Ayam Goreng Mbah Karto Favorit Presiden Jokowi (dok.ayam-kampung-goreng-mbah-karto-tembel)

Makanan Favorit Presiden Indonesia dari Sukarno hingga Jokowi

04 August 2021   |   08:35 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Banyak hal menarik yang bisa diulik dari sosok Presiden di Indonesia. Selain kepemimpinannya, hal sederhana seperti makanan favorit juga menarik untuk diketahui.

Menariknya, banyak makanan tersebut adalah makanan yang sederhana. Penasaran apa saja? Berikut Hypeabis sudah merangkum berbagai makanan tersebut.

1. Sukarno
Sukarno memiliki banyak makanan favorit yang merakyat banget dan mudah ditemui, salah satunya adalah tempe. Menu olahan tempe bacem menjadi makanan yang dicari setiap hari oleh presiden pertama Indonesia ini.

Selain tempe, makanan yang juga digemari Bung Karno adalah sate. Beliau bahkan disebut pernah memesan 50 tusuk sate ayam usai dilantik sebagai presiden. Sebagai penggemar sate, ia juga memiliki tempat sate favorit, yakni di Jalan Asia Afrika, Bandung.

Untuk sayurannya, Sukarno sangat menyukai sayur lodeh, rawon, sayur asem dan sambal terasi.  Sementara selama masa pengasingan di Bengkulu, Soekarno memiliki menu favorit yaitu Bagar Hiu dan Pais Ikan.

2. Soeharto
Presiden kedua Indonesia ini sangat menyukai tiwul, semacam singkong rebus yang dimakan bersama gula aren. Kue tradisional lain yang juga disukai Soeharto adalah arem-arem.
 

Tiwul (dok. Indonesia Kaya)

Tiwul (dok. Indonesia Kaya)


Selain itu, Pak Harto juga senang menikmati menu sederhana seperti ikan bilih, apalagi disajikan bersama tempe bacem, sayur lodeh dan nasih hangat, nikmatnya.

Seperti masyarakat Indonesia pada umumnya, Soeharto juga gemar menikmati mie instan, bahkan beliau menganggapnya sebagai camilan atau makanan selingan.

3. BJ Habibie

Presiden ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa BJ Habibie, ini dikenal sebagai tokoh yang memiliki kecerdasan tinggi. Selain didukung dengan ketekunan dan kedisiplinannya, pola makan ternyata adalah faktor lainnya.

Habibie disebut sangat gemar menikmati berbagai olahan ikan mulai dari ikan goreng, ikan bakar maupu sup ikan yang menjadi masakan khas Sulawesi.

Selain ikan, menu yang harus selalu ada di meja makan adalah sayur karena beliau memang sangat menyukai berbagai jenis sayur-sayuran.
 

barongko (dok. Indonesia.go.id)

barongko (dok. Indonesia.go.id)


Habibie juga menyukai Barongko, makanan khas Makassar yang terbuat dari buah pisang yang dihaluskan dan dicampur santan, telur, serta gula kemudian dimasak dengan bungkus daun pisang.
1
2


SEBELUMNYA

Selain Kopi, Ini 4 Minuman yang Bisa Atasi Kantuk

BERIKUTNYA

Imunisasi Anak Kini Bisa di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: