Rumah Digital Indonesia merupakan festival kemerdekaan virtual pertama di Indonesia (Dok. Rumah Digital Indonesia)

Yuk Rayakan Kemerdekaan di Rumah Digital Indonesia!

10 August 2021   |   12:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-76 dalam situasi pandemi. Jika dulu Hari Kemerdekaan dirayakan secara meriah dengan berbagai acara, tahun ini kondisinya akan berbeda, karena masih berlakunya PPKM. Namun, untuk mengatasinya, pemerintah menghadirkan festival kemerdekaan virtual bertajuk Rumah Digital Indonesia (RDI).

Staf Khusus Presiden sekaligus Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia (RDI) Putri Tanjung mengatakan RDI dihadirkan untuk tetap menjaga semangat perjuangan, kemenangan, dan gotong royong antar anak bangsa, meskipun harus merayakannya di tengah kondisi pandemi.

“Dengan bantuan teknologi, kami mendesain sebuah dunia virtual untuk mewadahi masyarakat Indonesia merayakan semarak kemerdekaan serta dapat berpartisipasi aktif dan berkolaborasi dengan cara dan pengalaman yang berbeda melalui RDI,” ujarnya dalam peluncuran virtual Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama, Putri juga memperkenalkan 7 kategori ruang virtual yang masing-masingnya mengusung program andalan seperti berikut ini.

1. Arena Lomba 17-an
Dalam arena perlombaan ini, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang, dan balap karung secara virtual. Bukan hanya bermain, peserta juga bisa berkompetisi antara satu sama lain, yang mana juga tersedia papan skor untuk mengetahui pemenang dari masing-masing cabang perlombaan.

2. Ruang Seni Budaya
Bagi kamu yang tertarik dengan seni dan budaya, di ruang virtual ini kamu bisa menonton berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Tanah Air seperti tari tradisional, pembacaan puisi dan syair, pertunjukan teater/drama/monolog, penayangan film pendek, hingga penampilan musik lagu nasional dan daerah dengan aransemen kreatif.

3. Pasar Lokal
Dalam ruangan virtual ini, kamu bisa melihat bazar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang telah terhubung ke dalam 4 lokapasar, yaitu Tokopedia, BliBli, Bukalapak dan LaDaRa. Tak hanya menawarkan produk-produk dari kategori umum seperti fesyen, kuliner, dekorasi atau kecantikan, pasar lokal ini juga menawarkan koleksi tenun dari berbagai daerah di Indonesia dalam kategori Wastra.
 

g

Dok. Rumah Digital Indonesia

4. Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia
Peta petualangan Nusantara ini merupakan peta interaktif yang menggambarkan peta Indonesia dengan berbagai informasi. Mulai dari destinasi wisata unggulan, kuliner khas daerah, hingga sosok-sosok pahlawan lokal yang telah memberikan kontribusi besar bagi masing-masing daerahnya.

5. Ruang Komunitas
Dalam ruang komunitas, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas menarik perayaan kemerdekaan oleh masyarakat, komunitas dan diaspora Indonesia seperti upacara pengibaran bendera, dekorasi, perlombaan, hingga konten-konten menarik dan unik yang dibagikan oleh berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. 

6. Ruang Literasi Digital
Sesuai dengan namanya, ruang literasi digital menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif, sehingga terciptanya ruang digital yang seru, aman, dan beretika di tengah tantangan ruang digital di Indonesia yang kian besar.

7. Panggung Nasional
Panggung Nasional merupakan panggung utama Rumah Digital Indonesia yang menampilkan berbagai konten utama perayaan kemerdekaan mulai dari konser kolaborasi pertunjukan seni yang melibatkan banyak seniman muda sampai agenda kenegaraan.

Puncaknya, pada tanggal 16 Agustus 2021, akan dilaksanakan upacara detik-detik proklamasi dan pidato kenegaraan di Panggung Nasional. Ada pula selebrasi Nusantara oleh para musisi Tanah Air seperti Yura Yunita, Jemimah Cita, Budi Doremi dan Putri Ariani. 

Masyarakat di seluruh Indonesia dapat menikmati beragam konten interaktif di Rumah Digital Indonesia secara virtual atau daring melalui website rumahdigitalindonesia.id  yang  telah dapat dikunjungi gratis mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus 2021.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Catat! Ini 5 Hal yang Sebaiknya Tidak Disampaikan Lewat Pesan Teks

BERIKUTNYA

Simak Dulu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree, Jangan Tertukar!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: