Ilustrasi (sumber gambar: tim gouw / unsplash)

Memanfaatkan Sistem Sumber Daya Manusia Holistik Perusahaan Guna Naik Kelas

10 August 2023   |   18:22 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Dalam sebuah perusahaan, fungsi dari tim Human Resource Development (HRD) tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, mereka bertanggung jawab untuk merekrut, mengelola, dan membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja serta skill yang dimiliki oleh karyawan. Bisa dikatakan bahwa HR menjadi kunci keberhasilan sebuah perusahaan. 

Seseorang yang bekerja sebagai tim HRD memiliki fungsi penting dalam hal mengatur administrasi bisnis, pengorganisasian, pengelolaan, mengarahkan, dan merencanakan seluruh pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Karena itulah, seorang HR membutuhkan keterampilan manajemen proyek yang kuat.

Departemen sumber daya manusia memiliki banyak fungs, serta mengawasi beberapa operasi dari inisiatif dan cabang yang bekerja di bawahnya. Ini adalah departemen penting dalam organisasi bisnis apa pun.

Bahkan bisa dikatakan bahwa tim HR memiliki fungsi yang mirip dengan sistem saraf dalam tubuh untuk mengendalikan komunikasi dan kerja sama dalam tim.

HRD juga membantu dalam mengidentifikasikan kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan serta memberi mereka keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas.
Sebab, perusahaan yang memiliki karyawan SDM terbaik memiliki lebih banyak peluang untuk menjadi sukses.

Namun, bagi perusahaan yang sudah memiliki puluhan bahkan ratusan karyawan, mengelola karyawan memang bukan hal yang mudah sehingga dibutuhkan sebuah sistem HR yang membantu tim HRD terhindar dari pekerjaan repetitive sehingga dapat berfokus pada pekerjaan strategis.
 

Ilustrasi pengelolaan perusahaan (Sumber foto: Freepik)

Ilustrasi pengelolaan perusahaan (Sumber foto: Freepik)


Anita Feng, pemilik Royal HR mengatakan dengan adanya sistem yang mumpuni maka tim HRD dapat terbantu dalam melakukan pengelolaan SDM, baik di kantor pusat maupun kantor cabang hingga outlet-outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Bisnis memerlukan sistem HR, mulai dari mengontrol on boarding, key performance indicator {KPI}, administrasi [reimburse, gaji, cuti, absensi] sampai off boarding karena HR adalah kunci sukses perusahaan,” tuturnya.

Anita yang memiliki 700 SDM dari 67 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia pun mengaku telah memanfaatkan sistem Royal HR sehingga memungkinkan SDM perusahaan berkomunikasi lebih baik dengan HRD melalui self service portal. Sebab, melalui sistem tersebut kantor pusat dapat mengontrol karyawannya yang ada di setiap cabang.

“Ketika sebuah perusahaan mampu mengontrol SDM dengan baik maka mereka dapat berkembang lebih baik lagi dan naik kelas menjadi pemain nasional bahkan internasional yang kompeten,” tuturnya.

Baca juga: Penguasaan Bahasa Asing Sangat Penting Untuk Menopang Produktivitas Karyawan

Royal HR dapat mendukung sistem HR yang tepat sehingga berdampak pada meningkatnya efisiensi SDM dan profitabilitas perusahaan. Adapun fitur utamanya antara lain payroll, analisis data SDM, database karyawan, reimbursement dan broadcast pesan kepada karyawan.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Begini Kesan Para Artis Saat Jajal LRT Bareng Presiden Jokowi

BERIKUTNYA

Cek Rekomendasi Laptop Sesuai Aktivitas Harianmu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: