Jokowi bersama para artis menjajal LRT Jabodetabek. (Sumber gambar : Sekretariat Kabinet)

Begini Kesan Para Artis Saat Jajal LRT Bareng Presiden Jokowi

10 August 2023   |   19:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Moda kereta ringan atau light rail trasit (LRT) Jabodebek resmi beroperasi secara komersial pada 26 Agustus 2023. Moda kereta berbasis listrik ini bisa menjadi alternatif transportasi di tengah kemacetan Ibu Kota. Untuk melihat persiapannya, Presiden Joko Widodo pun menjajal LRT Jabodebek dengan mengajak sejumlah artis Ibu Kota.

Berangkat dari Stasiun Jati Mulya, Bekasi ke Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, tampak artis Ari Lasso, Ayu Dewi, Deddy Desta Mahendra, Nirina Zubir, Chelsea Islan, Reisa Broto Asmoro, Lukman Sardi, Prisia Nasution, Yuni Shara, Widi Mulia, Cak Lontong, Aurelie Moeremans ikut dalam rombongan. 

Para figur publik ini tampak antusias menjajal transportasi terbaru ibu kota. Seperti yang diutarakan Ayu Dewi. Istri Regi Datau itu mengaku merasa senang mencoba LRT yang akan dirilis akhir bulan ini. 

“Seneeng bingit bisa naik LRT bareng Bapak @jokowi Pak @erickthohir & Pak @budikaryas . Jadi bisa ngerasain cepet & smooth jalan keretanya,” tulisnya di laman Instagram, Kamis (10/8/2023).


Menurutnya, LRT menjadi transoirtasi yang bukan hanya cepat namun bisa menghemat pengeluaran. “Bantu bumi ngurangin polusi karena jadi pake public transportation, jadi enggak semua pake kendaraan pribadi,” tuturnya. 

Sementara itu, artis sekaligus presenter ternama Nirina Zubir mengatakan dia bisa merasakan manfaat menggunakan LRT. “Waktu di Cawang Na (Nirina) dan teman-teman melihat banget betapa macetnya jalan rayanya…sementara kami bersama mas menteri @erickthohir yang berada di dalam LRT tidak merasakan adanya hambatan alias lancar-lancar saja,” ungkapnya menjelaskan pengalaman menggunakan LRT. 
 


Dia berharap agar LRT ini bisa bisa membantu mengurai kemacetan dan bisa membantu warga supaya mengirit pengeluaran. Satu lagi yang terpenting menurutnya, bisa mengurangi polusi yang cukup memprihatinkan di wilayah Jabodebek.

Tanggapan serupa diutarakan aktor senior Lukman Sardi. Dia mengatakan, sebelum naik LRT, Jokowi menjelaskan secara detail bagaimana transportasi publik yang aman dan nyaman terus dibangun dan disempurnakan untuk mengurangi kemacetan dan juga terutama polusi. 

“Nyaman dan terasa aman banget naik LRT ini.. dan segera dioperasikan untuk masyarakat sehingga bisa menjadi pilihan utama bertransportasi,” ulasnya.

 
 

Tarif LRT

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya menetapkan tarif LRT Jabodebek yakni Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan selanjutnya masyarakat dikenakan Rp 700 setiap km berikutnya. Besaran tarif ini  tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023, tentang tarif angkutan orang dengan kereta api ringan terintegrasi di wilayah Jabodebek untuk melaksanakan  kewajiban pelayanan publik. 

Dengan demikian, jika dikalkulasikan, perjalanan dari Stasiun Jatimulya menuju Stasiun Dukuh Atas dengan jarak 27,3 km, maka untuk 1 kilometer pertama seseorang akan membayarkan Rp5.000, kilometer selanjutnya adalah Rp18.200 sehingga orang tersebut harus membayar Rp23.200. 

Kendati demikian, Jokowi saat meninjau LRT tadi pagi mengatakan akan menerapkan tarif public service obligation (PSO) atau kewajiban pelayanan publik. Tidak hanya LRT yang akan diterapkan PSO dan disubsidi namun juga moda massal lainnya. 

Baca juga: Segera Beroperasi, Cek Fakta Menarik LRT Jabodebek

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Sound of Freedom, Film Kejutan 2023 Yang Taklukkan Mission Impossible

BERIKUTNYA

Memanfaatkan Sistem Sumber Daya Manusia Holistik Perusahaan Guna Naik Kelas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: