biaya langganan setiap bulannya sebesar Rp23.250 per bulan atau Rp279.000 per tahun.

Jika enggan membayar biaya berlangganan, Anda hanya bisa menikmati 10 filter dan menggunakan tiga pengaturan dasar, yakni kontras, saturasi, dan grain atau bitnik-bintik hitam lembut yang biasa dihasilkan oleh kamera analog dengan roll film tertentu.


 
VSCO (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Walaupun demikian, pengguna VSCO, baik berbayar maupun cuma- cuma punya kesempatan yang sama untuk berbagi hasil jepretan dan dikurasi oleh kreator-kreator dunia yang tergabung di dalam aplikasi besutan Visual Supply Company asal AS ini.


Sebagai catatan, VSCO pada dasarnya merupakan platform berbagi gambar layaknya Instagram. Namun, perbedaannya adalah tidak adanya fitur komentar atau like. Kedua fitur tersebut tidak diberikan lantaran tujuan utama dari pengembangan VSCO adalah untuk keperluan seni, bukan media sosial.

Demikian aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menghasilkan gambar unik dan artistik ala kamera analog dengan keragaman roll filmnya.

Namun, kehadiran aplikasi yang juga hadir untuk ponsel pintar dengan sistem operasi iOS itu tentu bagi sebagian orang belum bisa menggantikan keberadaan kamera analog.

Pasalnya, berbicara mengenai kamera analog tidak hanya terkait dengan gambar yang dihasilkan semata. 

Ada proses panjang dibalik gambar tersebut yang menghasilkan sensasi tersendiri bagi pehobi fotografi analog. Karena bagi mereka, proses itulah yang menjadikan fotografi analog layak untuk ditekuni walaupun sudah tak relevan dengan perkembangan zaman.










Editor: Roni Yunianto









 
1
2
3
4


SEBELUMNYA

10 Perawatan Rambut Ini Bantu Cegah Kerontokan

BERIKUTNYA

Waduh, Peretas Sebarkan Malware di Aplikasi Obrolan Discord

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: