Video game Armored Core VI: Fires of Rubicon (Sumber gambar: Bandai Namco)

Selain Armored Core VI, Ini 4 Game Rilis Agustus 2023 yang Paling Ditunggu

28 July 2023   |   14:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setelah kedatangan banyak judul permainan menarik sepanjang semester pertama tahun ini, paruh kedua 2023 masih bakal menghadirkan sejumlah video game yang tak kalah dinantikan penggemar. Jika Juli lalu perilisan gim baru masih cukup tenang, Agustus bakal mengembalikan keseruan para gamer

Salah satu gim yang paling ditunggu-tunggu akan rilis bulan depan adalah Armored Core VI: Fires of Rubicon. Permainan bertema robot besutan FromSoftware dan Bandai Namco Entertainment itu dijadwalkan rilis pada 25 Agustus 2023. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Game AAA untuk PC & Konsol, Elden Ring sampai Hogwarts Legacy

Armored Core adalah waralaba video game pertempuran robot yang namanya sudah kondang sejak judul pertamanya diluncurkan. Tak ayal, sudah ada enam permainan dalam entri utamanya yang dikembangkan. Belum lagi, gim-gim lainnya di luar seri utama. Total ada 16 video game yang telah dirilis di bawah bendera franchise ini. 

Adapun, Armored Core VI: Fires of Rubicon digadang bakal jadi permainan terlaris di waralaba, mengingat hype-nya yang tinggi. Bukan tanpa alasan, platform gim digital PSN mencatat bahwa judul ini masuk dalam daftar pre-order terlaris sejak tersedia untuk dipesan. Begitu juga dengan Steam, yang menunjukkan bahwa Armored Core 6 jadi salah satu judul paling dinantikan sepanjang tahun ini.  

Kendati demikian, Agustus 2023 bukan hanya tentang Armored Core terbaru, masih ada sejumlah judul video game yang dinanti-nantikan kedatangannya oleh para gamer. Apa saja? Yuk simak daftar permainan paling ditunggu yang rilis pada Agustus 2023. 
 

1. Baldur’s Gate 3 


Pada awal Agustus, para penggemar permainan peran (role playing game/RPG) akhirnya bakal bisa memainkan secara penuh gim Baldur’s Gate 3. Video game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Larian Studio ini memang telah tersedia sejak Oktober 2020, tapi statusnya masih akses awal (early access). 

Setelah 3 tahun penantian, akhirnya gim tersebut dipastikan meluncur utuh (full game) pada 3 Agustus 2023 untuk platform komputer (via Steam). Rilis finalnya bakal menghadirkan alur cerita komplet, karakter, hingga mekanik anyar yang bakal memanjakan para penikmatnya. 

Baldur’s Gate 3 pada dasarnya merupakan permainan sandbox tapi dengan pemain yang bisa membuat pilihan masing-masing untuk mendorong cerita maju. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Larian, gim ini hadir dengan sekitar 17.000 kemungkinan akhir yang semuanya bergantung pada para pemain. 
 

2. Atlas Fallen 


Masih dari genre RPG, video game yang bakal menjumpai para pemainnya bulan depan adalah Atlas Fallen yang rilis pada 10 Agustus 2023. Tak hanya untuk komputer, gim ini juga bakal masuk ke konsol mutakhir seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. 

Gim ini dikembangkan oleh Deck13 Entertainment dan diterbitkan Focus Entertainment, yang merupakan perusahaan indie. Berkat portofolio Deck13 Entertainment sebelumnya yakni The Surge, gim ini cukup dinantikan meski tidak mengusung konsep Soulslike. 

Atlas Fallen mengambil latar tempat dunia yang penuh gurun, dengan sentuhan unsur fantasi dan pasca-apokaliptik. Para pemain harus akan diminta melakukan perburuan binatang buas legendaris memakai pengontrol pasir. Oh iya, gim ini juga menyediakan fitur multiplayer sehingga bisa dimainkan bersama teman. 
 

3. Immortals of Aveum 


Kolaborasi antara developer Ascendent Studios dengan publisher Electronic Arts siap menghadirkan salah satu gim penembak orang pertama (first person shooter/FPS) pada pertengahan bulan. Tidak lain adalah Immortals of Aveum yang akan tersedia di sejumlah platform pada 22 Agustus. 

Yang menarik, judul ini tidak akan seperti gim-gim FPS tradisional lain. Pasalnya, Ascendant menghadirkan unsur dunia sihir yang kompleks. Pemain bakal bisa menggunakan kekuatan sihir yang unik, dengan sekitar 25 mantra yang tersedia. 

Sementara itu, premis gimnya memang cukup simpel yakni seorang penyihir yang bergabung dengan sebuah ordo elit petarung untuk menyelamatkan planet yang tengah berada di ambang kehancuran. Namun, gim ini dipastikan membawa suguhan segar dalam permainan yang dijanjikan berdurasi 25 jam untuk kampanye utamanya. 
 

4. Sea of Stars 


Sejak pertama kali diungkap pada 2020, permainan Sea of Stars telah mencuri perhatian para gamer. Judul ini boleh dibilang merupakan salah satu gim indie yang paling dinantikan, tidak hanya untuk rilisan Agustus tapi sepanjang 2023. 

Video game yang dikembangkan oleh Sabotage Studios ini merupakan prekuel dari judul The Messenger yang rilis 2018. Sementara banyak developer berlomba menyuguhkan grafik yang realistis, gim ini justru menawarkan pengalaman seni piksel (pixel art) era 1980 dan 1990-an. 

Gimnya akan berpusat pada dua karakter utama bernama Valere dan Zale, yang menggunakan kekuatan matahari dan bulan untuk melawan musuh. Gameplay-nya mengombinasikan antara aksi peran dan basis giliran (turn based). Rencananya, gim ini akan rilis pada pengujung bulan, tepatnya pada 25 Agustus 2023. 

Selain keempat judul di atas - kelima judul bersama dengan Armored Core VI: Fires of Rubicon - berikut ini adalah daftar video game lain yang rilis pada Agustus 2023. 
  • Throne Fall (PC) - 2 Agustus
  • Flutter Away (PC, Switch) - 3 Agustus 
  • Moving Out 2 (PC, Switch, PS4, PS5, Xbox One, Xbox X/S) - 15 Agustus 
  • En Garde! (PC) - 16 Agustus 
  • Madden NFL 24 (PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox X/S) - 17 Agustus 
  • Marble It Up! Ultra (PC, Switch, PS4, PS5, Xbox One, Xbox X/S) - 17 Agustus 
  • Bomb Rush Cyberpunk (PC, Switch) - 18 Agustus 
  • The Texas Chainsaw Massacre (PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox X/S) - 18 Agustus 
  • Ride 5 (PC, PS5, Xbox X/S) - 24 Agustus 
  • Blasphemous 2 (PC, Switch, PS5, Xbox X/S) - 24 Agustus 
  • Goodbye Volcano High (PC, PS4, PS5) - 29 Agustus 
  • Samba de Amigo: Party Central (Switch) - 29 Agustus 
  • Under the Waves (PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox X/S) - 29 Agustus 
  • The Shape of Things (Switch) - 31 Agustus 

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Rilis Juli 2023, Ada Gylt dan Oxenfree 2: Lost Signals

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Klasemen Terbaru & Jadwal MPL S12 Week 2 28 Juli 2023

BERIKUTNYA

Jadwal Japan Open 2023, 5 Wakil Indonesia Main Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: