Film drama aksi Sound of Freedom (Sumber foto Angel Studio)

Sound of Freedom, Film Kejutan 2023 Yang Taklukkan Mission Impossible

10 August 2023   |   17:05 WIB

Film drama aksi Sound of Freedom, sejauh ini bisa disebut sebagai kejutan box office di Amerika Serikat dan Kanada terbesar pada tahun 2023, yang mengalahkan film berbiaya besar dan diharapkan mampu menjadi blockbuster selama musim panas, seperti The Flash dan Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One.

Hingga saat ini film tersebut mampu mengumpulkan US$164 juta setelah 34 hari tayang dan menempati peringkat keenam box office pekan ini, di atas raihan Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One yang baru mengumpulkan US$151 juta, ataupun film super jagoan The Flash yang meraup US$108 juta sejauh ini.

Sound of Freedom merupakan hasil garapan sutradara Alejandro Monteverde, dan dibintangi oleh Jim Caviezel, Mira Sorvino, dan Bill Camp. Caviezel memainkan Tim Ballard, mantan agen pemerintah AS yang memulai misi untuk menyelamatkan anak-anak dari trafficking atau perdagangan seks di Kolombia.

Baca Juga Dracula Kembali Tebar Teror Lewat The Last Voyage of the Demeter

Film ini diproduksi oleh Eduardo Verastegui, yang juga berperan dalam film tersebut. Film dengan anggaran ‘hanya’ US$14,5 juta yang dirilis pada 4 Juli 2023 oleh Angel Studios ini menjadi hit serta menerima pujian dari penonton dan mendapat tinjauan beragam dari para kritikus.

Film ini sebenarnya telah selesai pembuatannya pada 2018 dan sudah dibuat kesepakatan distribusi dengan anak perusahaan 20th Century Fox. Ketika studio tersebut berpindah tangan dan dibeli oleh Perusahaan Walt Disney, film tersebut tidak segera ditayangkan. Selanjutnya, pembuat film akhirnya membeli kembali hak distribusi dari studio bersangkutan.

Sang produser, Verástegui mendekati Angel Studios sebagai pemegang hak rilis, dan Angel mempresentasikan film tersebut ke grup online yang terdiri dari 100.000 investor dalam proyek sebelumnya yang disebut Angel Guild, yang setuju untuk berpartisipasi.

Angel menggunakan cara crowdfunding ekuitas untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan guna biaya distribusi dan memasarkan film tersebut. Sekitar 7.000 orang bersedia berinvestasi, yang memungkinkan Angel mencapai target US$5 juta hanya dalam dua minggu penawaran.
 

Sound of Freedom terinspirasi dari karya Tim Ballard, pendiri Operation Underground Railroad (OUR), sebuah organisasi nirlaba antiperdagangan manusia. Pengerjaan naskah dimulai pada 2015, dan Ballard secara pribadi meminta agar Jim Caviezel memerankannya karena dia terkesan dengan penampilan Caviezel sebagai Edmond Dantes dalam The Count of Monte Cristo.

Caviezel telah menyatakan bahwa dia menganggap Sound of Freedom sebagai film terpenting kedua yang pernah dia bintangi, peringkatnya di belakang perannya sebagai Yesus Kristus dalam The Passion of the Christ (2004) yang juga menjadi film kejutan fenomenal di box office pada masanya.

“Ini adalah film terbaik yang pernah saya perankan sejak Passion of the Christ. Film ini sangat fenomenal dan layak untuk disaksikan,” ujar Caviezel seperti dikutip dari wawancaranya dengan CNA.

Caviezel mengaku tertarik untuk memerankan Ballard dalam film tersebut dan melakukan banyak persiapan dengan berlatih bersama Tim Ballard yang asli, khususnya dalam pertarungan jarak dekat.  Caviezel bahkan ikut bergabung dengan Ballard dalam misi lembaganya.

Baca Juga 6 Rekomendasi Film Animasi Stop Motion yang Apik dan Seru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Dracula Kembali Tebar Teror Lewat The Last Voyage of the Demeter

BERIKUTNYA

Begini Kesan Para Artis Saat Jajal LRT Bareng Presiden Jokowi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: