Ilustrasi kamera analog (Sumber gambar: PNW Production/Pexels)

Cek Rekomendasi 5 Kamera Analog Murah untuk Pemula

13 September 2022   |   22:11 WIB

Beberapa waktu belakangan ini tren kamera analag kembali populer di kalangan anak muda. Salah satu daya tariknya adalah karena hasil fotonya yang estetik dan bentuk kameranya yang unik, vintage, dan old fashion sehingga disukai para penggemar fotografi.

Memotret dengan kamera analog memang tidak praktis karena hassilnya tidak bisa dilihat langsung sehingga menimbulkan harap-harap cemas para penggunanya.

Untuk mengetahui hasil jepretan setelah hunting foto, para penggemar kamera analog memang harus memproses klise atau roll film kamera di dalam kamar gelap terlebih dulu, baru kemudian dapat dinikmati.

Baca juga: Ingin Belajar Kamera Analog, Yuk Simak 5 Tip Ini Agar Hasil Foto Kalian Lebih Estetik

Hasil karya foto penggemar kamera analog pun banyak yang dibagikan di laman medsos lewat tagar #35mm dan #indo35mm dengan keunikan masing-masing dan tentunya memiliki penggemarnya sendiri.

Nah, bagi Genhype yang tertarik untuk belajar fotografi analog ini, berikut Hypeabis.id menyajikan rekomendasi kamera analaog yang harganya ekonomis dan terjangkau untuk pemula, yang dirangkum dari berbagai sumber.
 

1. Fujifilm MDL-9

Kamera saku ini memang cukup populer dikalangan pecinta kamera analog, lewat fitur panoramanya yang  mempuni, kalian bisa mendapatkan kamera ini hanya dengan meloloskan uang Rp300.000- Rp650.000 tergantung kondisi kamera yang dibeli.

Kamera ini memang terbilang cukup modern dari segi bentunkya, sehingga kalian tidak bisa menikmati bodi vintage yang ada pada kamera jadul yang diidam-idamkankan. Tapi  jangan salah, karena hasil kamera ini juga cukup ciamik.
 

2. Fujica MI

Kamera ini memang banyak digunakan oleh pemula kamera analog karena selain harganya yang murah, produk kamera ini juga masih banyak ditemui di marketplace online di Indonesia.

Meski hanya memiliki fitur lensa fix dan shutter speed 1/125s saja tapi hasil jepretan kamera ini bisa membuat kamu kaget karena pastinya akan sangat bagus jika dioperasikan dengan tepat.

Harga kamera ini sekarang juga sudah murah yang berkisar antara Rp500.000-Rp750.000, tergantung kondisi kameranya. Bagi kalian yang ingin memulai hobi fotografi analog, kamera ini sangatlah cocok.
 

3. Kodak Signet S35

Kamera yang berasal dari Amerika ini memang tidak begitu populer di Indonesia sehingga agak susah dicari. Namun,  dengan ketelaten khusus kalian bisa mendapkannya di marketplace online kesayangan masing-masing dengan harga bervariatif.

Selain memiliki warna hitam yang memberi kesan vintage dan memenuhi selera banyak orang, kamera jenis range finder ini hasil fotonya juga tidaklah mengecewakan, dan tentu saja harganya sangat ekonomis mulai dari Rp300.000-Rp400.000.
 

4. Olympus MJU II

Kamera  buatan tahun 1997 ini banyak menyabet penghargaan saat diluncurkan, di mana lewat bodinya yang kecil mampu menahan percikan air serta memiliki autofocus  yang cukup akurat sehingga pada masanya haraga kamera ini terbilang cukup mahal.

Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena kamera ini sekarang dijual dengan harga yang relatif murah dengan kisaran harga Rp800.000-Rp1,7 juta.  Memiliki shutter speed 1/1000s dan jangkauan ISO 50-3200, kamera ini dengan pengoperasian tepat tentunya dapat menghasilkan gambar yang baik.
 

5. Rollei 35

Dibuat pada tahun 1966, kamera ini memiliki bodi yang cukup mungil sehingga dapat dengan mudah kalian bawa ke mana-mana untuk hunting ke luar kota atau sekadar jalan-jalan di mal.

Menggunakan roll film jenis 35mm, kamera ini memiliki shutter speed hingga 1/500s dan ISO 25-1600 sehingga dengan pengaturan yang pas kalian dapat menghasilkan gambar yang maksimal.

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamera Laptop Lebih Jernih


Kendati demikian kamu harus merogoh kocek agak dalam untuk memiliki kamera ini yang berkisar dari 3 juta rupiah bahkan bisa mencapai puluhan juta, tergantung kondisi kameranya.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Cek Line Up Artis & Harga Tiket Joyland Festival yang Digelar November

BERIKUTNYA

Suho EXO Bakal Comeback sebagai Aktor dalam Drama Korea Hip

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: