Kamera analog dan ponsel Android (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Yuk Coba Jepret Foto Ala Kamera Lawas Lewat Ponsel Pintar

28 July 2021   |   18:30 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Fotografi analog beberapa tahun belakangan kembali digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya kalangan muda. Mereka berlomba-lomba mengunggah hasil foto yang diambil menggunakan kamera lawas dengan roll film berukuran 35 milimeter (mm) ke Instagram.

Tak ayal sejumlah tagar seperti #35mm, #35mmfilm, #filmisnotdead, dan masih banyak lagi melengkapi unggahan tersebut. Salah satu alasan mengapa teknologi yang populer di era 1980-1990an itu tak juga ditinggalkan adalah gambar yang dihasilkan.

Dibalik keterbatasannya, fotografi analog mampu menghasilkan gambar-gambar yang unik dan artistik dari berbagai jenis roll film dengan karakter warnanya masing-masing. Namun, tak dapat dipungkiri jika fotografi analog jauh dari kata praktis. Untuk melihat hasil jepretan saja, kalian terlebih dahulu harus melalui proses yang panjang dan memakan waktu.

Kalian harus membawa roll film—yang hanya bisa digunakan untuk mengambil 24-36 kali—ke tempat cuci foto atau lab yang jumlahnya makin sedikit. Tidak sampai disitu, pengguna kamera analog juga harus siap menghadapi resiko gambar yang diambil tidak memuaskan atau malah lenyap begitu saja lantaran roll film terbakar usai terpapar cahaya.

Belum lagi kesulitan yang dihadapi ketika mencari kamera atau roll film. Seperti biasanya, bukan perkara mudah untuk mencari benda berteknologi usang di pasaran walaupun saat ini sedikit terbantu oleh keberadaan platform dagang el.

Tak jarang mereka yang mulai mencoba fotografi analog harus berburu ke pasar loak untuk mencari kamera yang mereka inginkan. Tentu barang bekas pakai, kondisinya tidak bisa dipastikan baik. Bukan tidak mungkin kamera tersebut tidak berfungsi normal atau sama sekali tidak berfungsi.

Lantas, apakah kalian mengurungkan niat untuk terjun ke dunia fotografi analog yang tidak praktis, penuh resiko, dan tentunya juga tidak bisa dibilang murah? Jika memang demikian, bukan berarti kalian tidak bisa menghasilkan gambar unik dan artistik seperti yang dihasilkan oleh kamera analog.

Berikut adalah aplikasi yang mungkin bisa dicoba di ponsel pintar kalian untuk menghasilkan gambar layaknya kamera analog dan variasi roll filmnya.

FIMO - Analog Camera

 

 FIMO - Analog Camera (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

FIMO - Analog Camera (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)


 
Aplikasi cuma-cuma yang sudah diunduh lebih dari 100.000 pengguna ini penampilan dan cara penggunaannya cukup sederhana. Ketika membuka aplikasi tersebut kalian langsung disuguhkan tampilan antarmuka pengguna yang berkesan lampau atau vintage.

Selain bagian layar yang menampilkan objek foto dan tombol shutter, pada antarmuka pengguna aplikasi yang mendapatkan rating 4,8/5 di Google Play Store itu terdapat pengaturan filter warna, kamera (tombol lampu flash dan kamera depan), serta zoom. Kemudian ada pula akses untuk melihat hasil jepretan secara langsung tanpa perlu keluar terlebih dahulu dari aplikasi.

Paling menarik tentunya pengaturan filter warna dengan bentuk seperti tempat penyimpanan roll film di kamera analog. Lewat pengaturan tersebut kalian bisa memilih sembilan jenis filter. Seluruhnya dibuat berdasarkan efek yang dihasilkan oleh roll film populer dengan angka sensitivitas cahaya atau ISO masing-masing.







 
1
2
3
4


SEBELUMNYA

10 Perawatan Rambut Ini Bantu Cegah Kerontokan

BERIKUTNYA

Waduh, Peretas Sebarkan Malware di Aplikasi Obrolan Discord

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: