Helikopter TNI AU melintas sambil mengibarkan bendera merah putih saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (17/8/2022). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani)

Kumpulan Ucapan Hari Veteran Nasional 2023

10 August 2023   |   10:10 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hari Veteran Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Agustus. Pada 2023, Hari Veteran Nasional jatuh pada hari ini, Kamis (10/8). Hari Veteran Nasional diperingati sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Veteran, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bekas prajurit (pasukan perang, pejuang). Mereka adalah orang-orang yang punya jasa besar dalam mengusir para penjajah dan memerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Baca juga: Sejarah Hari Hutan Indonesia 7 Agustus, Jaga Hutan Jaga Iklim

Pemilihan 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional juga bukan tanpa alasan. Sebab, tanggal tersebut bertepatan dengan peristiwa serangan umum terhadap kota Surakarta oleh Belanda yang terjadi pada 10 Agustus 1949.

Melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2014, tanggal tersebut akhirnya dipilih sebagai Hari Veteran Nasional. Setelah surat itu keluar, setiap tahunnya Indonesia selalu rutin memeringati momen bersejarah itu pada tanggal 10 Agustus setiap tahunnya.

Melalui Hari Veteran Nasional, setiap tahun masyarakat Indonesia diajak untuk mengenang sejarah perjuangan bangsanya. Sebab, perjuangan mendirikan sebuah negara tidaklah mudah. Ada banyak tantangan, rintangan, dan tak jarang sampai mengorbankan nyawa hanya demi menjadi negara yang merdeka.

Oleh karena itu, Hari Veteran adalah sebuah momen yang punya makna dalam bagi perjalanan bangsa Indonesia. Untuk memperingatinya, masyarakat Indonesia bisa kembali merenungi sejarah dan belajar tentang perjuangan mereka.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengucapkan selamat Hari Veteran langsung kepada para veteran yang masih hidup atau mengunggahnya ke media sosial. Ini adalah salah satu bentuk rasa terima kasih dan bentuk penghormatan yang bisa dilakukan.

Hypeabis.id telah merangkum kumpulan ucapan bertema Hari Veteran Nasional yang penuh makna dan semangat perjuangan. Yuk cek tulisan di bawah ini:
  1. Indonesia tidak akan pernah ada tanpa perjuangan veteran. Selamat Hari Veteran Nasional 2023
  2. Selamat Hari Veteran Nasional 2023! Cara terbaik untuk berterima kasih kepada para veteran adalah dengan meneruskan cita-cita dan perjuangan mereka memajukan bangsa Indonesia.
  3. Kemerdekaan bukanlah hadiah dari penjajah. Indonesia bisa merdeka karena perjuangan tak terhitung yang dilakukan oleh para veteran. Mari kita hormati dan kenang perjuangan mereka pada Hari Veteran Nasional 2023 yang jatuh hari ini.
  4. Veteran adalah gambaran perjuangan tanpa lelah dan rasa rela berkorban yang tinggi untuk negara. Para veteran adalah orang yang selalu berjuang demi cita-cita bangsa. Selamat Hari Veteran Nasional 2023
  5. Para veteran adalah pahlawan yang tak kenal lelah mempertahankan nilai-nilai dan cita-cita mulia. Dalam setiap bendera yang berkibar, selalu ada tetes perjuangan veteran yang terbayang. Selamat Hari Veteran Nasional 2023
  6. Terima kasih para veteran dan seluruh pahlawan bangsa tercinta. Tanpa jasa dan perjuangan veteran, tidak mungkin Indonesia bisa merdeka. Selamat Hari Veteran Nasional 2023
  7. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, termasuk veteran yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Selamat Hari Veteran Nasional 2023
  8. Veteran adalah pahlawan bangsa. Mereka turun dan berlaga di medan perang demi mengusir para penjajah. Selamat Hari Veteran Nasional 2023
  9. Dengan sebuah rasa bangga dan hormat, hari ini kita sama-sama merayakan perjuangan para pahlawan sejati dalam Hari Veteran Nasional 2023.
  10. Hari ini kita mengenang jasa dan pengorbanan besar para veteran dalam memerdekaan Indonesia dan menjaga Tanah Air tercinta. Terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya. Selamat Hari Veteran Nasional 2023
Baca juga: Intip Tema & Makna Logo HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Jadwal MPL ID S12 Week 4 & Peringkat Klasemen Terbaru

BERIKUTNYA

Sosok Seniman Nana Tedja, "Saya Senang Narsistis"

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: