Lakukan persiapan ini jika kamu adalah pemula dalam ajang maraton (Sumber: Freepik/Freepik)

Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan Pemula Sebelum Mengikuti Lomba Lari Maraton

10 August 2023   |   17:38 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Genhype, salah satu tren olahraga yang cukup digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia adalah lari maraton. Kegiatan tersebut relatif simpel untuk dilakukan siapa saja, tetapi mampu memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, mulai dari meningkatkan kebugaran hingga daya tahan.

Tak hanya mampu menjaga kesehatan fisik, mengikuti lari maraton juga dapat mempengaruhi kesehatan mental kita secara positif. Di sisi lain, lari maraton bukanlah kegiatan yang terbebas dari risiko, terutama bagi pemula yang belum pernah melakukannya.

Setidaknya, terdapat beberapa persiapan khusus yang diperlukan sebelum bergabung dan menjadi bagian dari kelompok lari maraton.

Baca juga: Asupan Nutrisi Penting sebelum Maraton, Begini Kiat-kiatnya dari Ahli Gizi!

Zaiful Bahri, perwakilan Komunitas Lari MetaRun dalam konferensi pers Guardian Run pada 10 Agustus 2023 membeberkan beberapa tips yang bisa dilakukan pemula dalam mengikuti ajang lari maraton. Beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut Bahri adalah penggunaan pakaian nyaman, persiapan fisik sebelum maraton, tetap terhidrasi, dan membiasakan diri melakukan aktivitas fisik.

Adapun untuk menjalankan tips-tips tersebut, berikut adalah persiapan selengkapnya yang bisa dilakukan pemula sebelum mengikuti aktivitas lari maraton.
 

1. Persiapan fisik menjelang perlombaan

Pelari pemula sebaiknya mulai merencanakan latihan maraton 12 – 20 minggu sebelum ajang maraton dimulai. Selain itu, buatlah jarak tempuh mingguan hingga 80 km selama durasi yang telah direncanakan.


2. Melakukan istirahat yang cukup

Jangan lupa untuk memberikan dirimu sendiri istirahat yang cukup ketika sedang menjalani persiapan berupa latihan fisik intens. Tentunya, tubuhmu akan memerlukan waktu untuk memulihkan otot setelah melakukan olahraga. Oleh karena itu, setidaknya tetap jaga durasi tidur hingga 7 jam setiap malam.


3. Memperhatikan pola konsumsi

Minumlah air yang cukup agar kamu selalu terhidrasi dengan baik serta konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Kandungan tersebut bisa kamu dapatkan melalui makanan seperti nasi dan roti. Karbohidrat kompleks akan membantu memaksimalkan proses penyimpanan energi. Jadi, pastikan untuk membangun pola konsumsi yang memiliki kandungan tersebut berminggu-minggu sebelum maraton.


4. Lari dengan rutin 3--5 kali seminggu

Salah satu cara untuk membiasakan dirimu melakukan aktivitas fisik, khususnya lari, adalah dengan melakukannya secara rutin. Setidaknya luangkan waktu 3--5 kali per minggu untuk melakukan lari santai berkecepatan stabil. Dengan begitu, kamu pun akan terbiasa untuk berlari dengan ritme dan irama yang stabil yang tentunya akan bermanfaat pada saat maraton nantinya.


5. Lakukan dengan perlahan

Ketika melakukan lari maraton, kamu tak usah terburu-buru. Sebaiknya, jaga kestabilan, kecepatan, dan irama lari. Jika terburu-buru, maka energimu akan terkuras dengan cepat. Oleh karenanya, lebih baik berlari dengan kecepatan stabil.

Itulah beberapa tips dan persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum hari maraton tiba. Jangan lupa untuk menikmati prosesnya, sehingga kamu tidak merasa terbebani.

Baca juga: Siap-siap! Ajang Maraton The International Yogyakarta 24K Digelar Oktober 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Hwang Minhyun Dipastikan Membintangi Drakor Study Group, Bakal Adu Akting dengan Han Ji Eun

BERIKUTNYA

Ini Line Up K-Pop Super Live di Jambore Pramuka Dunia Korsel, Ada NCT Dream!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: